Duh! Pelaku Kejahatan Siber Mulai Manfaatkan Virus Corona

Kaspersky telah menemukan file berbahaya menyamar sebagai dokumen terkait dengan virus Corona.

Dinar Surya Oktarini
Senin, 03 Februari 2020 | 18:30 WIB
Ilustrasi virus corona. (Wikipedia/ Dr. Fred Murphy)

Ilustrasi virus corona. (Wikipedia/ Dr. Fred Murphy)

Hitekno.com - Virus corona yang tak hanya penyebarannya yang membuat panik, namun perusahaan global cybersecurity Kaspersky telah menemukan file berbahaya menyamar sebagai dokumen terkait dengan virus Corona.

Perusahaan global cybersecurity Kaspersky telah menemukan file berbahaya menyamar sebagai dokumen terkait dengan virus Corona. File berbahaya yang ditemukan menyamar dengan kedok file pdf, mp4, docx tentang virus Corona.

Baca Juga: - Video TikTok Pamer Siswi Cantik di Bandung Viral, Netizen: Subhanallah - Cegah Sebaran Hoaks Virus Corona, Kominfo Pertimbangkan Pakai SMS - Terkait Virus Corona, Kominfo Temukan 54 Hoaks di Indonesia - Diduga Terinfeksi Virus Corona, Pasien Ini Malah Kabur dari Rumah Sakit - Diduga Pasien Virus Corona, Video Lansia Saling Beri Semangat Ini Viral

Nama-nama file ini menyiratkan isi tentang instruksi video tentang cara melindungi diri dari virus, info terkini seputar ancamannya dan bahkan prosedur deteksi virus yang sebenarnya tidak demikian.

"Coronavirus, yang sedang dibahas secara luas sebagai berita utama, telah digunakan sebagai umpan oleh para pelaku kejahatan siber. Sejauh ini kami hanya melihat sejumlah 10 file unik, tetapi karena aktivitas demikian kerap terjadi dengan topik populer di media, maka kami memperkirakan kecenderungan ini akan bertambah. Ketika masyarakat masih memiliki kekhawatiran akan kesehatan mereka, kita mungkin melihat semakin banyak malware yang tersembunyi di dalam dokumen palsu tentang penyebaran virus corona,” komentar Anton Ivanov, analis malware Kaspersky dalam keterangan resminya.

Pada kenyataannya, file-file tersebut berisi berbagai ancaman dari Trojan ke worm yang mampu menghancurkan, memblokir, memodifikasi atau menyalin data, hingga mengganggu pengoperasian komputer atau jaringan komputer.

Kaspersky mendeteksi file terkait virus Corona dengan nama-nama sebagai berikut:

Worm.VBS.Dinihou.r
Worm.Python.Agent.c
UDS:DangerousObject.Multi.Generic
Trojan.WinLNK.Agent.gg
Trojan.WinLNK.Agent.ew
HEUR:Trojan.WinLNK.Agent.gen
HEUR:Trojan.PDF.Badur.b

Ilustrasi hackers. [Shutterstock]
Ilustrasi hackers. [Shutterstock]

Untuk menghindarinya, Kaspersky mengatakan agar pengguna selalu menghindari tautan mencurigakan yang menjanjikan konten eksklusif dan diharapkan merujuk ke sumber resmi untuk memperoleh informasi yang sah dan dapat dipercaya.

Selain itu, perika ekstensi file yang diunduh. Dokumen atau file video seharusnya tidak dibuat dalam format .exe atau .Ink. Terakhir, gunakan solusi keamanan yang andal seperti Kaspersky Security Cloud untuk perlindungan komprehensif dari berbagai ancaman.(Suara.com/Lintang Siltya Utami)

Berita Terkait

TERKINI

Bot yang berbahaya ada di mana-mana. Saat ini, banyak situs, login, dan aplikasi favorit konsumen yang diserang oleh bot.
internet | 19:03 WIB
Usai bersitegang dengan Twitter, kini Apple diklaim Elon Musk telah kembali memasang iklan ke platform media sosial tersebut.
internet | 18:49 WIB
Usai unggahan foto jadul kawasan Slipi, Jakarta Barat tahun 1997 ini menjadi viral di Instagram, berbagai komentar langsung saja ditinggalkan oleh netizen.
internet | 18:47 WIB
Berikut adalah perubahan UMK 2023 dan cara mengeceknya secara online lewat HP dan Laptop.
internet | 17:54 WIB
Berikut adalah sederet cara, syarat dan jadwal untuk mendaftar seleksi bersama rekrutmen BUMN Online.
internet | 16:23 WIB
Terlepas dari kehidupan artis yang dikenal glamor, Prilly Latuconsina tampil begitu sederhana saat sedang menekuni hobinya.
internet | 14:05 WIB
Video pria nekat beli motor saat mengeluh lelah jogging ini lalu dibanjiri dengan berbagai komentar dari netizen.
internet | 12:10 WIB
Reza Rahadian mengaku jika dirinya tidak tahu harus melakukan apa dengan akun Instagram.
internet | 11:43 WIB
Banyak penipu mengatasnamakan diri sebagai perwakilan dari Google dan menelpon pengusaha kecil untuk meminta sejumlah uang.
internet | 10:13 WIB
Uni Eropa mendesak Elon Musk untuk tak lagi menerapkan kebebasan berbicara dan mengaplikasikan sensor ketat di media sosial Twitter.
internet | 09:26 WIB
Saat membuka bungkus Oreo BLACKPINK tersebut, gadis ini tidak menemukan photocard Jennie, Lisa, Rose atau Ji Soo.
internet | 19:29 WIB
Melihat aksi pemilik rumah temukan ular di lubang pembuangan toilet ini, netizen langsung saja meninggalkan berbagai komentar.
internet | 18:53 WIB
Banyak netizen yang menduga jika wallpaper tersebut menjadi motivasi keduanya untuk kembali membawa pulang piala ke negara Tim Samba.
internet | 17:36 WIB
Melihat hal ini, netizen kemudian mengaku curiga dengan identitas tukang becak tersebut.
internet | 17:19 WIB
Kolom balasan unggahan video murid-murid beri kejutan ulang tahun untuk bapak guru ini lalu diramaikan dengan berbagai komentar.
internet | 15:36 WIB
Hitekno.com telah merangkum beragam jenis topologi jaringan komputer yang mungkin informasinya sedang kamu cari saat ini.
internet | 15:11 WIB
Simak penjelasan mengenai perbedaan HTTP dan HTTPS yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.
internet | 14:48 WIB
Bocah "buronan internasional" mampu menebak beberapa laga Piala Dunia 2022 dengan akurat.
internet | 22:25 WIB
Tampilkan lebih banyak