Gadget

Buka Pembicaraan, Apple dan Hyundai Siap Produksi Mobil Pintar?

Petinggi Hyundai mengonfirmasi bahwa mereka telah membuka pembicaraan awal dengan Apple.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

Logo Apple. (pexels/Armand  Valendez)
Logo Apple. (pexels/Armand Valendez)

Hitekno.com - Kabar mengenai mobil pintar milik Apple telah beredar sejak tahun lalu. Kini Hyundai Motor dikabarkan telah mengadakan pembicaraan awal dengan Apple terkait mobil pintar.

Sebuah laporan dari Korea Selatan mengklaim bahwa Apple telah bernegosiasi dengan Hyundai Motor untuk memproduksi Apple Car.

Hyundai akan membantu Apple memproduksi kendaraan listriknya dan mengembangkan baterai khusus untuk menggerakkan Apple Car.

Menurut Hankyung, bagian dari pengembangan komponen Apple Car akan dilakukan di salah satu fasilitas Hyundai Motors di Amerika Serikat.

Menariknya, dikutip dari 9to5Mac, Hyundai telah mengonfirmasi bahwa mereka telah membuka pembicaraan dengan Apple.

Ilustrasi mobil pintar Apple. (Apple via 9to5Mac)
Ilustrasi mobil pintar Apple. (Apple via 9to5Mac)

 

Seorang juru bicara perusahaan mengatakan kepada CNBC bahwa Apple sedang berdiskusi dengan berbagai pembuat mobil global, termasuk Hyundai Motor.

Ini bukan pertama kalinya rumor menyebutkan bahwa Apple akan mengandalkan mitra untuk memproduksi mobil listrik sendiri, karena perusahaan yang berbasis di Cupertino tersebut belum memiliki fasilitas yang siap untuk membuat mobil.

Laporan dari Wall Street Journal mengungkapkan bahwa saham Hyundai telah melonjak signifikan pada 07 Januari 2020 setelah kabar ini mulai beredar.

Saat itu petinggi Hyundai mengungkapkan bahwa mereka tengah mengadakan diskusi dengan Apple.

Kabar mengenai perbincangan kerja sama Apple dengan Hyundai Motor. (Twitter/ SteveKopack)
Kabar mengenai perbincangan kerja sama Apple dengan Hyundai Motor. (Twitter/ SteveKopack)

 

"Kami memahami bahwa Apple sedang berdiskusi dengan berbagai produsen mobil global, termasuk Hyundai Motor. Karena diskusi masih pada tahap awal, belum ada yang diputuskan," kata perwakilan dari Hyundai.

Sebelumnya, Apple dikabarkan siap memproduksi mobil pintar pada 2024 mendatang. Meski begitu, seorang analis sekaligus leaker bernama Ming-Chi Kuo berpendapat bahwa waktu realistis Apple bukan pada 2024.

Ia mengungkapkan bahwa 2025 akan menjadi waktu paling awal sementara "waktu realistis" jatuh pada 2028.

Kuo juga percaya spesifikasi mobil pintar Apple Car masih berkembang karena peluncuran paling awal adalah 2025, atau mungkin lebih lama lagi, dan spesifikasi akhir tidak akan ditetapkan hingga 2023-2025.

Berita Terkait