Gadget

Memori Penuh? Ini Cara Menghapus File di WA dengan Praktis

Cara menghapus file di WA bisa dilakukan dengan tiga metode praktis ini.

Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi WhatsApp. (unsplash/Antoine Julien)
Ilustrasi WhatsApp. (unsplash/Antoine Julien)

Hitekno.com - Bagi pengguna WhatsApp (WA), terkadang mereka bakal kerepotan mengingat banyaknya file yang secara otomatis tersimpan dalam memori smartphone. Berikut ini kami akan membagikan cara menghapus file di WA dengan praktis dan mudah.

Dokumen, foto dan video semakin lama akan memenuhi memori apabila kita tidak menghapus file di WA secara berkala. Banyaknya grup yang kita ikuti juga membuat semakin besarnya file-file tersimpan.

Meskipun kita tidak aktif dalam sebuah grup WA, namun apabila kita membuka gambar atau video, maka secara otomatis file akan tersimpan di dalam memori.

Semakin banyaknya file yang tersimpan di WA dan memenuhi memori membuat kinerja smartphone bertambah lambat atau "lemot".

Terdapat beberapa cara dalam menghapus file di WA, termasuk melalui pengaturan aplikasi atau dari opsi WhatsApp secara langsung.

Cara menghapus file di WA. (HiTekno.com)
Cara menghapus file di WA. (HiTekno.com)

Cara pertama yaitu kita bisa menggunakan kolom Search di bagian atas (tombol berada tepat di samping tanda titik tiga).

Berikut cara menghapus file di WA melalui kolom Search:

  • Pilih kolom Search
  • Klik opsi Photo, Video, atau Dokumen
  • Pilih atau klik file yang akan dihapus secara spesifik
  • Setelah dipilih, klik tombol titik tiga di bagian kanan atas, kemudian pilih opsi "Hapus" atau "Delete"

Pengguna sebenarnya bisa menghapus file, foto, dan video langsung pada kolom chat. Kita hanya perlu menahan selama dua detik sehingga muncul opsi Delete yang tergambar dalam bentuk bak sampah.

Namun cara tersebut tentu melelahkan apabila file-file yang sudah tersimpan sudah terlalu banyak. Ketika memori terlanjur hampir penuh maka cara kedua ini bisa dilakukan. Berikut cara menghapus file di WA melalui menu Setting:

Cara menghapus file di WA. (HiTekno.com)
Cara menghapus file di WA. (HiTekno.com)

 

  • Ketuk tombol titik tiga di pojok kanan atas, dan pilih opsi Setting atau Setelan
  • Klik "Storage and Data" (Penyimpanan dan Data) dan pilih Manage Storage (Kelola Penyimpanan)
  • Di dalam menu ini, kita bisa mengetahui berapa sisa penyimpanan pada kapasitas memori kita. Pergi ke menu "Tinjau dan Hapus Item". Tahan foto atau video yang ingin dihapus selama dua detik, kemudian centang file mana saja yang akan dihapus.
  • Pilih tombol Delete yang tergambar sebagai tong sampah
    Cara menghapus file di WA. (HiTekno.com)
    Cara menghapus file di WA. (HiTekno.com)

Melalui cara di atas, kita bisa juga memilih chat pada kontak tertentu agar beberapa file besar di dalamnya bisa terhapus.

Jika kalian ingin menghapus semua file di WA, maka Anda perlu mengandalkan menu Setting di smartphone.

Namun hati-hati dengan cara ini karena kalian harus memastikan bahwa file-file penting sudah diamankan atau ter-backup semua. Untuk melakukannya, kalian perlu pergi ke menu Setting (Pengaturan) > Daftar Aplikasi > Pilih WhatsApp > Penggunaan Penyimpanan > Pilih opsi "Hapus Data" atau "Hapus Chace".

Cara tersebut adalah opsi yang harus dipilih terakhir karena pilihan "Hapus Data" bisa membuat kalian log-in kembali di WA, menghapus semua file serta merubah pengaturan semula di aplikasi. Itulah tadi cara menghapus file di WA dengan langkah praktis dan mudah, tertarik mempraktikkannya?

Berita Terkait