Internet

YouTube Shorts Kini Tersedia di Indonesia

YouTube Shorts versi beta kini sudah tersedia di Indonesia.

Dinar Surya Oktarini

YouTube Shorts. (YouTube)
YouTube Shorts. (YouTube)

Hitekno.com - Hari ini YouTube mengumumkan peluncuran YouTube Shorts versi beta di Indonesia, yang merupakan sebuah fitur dan pengalaman baru untuk menonton dan membuat video singkat menarik dari ponsel. Pertama kali diumumkan pada September 2020, sejak saat itu YouTube telah memperluas akses YouTube Shorts ke 26 negara dan kini tersedia di lebih dari 100 negara di seluruh dunia di mana akses ke YouTube tersedia.

Walaupun format video singkat sudah bisa dinikmati lebih dulu di YouTube, kini seluruh dunia dapat mengakses alat kreasi YouTube Shorts untuk pertama kalinya seperti kamera multi-segmen untuk merangkai beberapa video klip menjadi satu, kemampuan untuk merekam video dengan disertai musik, setelan kecepatan kontrol, dan banyak lagi.

Selain itu, seiring dengan perluasan produk ini ke seluruh dunia, kami juga menghadirkan serangkaian fitur baru, termasuk kemampuan untuk menggunakan kembali sampel audio baik dari video Shorts lainnya maupun dari seluruh YouTube - termasuk miliaran video dari seluruh dunia. Menjadikan YouTube Shorts sebagai media baru untuk menuangkan kreativitas. 

Dengan kemampuan ini, Anda dapat menambahkan sentuhan kreativitas pada konten yang mereka suka tonton di YouTube dan membantunya menjangkau penonton baru, misalnya seperti memberikan reaksi terhadap lelucon favorit, mencoba membuat kembali resep masakan terbaru dari kreator lain, atau memerankan kembali adegan dari video lucu. Kreatorlah yang akan memegang kendali dan mereka dapat memilih untuk menonaktifkan fitur ini jika tidak ingin video panjangnya digunakan untuk YouTube Shorts.

Fitur YouTube Shorts. (YouTube)
Fitur YouTube Shorts. (YouTube)

“Kami ingin proses membuat video Shorts jadi lebih mudah dan menyenangkan,” ucap Veronica Utami, Direktur Marketing Google Indonesia, Filipina, dan YouTube Asia Tenggara. Ia pun menambahkan “Seiring kami mengembangkan Shorts bersama kreator, kami akan menambahkan lebih banyak fitur untuk dicoba masyarakat Indonesia.”

Menghadirkan pengalaman menonton di satu tempat, di seluruh YouTube

Membantu Anda menemukan video Shorts untuk ditonton sekaligus meningkatkan visibilitas terhadap kreator merupakan fokus utama dari pengalaman produk ini. Itulah sebabnya sebelum kami mengumumkan alat kreasi di YouTube Shorts, kami membuat baris khusus di halaman beranda YouTube yang didedikasikan untuk video Shorts, meluncurkan pengalaman menonton baru yang memungkinkan Anda cukup menggeser ke atas untuk menonton video lainnya, dan menambahkan tab Shorts baru di perangkat seluler yang memudahkan Anda untuk menonton video Shorts dengan sekali ketuk.

Per awal bulan ini, YouTube Shorts ditonton 6,5 miliar kali setiap harinya di seluruh dunia.

Shorts akan diintegrasikan ke pengalaman YouTube yang sudah Anda kenal dan sukai. Misalnya, jika Anda mendengar cuplikan lagu di Shorts, mereka dapat dengan mudah menemukan lagu lengkapnya, menonton video musiknya, atau mempelajari lebih lanjut kreatornya — semuanya di YouTube.

“YouTube menjadi seperti ini karena apa yang dihasilkan oleh para kreator konten yang luar biasa. Kami tidak pernah bisa membayangkan beberapa penggunaan paling kreatif di YouTube, dan sangat antusias untuk melihat apa yang dilakukan generasi berikutnya dari mobile creators dengan Shorts untuk menjangkau dan menghibur pemirsa baru. Kami tahu bahwa kami perlu waktu untuk terus meningkatkannya, tapi ini baru awalnya saja. Kami ingin Anda dapat segera mencoba Shorts dan membantu kami membangun pengalaman menonton video singkat yang berkualitas di YouTube,” tutup Veronica.

Berita Terkait