Internet

Apple Diduga Siapkan Layanan Podcast Berlangganan, Kapan Diluncurkan?

Sudah ada Apple Podcasts, apa lagi yang mau dibuat?

Agung Pratnyawan

Apple Store. (Pixabay/3005398)
Apple Store. (Pixabay/3005398)

Hitekno.com - Podcast sedang naik daun belakangan ini, terlebih makin banyak yang membuat. Bahkan muncul kabar kalau Apple akan meluncurkan layanan podcast berlangganan.

Jika selama ini podcast banyak beredar melalui layanan streaming Sportify dan beberapa pesaingnya.

Sebagaimana melansir laman 9to5mac, Minggu (17/1/2021), The Information melaporkan bahwa Apple sedang mendiskusikan peluncuran layanan berlangganan baru yang akan membebankan biaya kepada orang-orang untuk mendengarkan podcast.

Sayang, tidak jelas kapan atau apakah Apple akan meluncurkan layanan baru.

Sebenarnya, ini bukan kali pertama terdengar rencana Apple memperluas jangkauannya di industri podcast. Sebelumnya, Bloomberg melaporkan rencana Apple untuk mendanai konten asli untuk Apple Podcasts.

Kini, disebut Apple merencanakan layanan berlangganan podcasting yang mengancam Spotify. Laporan tersebut tidak menawarkan banyak detail tentang layanan "baru" itu, dan memperingatkan bahwa Apple mungkin membatalkan rencana tersebut sama sekali.

"Apple yang menjalankan aplikasi podcasting paling banyak digunakan di industri, sedang mendiskusikan peluncuran layanan berlangganan baru yang akan menagih orang untuk mendengarkan podcast," menurut orang yang mengetahui masalah tersebut.

Apple Store. (Pixabay/matcuz)
Apple Store. (Pixabay/matcuz)

 

Pembicaraan antara Apple dan perusahaan produksi tentang penawaran langganan baru sedang berlangsung, meskipun tidak jelas kapan atau apakah Apple akan meluncurkan layanan baru tersebut. Orang-orang memperingatkan bahwa Apple mempertimbangkan banyak ide untuk layanan media dan tidak selalu melanjutkannya.

Informasi tersebut menjelaskan bahwa dengan menagih untuk podcast individu, Apple berpotensi menawarkan pembuat podcast kesempatan untuk menghasilkan lebih banyak uang, sehingga membujuk mereka untuk memilih Apple Podcasts daripada platform pesaing seperti Spotify.

Penyebutan "pengisian untuk podcast individu" sangatlah menarik. Informasi secara luas menyatakan bahwa rencana Apple adalah untuk "layanan langganan podcasting," jadi tidak jelas bagaimana "menagih untuk podcast individu" berperan dalam layanan langganan. Juga tidak jelas jenis konten apa yang akan dikunci di balik paywall langganan.

Laporan sebelumnya telah mengindikasikan bahwa Apple berencana menggunakan podcast asli sebagai cara untuk melengkapi TV + aslinya.

Jika layanan langganan Apple Podcasts melakukan debutnya, itu dapat dengan mudah digabungkan dengan layanan langganan Apple lainnya melalui Apple One.

Itulah kabar terbaru Apple yang disebut-sebut akan meluncurkan layanan podcast berlangganan. (Suara.com/ Dythia Novianty).

Berita Terkait