Internet

Cara Membuat Youtube Shorts Mudah dan Anti Ribet

Ikuti cara membuat Youtube Shorts berikut ini, mudah kok.

Agung Pratnyawan

Fitur YouTube Shorts. (YouTube)
Fitur YouTube Shorts. (YouTube)

Hitekno.com - Ikuti cara membuat Youtube Shorts berikut ini, lengkap dengan fitur dan manfaat yang bisa didapatkan.

Youtube Shorts masih terdengar asing untuk sebagian orang. Youtube Shorts sendiri adalah fitur video pendek pesaing TikTok dan Reels dari Instagram, mengingat ketiganya memiliki tampilan dan kemampuan yang mirip.

Sebelumnya fitur baru ini lebih dulu dirilis di India dan Amerika Serikat. YouTube akhirnya resmi merilis fitur video pendek bernama Short, di Indonesia, pada Jumat (23/7/2021).

Fitur Short memungkinkan pengguna YouTube untuk mengunggah video pendek berdurasi 15-60 detik, lengkap dengan musik latar, filter, teks, dan caption. Fitur Short versi beta ini telah tersedia di aplikasi YouTube versi 16.28.36 di smartphone Android.

Pengguna bisa langsung menemukan menu "Shorts" di sisi bawah layar saat membuka aplikasi. Tepatnya berada di tengah, antara menu "Home" dan ikon tambah (+) untuk unggah video.

Pengguna juga bisa memberikan tanda suka (like), tidak suka (dislike), komentar, atau membagikan video Short ke platform lainnya. Di bagian bawah tampilan Short, pengguna disajikan tombol subscribe dan juga bisa menyimpan musik latar pada video Short ke favorit.

Berikut cara membuat Youtube Shorts yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Cara Membuat Youtube Shorts di Smartphone

YouTube Shorts. (YouTube)
YouTube Shorts. (YouTube)

Perlu  diperhatikan sebelum kamu mengupload video pada YouTube Shorts, pastikan bahwa video yang kamu record merekam dalam posisi potrait bukan landscape. Kamu dapat melihat jenis video rekaman video pada kolom pengaturan.

  1. Cara membuat Youtube Shorts pertama membuka aplikasi YouTube.
  2. Tekan ikon + pada Bagian Bawah Tengah
  3. Cara membuat Youtube Shorts kemudian lanjutkan dengan mengetuk tanda + untuk mulai menggunakan fitur Shorts
  4. Cara membuat Youtube Shorts selanjutnya pilih opsi create a short, kemudian lanjutkan dengan memilih lamanya durasi yang akan anda gunakan.
  5. Untuk merekam kamu cukup menekan tombol merah yang ada pada tampilan Youtube kamu.
  6. Setelah selesai merekam kamu dapat mengatur speed, time, menambahkan beberapa efek dan musik latar.
  7. Cara membuat Youtube Shorts selanjutnya adalah buat judul short semenarik mungkin, kamu juga dapat menentukan jadwal tayang menggunakan fitur schedule.
  8. Cara membuat Youtube Shorts terakhir upload video short ada dengan mengetuk tombol upload pada bagian kanan atas.

Fitur Youtube Short

  • Undo dan redo
    Ada fitur undo dan redo ketika pengambilan gambar berlangsung sehingga pengguna bisa memanfaatkannya sesuai kebutuhan.
  • Kecepatan video
    Lalu pengguna juga bisa mengatur kecepatan pengambilan video,bisa diatur dengan ritme cepat hingga 3 kali lipat atau pun dengan ritme lambat hingga 0,3 kali lipat.
  • Filter
    Tak ketinggalan ada juga filter yang tersedia lebih dari 10 jenis yang bisa ditambahkan untuk mempercantik dan memperindah gambar yang anda buat.
  • Lagu
    Untuk fitur penambahan lagu anda bisa menambahkan lagu di awal atau pun di akhir pengeditan video sesuai dengan kebutuhan anda. Bagian lagu atau audio yang ditambahkan pun tentunya bisa dipilih sesuai dengan keinginan kreator.
  • Teks
    Fitur penambahan teks juga sudah disematkan dalam aplikasi YouTube Shorts dan bisa diatur kapan tulisan tersebut muncul di bagian video.

Manfaat Membuat Youtube Short

  • Subscriber Baru
    Manfaat membuat Youtube Shorts dengan fitur ini kamu akan mendapatkan subscriber baru ketika merasa konten yang anda unggah menarik.
  • Konten yang Lebih Mobile Friendly
  • Menaikan Traffic pada Algoritma Youtube

Itulah cara membuat Youtube Shorts dengan mudah yang bisa kamu lakukan lewat smartphone.

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

Berita Terkait