Gadget

Jadi Gampang Bertemu, Ini Cara Share Location di WA

Cara share location di WA wajib diketahui agar tak tersesat saat ingin bertemu.

Rezza Dwi Rachmanta

Cara share location di WA. Ilustrasi WhatsApp. (pixabay/Eastlandtunes)
Cara share location di WA. Ilustrasi WhatsApp. (pixabay/Eastlandtunes)

Hitekno.com - Agar lebih mudah bertemu dengan seseorang, kalian harus mengetahui fitur share location di WhatsApp (WA). Berikut ini kami akan memberikan deretan langkah mudah mengenai cara share location di WA.

Sebagai informasi, fitur Live Location di WhatsApp sudah diaktifkan di Indonesia sejak 2017 lalu. Fitur ini sangat berguna agar dua orang bisa saling bertemu hanya dengan menatap layar HP.

Tak hanya dua orang, fitur Live Location juga bisa dibagikan di dalam grup sehingga banyak pengguna lain dapat mendeteksi keberadaan kita.

Pengguna dapat mengaktifkan fitur Live Location dalam berbagai macam durasi yaitu 15 menit, 1 jam hingga 8 jam.

Fitur secara otomatis langsung mati ketika melebihi batas waktu yang telah ditentukan. Dikutip dari situs resmi WhatsApp, fitur Live Location memungkinkan Anda berbagi lokasi real-time selama periode waktu tertentu dengan peserta chat individual atau grup.

Ilustrasi WhatsApp. (unsplash/Antoine Julien)
Ilustrasi WhatsApp. (unsplash/Antoine Julien)

 

Anda dapat mengendalikan bagaimana dan berapa lama Anda ingin berbagi lokasi terkini. Anda juga dapat berhenti berbagi lokasi terkini kapan saja. Setelah dihentikan atau periode waktu yang Anda pilih berakhir, Live Location tidak lagi dapat dibagikan.

Orang-orang yang Anda bagikan Live Location akan tetap dapat melihat lokasi yang telah Anda bagikan sebagai gambar mini statis dan dapat mengetuk gambar tersebut untuk melihat lokasi terakhir yang diperbarui.

Untuk menggunakan fitur Live Location, kita perlu mengaktifkan izin lokasi pada perangkat terlebih dahulu. Izin lokasi bisa diakses dalam menu Pengaturan > Manajemen Aplikasi > Izin Aplikasi > Lokasi > Pilih Aplikasi WhatsApp > Pilih Opsi "Selagi Menggunakan" atau Nyalakan Lokasi.

Berikut deretan langkah mudah share location di WA:

  • Buka chat individual atau grup
  • Ketuk pilihan bagian bawah dengan icon paperclip atau penjepit kertas (icon ini biasanya ada pada sebelah kanan "Ketik Pesan")
    Cara share location di WA. (HiTekno.com)
    Cara share location di WA. (HiTekno.com)
  • Setelah icon paperclip dipilih, muncul enam opsi di mana kita perlu memilih "Lokasi"
  • Klik "Berbagi Lokasi Terkini"
    Cara share location di WA. (HiTekno.com)
    Cara share location di WA. (HiTekno.com)
  • Pilih durasi yang diinginkan (15 menit, 1 jam dan 8 jam). Kita juga bisa menambahkan keterangan mengenai lokasi yang dibagikan, seperti "Tempat Reuni", "Wajib Datang" dan lain-lain.
  • Sebuah gambar yang mengarah ke Google Maps akan terpampang pada chat di WA.
    Cara share location di WA. (HiTekno.com)
    Cara share location di WA. (HiTekno.com)


Selain share location via fitur Live Location, kita juga bisa membagikan lokasi dari Google Maps ke dalam aplikasi WhatsApp. Caranya cukup mudah yaitu kita hanya perlu membuka Google Maps dan menandai mengenai lokasi mana yang ingin kita bagikan.

Klik lokasi Google Maps > Tahan selama lebih dari 2 detik sampai muncul opsi khusus > Setelah muncul opsi, klik icon Bagikan Tempat > Pilih aplikasi WhatsApp.

Itulah tadi cara share location di WA agar tak tersesat saat bertemu teman, gampang banget kan?

Berita Terkait