Internet

Raih Jutaan Rupiah, Segini Perkiraan Pendapatan Politikus dari YouTube

Menggunakan SocialBlade, berikut perkiraan pendapatan YouTube politikus kenamaan ini.

Amelia Prisilia

Fadli Zon. (Suara.com/Novian)
Fadli Zon. (Suara.com/Novian)

Hitekno.com - Tidak hanya aktif di dunia politik Indonesia, para politikus juga kini melek teknologi dengan membuat channel YouTube pribadi. Hitung pendapatan YouTube politikus, berapa yang dikantongi dalam satu bulan?

Saat ini, YouTube menjadi ajang banyak konten kreator berkreasi secara bebas. Seolah mengikuti jejak para konten kreator yang disapa YouTuber, sejumlah politikus lalu terjun ke YouTube.

Sejumlah nama besar yang ikut berkarya di YouTube antara lain Bambang Soesatyo, Fadli Zon, Fahri Hamzah, Sandiaga Uno dan Dedi Mulyadi.

Menggunakan SocialBlade, berikut perkiraan pendapatan YouTube politikus kenamaan ini. Kira-kira siapa yang berada di urutan pertama?

1. Bambang Soesatyo

Bambang Soesatyo [instagram]
Bambang Soesatyo [instagram]

Ketua MPR, Bambang Soesatyo kini telah mengumupulkan 124 ribu subscribers melalui channel resminya Bamsoet Channel.

Berdasarkan data dari SocialBlade, Bambang Soesatyo diperkirakan mengantongi Rp 1 juta sampai Rp 18 juta dalam satu bulan. Hal ini jelas saja karena dirinya cukup aktif mengunggah video.

2. Fadli Zon

Fadli Zon soal Munarman (YouTube).
Fadli Zon soal Munarman (YouTube).

Politikus Gerindra, Fadli Zon melalui channel resminya Fadli Zon Official sudah mengumpulkan 160 ribu subscribers sejak pertama kali dibuat.

Melihat data dari SocialBlade, Fadli Zon mendapatkan kisaran Rp 1,1 jutaan sampai Rp 17 juta dalam satu bulan usai mengunggah video-video di channel resminya.

3. Fahri Hamzah

Fahri Hamzah. [Instagram fahrihamzah].
Fahri Hamzah. [Instagram fahrihamzah].

Politikus Partai Gelora Indonesia, Fahri Hamzah berhasil mengumpulkan total 161 ribu subscribers di channel pribadinya bernama Fahri Hamzah Official.

Melihat data dari SocialBlade, diperkirakan Fahri Hamzah mengantongi setidaknya Rp 187 ribu sampai Rp 3 jutaan. Walaupun mengumpulkan banyak subscribers, Fahri Hamzah justru jarang mengunggah video.

4. Sandiaga Uno

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. [Antara]
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. [Antara]

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno ikut terjun ke YouTube dengan total 694 ribu subscribers melalui akun Sandiuno TV.

Dalam satu bulan, diperkirakan Sandiaga Uno mengantongi Rp 1,9 jutaan sampai Rp 31 jutaan dari berbagai video yang diunggah ke channel resmi miliknya tersebut.

5. Dedi Mulyadi

Anggota Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi berjalan meninggalkan gedung KPK usai diperiksa di Jakarta, Rabu (4/8/2021). [ANTARA FOTO/ Reno Esnir]
Anggota Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi berjalan meninggalkan gedung KPK usai diperiksa di Jakarta, Rabu (4/8/2021). [ANTARA FOTO/ Reno Esnir]

Anggota DPR RI, Dedi Mulyadi mengumpulkan lebih dari 1,6 juta subscriber di channel YouTube resminya yaitu Kang Dedi Mulyadi Channel.

Dengan jumlah subscribers ini, Diperkirakan Dedi Mulyadi mengantongi setidaknya Rp 138 juta sampai Rp 2 miliar per bulan melalui channel pribadinya tersebut.

Berkarir di dunia politik, sejumlah nama besar ini turut bergitu aktif di YouTube. Itu tadi perkiraan pendapatan YouTube politikus yang dirangkum dari SocialBlade.

Berita Terkait