Gadget

Waduh! MagSafe iPhone 12 Bisa Mengganggu Alat Pacu Jantung

Penelitian yang diterbitkan oleh Heart Rhythm Journal di mana mereka menemukan hal itu dapat menyebabkan gangguan pada alat pacu jantung.

Dinar Surya Oktarini

MagSafe di iPhone 12 Series. (Apple)
MagSafe di iPhone 12 Series. (Apple)

Hitekno.com - Seri iPhone 12 didesain Apple dengan memiliki lebih banyak magnet berkat pengenala ulang teknologi MagSafe. Beberapa orang bertanya-tanya mengenai bahan magnet tambahan ini, apakaha magnet tersebut mengganggu perangkat lain?

Sama halnya dengan kartu kredit, kartu akses serta perangkat medis seperti alat pacu jantung.

Dilansir dari laman Ubergizmo, Apple sebelumnya mengatakan bahwa MagSafe diperkirakan tidak menimbulkan risiko gangguan magnetis yang lebih besar pada perangkat medis daripada model iPhone sebelumnya.

Pernyataan tersebut yang ditulis Apple dalam dokumen penting yang ada di MagSafe, tetapi ternyata itu belum tentu 100 persen benar.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Heart Rhythm Journal di mana mereka menemukan hal itu dapat menyebabkan gangguan pada alat pacu jantung.

MagSafe di iPhone 12 Series. (Apple)
MagSafe di iPhone 12 Series. (Apple)

 

Studi lain mengatakan menguji MagSafe terhadap alat pacu jantung yang dibuat oleh Medtronic dan menemukan bahwa ketika ditempatkan di dekat perangkat medis, alat tersebut benar-benar menonaktifkan alat pacu jantung tersebut.

Meskipun demikian, sebelum terlalu khawatir, ini bukanlah bukti yang pasti, tetapi hal-hal seperti itu menunjukkan mungkin untuk lebih banyak penelitian perlu dilakukan untuk mengetahui secara pasti.

Sementara itu, penonkatifan menunjukkan bahwa mungkin penambahan magnet di iPhone 12 untuk dukungan MagSafe berpotensi menghadirkan beberapa risiko bagi mereka yang memiliki perangkat medis.

Dilansir dari 9to5Mac, hal ini tidak selalu hanya iPhone 12 karena perangkat apa pun yang berisi magnet kuat juga dapat menyebabkan masalah serupa.

Berita Terkait