Internet

CEK FAKTA: Benarkah Anies Dipuji karena Selamatkan Indonesia dari Corona?

Benarkah Anies Baswedan dapat pujian dunia karena selamatkan Indonesia dari virus corona?

Agung Pratnyawan

Cek Fakta bernarkah Anies Dapat Pujian Dunia Karena Selamatkan Indonesia dari Corona (ist)
Cek Fakta bernarkah Anies Dapat Pujian Dunia Karena Selamatkan Indonesia dari Corona (ist)

Hitekno.com - Beredar sebuah video yang mengklaim kalau Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapatkan pujian internasional karena sukses menyelamatkan Indonesia dari pandemi virus corona COVID-19.

Klaim tersebut awalnya dari video yang diunggah dalam kanal YouTube Rakyat Merdeka berjudul 'JAKARTA MELAWAN ! Langkah SIGAP & CERDAS Anies Baswedan SELAMATKAN JAKARTA' pada Senin, 16 Maret 2020.

Pada bagian cover video tersebut tampak foto Anies Baswedan dan narasi sebagai berikut:

"Ketajaman mata hati Anies Baswedan mengambil alih komando perang melawan corona selamatkan Indonesia.

Kesigapan dan kecerdasan Anies Baswedan dipuji oleh dunia".

Benarkah klaim dalam video tersebut?

Fakta Anies Dapat Pujian Dunia Karena Selamatkan Indonesia dari Corona (ist)
Cek Fakta Anies Dapat Pujian Dunia Karena Selamatkan Indonesia dari Corona (ist)

Penjelasan

Dari hasil penelusuran Tim Cek Fakta Suara.com, Rabu (22/4/2020), kabar yang beredar tersebut tidak benar. Tidak ada pemberitaan dari media mainstream manapun terkait klaim tersebut.

Video tersebut berdurasi 15 menit 11 detik. Isi video tersebut adalah konferensi pers yang dilakukan oleh Anies Baswedan di Balai Kota Jakarta pada Minggu (15/3/2020).

Dalam konferensi pers tersebut, Anies Baswedan sama sekali tidak menyinggung mengenai pujian internasional kepadanya dalam hal penanganan virus corona.

Fakta Anies Dapat Pujian Dunia Karena Selamatkan Indonesia dari Corona (Suaracom)
Cek Fakta Anies Dapat Pujian Dunia Karena Selamatkan Indonesia dari Corona (Suaracom)

Selama konferensi pers, Anies Baswedan membahas mengenai pembatasan transportasi umum, salah satunya adalah membatasi operasional TransJakarta dan MRT selama pandemi virus corona.

Hasil konferensi pers itu dimuat dalam Suara.com dengan judul artikel 'Cegah Corona di DKI, Operasi TransJakarta dan MRT Dibatasi Sampai Magrib'.

Tak hanya itu, dalam video tersebut tidak ada penjelasan bahwa Anies Baswedan telah mengambil komando memerangi virus corona.

Sebaliknya, Presiden Joko Widodo telah membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan COvid-19 yang bertugas sebagai koordinator dalam penanganan virus corona di Indonesia.

Seperti diberitakan Katadata.co.id dengan judul artikel 'Jokowi Bentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19' yang dimuat pada 13 Maret 2020.

Fakta Anies Dapat Pujian Dunia Karena Selamatkan Indonesia dari Corona (katadata)
Cek Fakta Anies Dapat Pujian Dunia Karena Selamatkan Indonesia dari Corona (katadata)

Kesimpulan

Klaim yang menyebutkan Anies Baswedan mendapatkan pujian dunia internasional karena telah berhasil menyelamatkan Indonesia dari corona adalah klaim yang salah. Konten tersebut masuk dalam konten yang menyesatkan.

Itulah hasil cek fakta yang mengklaim Anies Baswedan mendapatkan pujian internasional karena menyelamatkan Indonesia dari virus corona yang ternyata tidak benar. Konten video ini termasuk dalam konten yang menyesatkan. (Suara.com/ Chyntia Sami Bhayangkara).

Berita Terkait