Internet

Cara Mengirim Video Berdurasi Panjang di Whatsapp dengan Mudah

Mudah kok, ikuti saja cara mengirim video berdurasi panjang di Whatsapp.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi WhatsApp. (Unsplash/Mika Baumeister)
Ilustrasi WhatsApp. (Unsplash/Mika Baumeister)

Hitekno.com - Cara mengirim video berdurasi panjang di Whatsapp yang mudah bisa kamu lakukan sendiri dengan beberapa hal sederhana yang bisa kamu lakukan dirumah.

Whatsapp sebagai platform milik facebook yang kini penggunakan semakin banyak dan tentunya fitur-fitur baru pun ditambahkan termasuk dengan Whatsapp Bisnis dan juga fitur berbagi media.

Namun sayangnya Whatsapp membatasi untuk mengirimkan video dengan durasi yang panjang dan ukuran besar, oleh karena itu ikuti langkah mudah berikut ini.

Whatsapp Video Durasi Panjang

Penyebab kegagalan mengirimkan video durasi panjang adalah dikarenakan durasi terlalu panjang dan ukuran video yang terlalu besar.

Whatsapp membatasi video yang akan dikirim kepada orang lain dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Video tidak lebih dari 90 detik
  • Ukuran / Size video maksimal hanya 16 MB

Jadi jika kamu mengirimkan video melebihi ketentuan dari Whatsapp tersebut maka bisa dimungkinkan akan gagal untuk dikirimkan.

Untuk solusinya kamu bisa mengikuti cara mengirimkan video durasi panjang di Whatsapp:

Gunakan Google Drive

Google Drive
Google Drive

 

Kamu dapat memanfaatkan space / ruang gratis yang disediakan oleh google melalui google drive, karena kamu akan mendapatkan ruang penyimpanan gratis sebanyak 15GB.

Langkah mudah untuk mengirimkan video durasi panjang (misalnya 1 jam), kamu bisa unggah video terlebih dahulu ke google drive kemudian bagikan link dari google drive ke teman chatingmu.

Upload Ke Youtube

Ilustrasi YouTube. (HiTekno.com/Dinar Surya Oktarini)
Ilustrasi YouTube. (HiTekno.com/Dinar Surya Oktarini)

 

Cara mudah mengirim video durasi panjang di Whatsapp lainnya yaitu dengan mengunggah video panjangmu ke youtube.

Youtube menyediakan beberapa pilihan publikasi yaitu video publik yang dapat dilihat siapa saja yang ada di youtube, atau atur video hanya dapat ditonton bagi siapa saja yang memiliki link video tersebut dan yang terakhir video hanya bisa kamu lihat sendiri.

Pilihan paling tepat adalah upload video ke youtube kemudian setting pengaturan video hanya dapat dilihat bagi yang memiliki link tersebut saja.

Kirimkan link video tersebut ke chat whatsapp, dan video yang kamu kirimkan pun dapat langsung ditonton tanpa harus keluar dari aplikasi whatsapp.

Perkecil Ukuran Video

Cara lain untuk mengirimkan video durasi panjang di Whatsapp adalah dengan mengkompres ukuran menjadi lebih kecil (dibawah 16MB) menggunakan pihak ketiga.

Untuk melakukan trik ini maka kamu membutuhkan alat tambahan, baik berupa aplikasi edit video yang wajib kamu install terlebih dahulu atau menggunakan layanan kompres video secara online.

Jika kamu ingin menggunakan aplikasi di smartphone kamu, dapat menggunakan app Vidcompact yang dapat di unduh melalui google play store secara gratis.

  • Setelah app VidCompact terunduh silahkan install
  • Setelah install kamu dapat memilih menu yang tersedia "Pangkas & Kompress"
  • Pilih video yang ingin kamu kurangi ukurannya
  • Pilih resolusi yang sesuai (sudah tertera ukuran hasilnya)
  • Kemudian klik Simpan
  • Selanjutnya video hasil kompres dapat kamu kirimkan kepada teman kamu

Aplikasi ini selain dapat memperkecil ukuran video juga dapat melakukan konversi dari berbagai format seperti video menjadi format MP3 (suara saja) dan fitur lainnya.

Nah mudah bukan cara mengirim video berdurasi panjang di Whatsapp? Dari cara diatas manakah yang paling mudah menurut kamu. (Kontributor HiTekno.com: Jeffry francisco).

Berita Terkait