Tegas, Bukalapak Laporkan Oknum Penipuan Alat Kesehatan ke Polisi

Bukalapak akan bertindak tegas mengusut sekaligus menindak oknum tidak bertanggungjawab, yang melakukan penipuan dan penimbunan alat kesehatan.

Agung Pratnyawan
Kamis, 02 April 2020 | 14:30 WIB
Ilustrasi Bukalapak. (HiTekno.com/Amelia Prisilia)

Ilustrasi Bukalapak. (HiTekno.com/Amelia Prisilia)

Hitekno.com - Bukalapak bakal bertindak tegas pada pihak-pihak atau oknum yang melakukan penimuan alat kesehatan di platform miliknya. Bahkan tak segan-segan Bukalapak akan menempuh jalur hukum.

Langkah ini diambil lantaran diketahui ada beberapa penjual di Bukalapak yang menjual alat-alat kesehatan, seperti masker, hand sanitizer, dan rapid test COVID-19, dengan harga selangit.

Baca Juga: - Pamer Pakai Masker Tiga Lapis, Gadis Cantik Ini Malah Dihujat Netizen - Ngaku Masker Disumbangkan Tapi Dijual Kembali Harga Mahal, Bikin Geram - Kalah Saing dari Layanan Pesan Antar, Ini Curhatan Pedagang Keliling - Ini Ancaman Menkominfo Pada Pedagang Online yang Permainkan Harga

Padahal, kedua barang tersebut sangat dibutuhkan masyarakat di tengah pandemi virus corona COVID-19 seperti sekarang ini.

Tak tanggung-tanggung, startup unicorn ini bakal memperkarakan pelapak yang memanfaatkan pandemi COVID-19 untuk meraup keuntungan ke jalur hukum melalui POLRI.

CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin menuturkan, pelaporan ke pihak kepolisian juga berlaku bagi para pelapak yang kedapatan menaikkan harga alat kesehatan di luar batas kewajaran.

Ilustrasi masker kesehatan. (Pixabay)
Ilustrasi masker kesehatan. (Pixabay)

"Kami telah menutup ribuan akun pelapak yang memanfaatkan situasi pandemi ini untuk meraup keuntungan dengan menaikkan harga secara tidak wajar, menjual barang dengan deskripsi yang tidak sesuai, serta memperjual-belikan alat kesehatan yang tidak sesuai aturan BPOM dan Kemenkes. Apabila melanggar hukum, pasti akan kami tindak," tegas Rahmat secara tertulis, Kamis (2/4/2020).

Nantinya, bagi pelapak yang terbukti melakukan bentuk penipuan online, penimbun alat kesehatan dan penjual rapid test akan mendapatkan sanksi berdasarkan hukum dan perundang-undangan yang berlaku.

Soal modus penipuan alat kesehatan di Bukalapak, biasanya pelapak melakukan aksi pengiriman barang bodong dan juga melalui phishing.

Sekadar informasi, phishing merupakan salah satu metode andalan penipu di tengah timbulnya permintaan tinggi dan kepanikan masyarakat untuk mencari alat kesehatan.

Melalui phishing, seorang penipu meminta target untuk memberikan data-data penting di tautan yang tidak resmi dengan berbagai alasan yang berujung dengan peretasan.

Itulah langkah tegas Bukalapak dalam memberantas oknum yang melakukan penipuan alat kesehatan di platform mereka. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

Berita Terkait

TERKINI

Banyak netizen yang menduga jika wallpaper tersebut menjadi motivasi keduanya untuk kembali membawa pulang piala ke negara Tim Samba.
internet | 17:36 WIB
Melihat hal ini, netizen kemudian mengaku curiga dengan identitas tukang becak tersebut.
internet | 17:19 WIB
Kolom balasan unggahan video murid-murid beri kejutan ulang tahun untuk bapak guru ini lalu diramaikan dengan berbagai komentar.
internet | 15:36 WIB
Hitekno.com telah merangkum beragam jenis topologi jaringan komputer yang mungkin informasinya sedang kamu cari saat ini.
internet | 15:11 WIB
Simak penjelasan mengenai perbedaan HTTP dan HTTPS yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.
internet | 14:48 WIB
Bocah "buronan internasional" mampu menebak beberapa laga Piala Dunia 2022 dengan akurat.
internet | 22:25 WIB
"Pray for Garut. Semoga semuanya baik-baik saja dan tak terluka," cuit netizen.
internet | 17:48 WIB
Honda menjuluki motor tahun 80-an ini sebagai Si Kontan.
internet | 16:11 WIB
Netizen menilai bahwa Suarez terkenal karma atas aksinya pada Piala Dunia 2010 lalu.
internet | 16:04 WIB
Sneaker milik penjual di pinggir jalan ini sukses bikin netizen salfok.
internet | 14:43 WIB
Ia menjanjikan pamer foto telanjang dirinya jika Brasil bertemu dengan Jerman pada finalPiala Dunia 2022 yang sedang berlangsung di Qatar.
internet | 13:30 WIB
Meski usaia kandungan sudah lima bulan, Nella Kharisma tetap nekat Pargoy.
internet | 11:45 WIB
Untuk pembelian Kids Combo, pelanggan malah akan mendapat buku alih-alih mainan.
internet | 19:55 WIB
Der Leyen menyatakan dalam sebuah video yang diterbitkan di Twitter bahwa lebih dari 100.000 perwira militer Ukraina telah terbunuh.
internet | 19:49 WIB
"Detik-detik terciptanya anak sultan," kata netizen.
internet | 17:55 WIB
Lukaku nampak kecewa dan menangis karena tak bisa mencetak gol.
internet | 16:26 WIB
Pintu anti mainstream ini sukses bikin netizen salfok.
internet | 15:55 WIB
Meme Lukaku beredar viral di media sosial.
internet | 13:45 WIB
Tampilkan lebih banyak