Internet

Cara Membuat Tulisan Arab di Whatsapp, Wajib Tahu!

Pernah dapat pesan WhatsApp dengan tulisan Arab? Begini cara membuatnya.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay/arivera)
Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay/arivera)

Hitekno.com - Apakah kamu pernah menemukan pesan di WhatsApp yang menggunakan tulisan Arab? Bingung bagaimana cara membuat tulisan Arab di WhatsApp seperti itu?

Kamu tidak perlu bingung kenapa bisa, simak cara membuat tulisan Arab di WhatsApp berikut ini.

Pesan berbahasa Arab ini memang tidak jarang ditemukan. Terutama dalam grup-grup yang aktivitasnya berhubungan dengan bahasa Arab, seperti grup islami, atau lainnya.

Yang menjadi pertanyaannya sekarang adalah, memangnya bagaimana sih, cara membuat tulisan Arab di WhatsApp? Padahal seperti yang kita ketahui, bahwa huruf pada keyboard Android di Indonesia itu kebanyakan latin.

Penggunaan teks Arab ini sebenarnya tergantung kebutuhan masing-masing, tapi di Indonesia sendiri penggunaan teks Arab ini lebih condong untuk keperluan islami, di antaranya adalah untuk menuliskan ayat suci Al-Qur’an, hadist-hadist Nabi, do’a-do’a tertentu, kebutuhan sharing materi agama, dan lain sebagainya.

Tips dan Trik Membuat Tulisan Arab di Whatsapp

Trik mengirimkan pesan bahasa Arab via WhatsApp ini sebenarnya sangat sederhana. Cukup dengan mengubah keyboard yang tadinya latin menjadi teks Arabic. Langsung saja yuk, kita bahas selengkapnya.

Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay/antonbe)
Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay/antonbe)

 

Kamu bisa mengubah bahasa pada keyboard Android tanpa membutuhkan aplikasi tambahan. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mencobanya:

  • Buka aplikasi WhatsApp terlebih dahulu, lalu masuk ke jendela chat WhatsApp (pilih kontak mana saja). Di sana, coba munculkan keyboard dengan mengetik kolom kirim pesan.
  • Buka Settings keyboard dengan cara tekan dan tahan tombol (,) koma, nanti akan muncul icon setting-nya.
  • Selanjutnya pada jendela “Opsi Masukan”, silahkan pilih Bahasa.
  • Matikan fungsi “Gunakan Bahasa Sistem”, yang ada di kategori Keyboard Android (AOSP).
  • Pada kategori Metode masukan aktif, kamu perlu menyalakan Bahasa Arab. Kemudian, matikan setting bahasa yang sebelumnya kamu gunakan.
  • Kembali lagi ke WhatsApp, kemudian coba kirim pesan ke kontak mana saja. Keyboard kamu sekarang sudah berubah menjadi bahasa Arab.

Cukup mudah, bukan? Cara ini bisa kamu lakukan di Android tanpa root. Karena di sini, kamu hanya menggunakan fitur pengubah bahasa pada keyboard saja, sehingga tidak perlu download aplikasi apa-apa lagi.

Itulah cara membuat tulisan Arab di Whatsapp dengan mudah, silah dipraktekkan. Semoga membantu. (Suara.com/ Rishna Maulina Pratama).

Berita Terkait