Ini 8 Fakta yang Perlu Kamu Tentang Trending Topic Twitter

Salah satu fitur Twitter yang mungkin semua orang tahu adalah Trending Topic.

Dinar Surya Oktarini
Jum'at, 30 Oktober 2020 | 06:00 WIB
Ilustrasi Twitter. (Unsplash/Sara Kurfeß)

Ilustrasi Twitter. (Unsplash/Sara Kurfeß)

Hitekno.com - Tak banyak yang tahu keunikan netizen media sosial Twitter, mulai dari karakter unik hingga latar belakang yang beragam. 

Percakapan antara netizen di Twitter tercipta karena adanya opini yang terbentuk dan hal-hal lainnya. 

Salah satu fitur Twitter yang semua orang mungkin tahu, tapi hanya sedikit yang mengerti bagaimana fitur itu bekerja adalah Trending Topic. Berikut ini adalah delapan hal yang perlu diketahui tentang trending topic di Twitter.

Baca Juga: AMD Radeon RX 6000 Series Resmi Diungkap, Ini yang Ditawarkan

1.Tren ditentukan oleh algoritma.

Secara otomatis, tren disesuaikan untuk pengguna berdasarkan akun yang mereka ikuti, minat, dan lokasi Anda. Namun, pengguna juga dapat mengubahnya dengan memilih tren berdasarkan lokasi (misalnya, Indonesia) dan mereka dapat menemukan topik populer di kalangan orang-orang dalam lokasi geografis tertentu.

2. Jika ada pemahaman bahwa tren ditentukan oleh jumlah Tweet, itu salah.

Baca Juga: Tahap Pengujian, Netflix akan Dibekali Fitur Mode Audio

Tren menunjukkan apa yang sedang dibicarakan di Twitter saat itu juga. Tren tidak ditentukan hanya dari jumlah Tweet tentang topik tertentu. Tren mencerminkan apa yang terjadi saat ini dan membantu Anda menemukan topik diskusi terhangat yang sedang dibicarakan di Twitter.

Ilustrasi hashtag. [Shutterstock]
Ilustrasi hashtag. [Shutterstock]

3. Tren = tagar?

Tidak. Tagar memang bagian dari tren, namun kata dan frasa juga menjadi faktor yang menentukan. Twitter juga mengelompokkan tagar-tagar yang saling terkait, seperti #MalamJumat dan #Kamistis yang keduanya dapat dinyatakan dengan #MalamJumat.

Baca Juga: Lineage2 Revolution Dapatkan Expansion Pack Pertama, Antharas's Wrath

4. Bagaimana melihat Tweet yang menjadi bagian dari sebuah trending topic?

Klik atau sentuh salah satu trending topic yang ada pada daftar dan Anda akan melihat hasil pencarian tren tersebut. Akan terlihat semua Tweet yang berisi frasa, kata atau tagar. Untuk melihat Tweet yang telah terdahulu yang tidak lagi terdaftar, Anda dapat menggunakan pencarian Twitter.

5. Apakah saya bisa berpartisipasi dalam trending topic?

Baca Juga: Tebak Password, Peneliti Klaim Telah Berhasil Bobol Twitter Donald Trump

Bisa! Tweet kata, frasa atau tagar yang sama seperti yang muncul di daftar tren dan Anda sudah menjadi bagian dari percakapan yang terkait dengan trending topic tersebut. Twitter juga menyaring pencarian demi kualitas. Untuk memahami jenis perilaku yang dapat menyebabkan Tweet Anda lolos proses pemilihan, baca tentang peraturan dan pembatasan pencarian Twitter.

6. Apakah trending topic memiliki keterangan?

Terkadang, seperti sejumlah Tweet atau konteks yang dipersonalisasi seperti siapa saja yang berada di ruang lingkup jaringan Anda yang menge-Tweet tentang topik tersebut.

Saat volume Tweet diperlihatkan, Anda dapat melihat bahwa tidak selamanya jumlah Tweet yang banyak berada di deretan atas tren dibandingkan dengan jumlah yang lebih sedikit. Seperti yang disebutkan pada poin nomor dua di atas, tren tidak selalu ditentukan dengan jumlah Tweet sebuah topik tertentu, namun mencerminkan apa yang terjadi saat ini.

7. Apakah ada topik yang dibatasi agar tidak masuk ke dalam jajaran trending topic?

Twitter ingin agar trending topic yang ada dapat mempromosikan diskusi yang sehat di platform. Ini berarti bahwa saat ini, beberapa jenis konten tidak dapat muncul ke dalam jajaran trending topic, termasuk konten yang:

  •  Berisi referensi gambar/dewasa atau cabul.
  • Menyebarkan ujaran kebencian yang berdasarkan pada ras, suku bangsa, asal negara, orientasi seksual, jenis kelamin, identitas jenis kelamin, kelompok agama, usia, disabilitas, atau penyakit.
  • Melanggar Peraturan Twitter.

 

Ilustrasi hashtag atau tagar, salah satu fitur paling populer di Twitter. [Shutterstock]
Ilustrasi hashtag atau tagar, salah satu fitur paling populer di Twitter. [Shutterstock]

8. Apakah ada pilihan trending topic berbayar di Twitter?

Trending topic organik bekerja seperti yang dijelaskan di atas dan berada dalam parameter Peraturan Twitter. Hal ini tidak dapat diubah. Namun, Twitter juga menawarkan dua pilihan untuk trending topic berbayar:

  •  Tren Promosi, ini adalah promosi berdampak tinggi dalam kurun waktu 24 jam yang populer di kalangan brand. Untuk memastikan transparan, semua Tren Promosi ditandai dengan jelas dan Tren Promosi harus mengikuti panduan Tren Promosi.
  • Tren Promosi Spotlight atau Promoted Trend Spotlight, ini adalah format iklan visual yang muncul di daftar tren teratas. Tren ini dilengkapi video berdurasi 6 detik, GIF atau kumpulan foto statis.

Trending topic tersedia pada aplikasi Twitter untuk iOS, Twitter untuk Android, dan twitter.com. Di aplikasi ponsel Twitter, pengguna dapat menemukan trending topic tercantum di bagian tren pada tersebut. 

Saat masuk ke halaman twitter.com di komputer desktop atau laptop, trending topic dicantumkan di banyak tempat; termasuk linimasa beranda, npemberitahuan, hasil pencarian, dan halaman profil.(Suara.com/Dythia Novianty)

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak