Internet

Dikritik Nyumbang Dikit, Bos Amazon Hasilkan Rp 1,8 Miliar per Menit

Jeff Bezos mengumumkan Amazon menyumbang Rp 9,4 miliar untuk korban kebakaran hutan Australia. Setara pendapatannya dalam 5 menit.

Agung Pratnyawan

Jeff Bezos, bos Amazon. (Instagram/ jeffbezos)
Jeff Bezos, bos Amazon. (Instagram/ jeffbezos)

Hitekno.com - Pendiri dan CEO Amazon, Jeff Bezos menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Bahkan kekayaan bos Amazon ini bertambah seiring waktu.

Menurut HiTekno.com kutip dari Business Insider, Jeff Bezos baru saja menyumbangkan 1 juta dolar Australia atau sekitar Rp 9,4 miliar.

Bos Amazon menyumbang untuk membantu para korban kebakaran hutan di Australia. Seperti diketahui, Australia sedang dilanda bencana kebakaran.

Namun besar sumbangannya ini masih tak seberapa dibandingkan penghasilannya. Bahkan tak sebanding dengan penghasilannya dalam sehari.

Menurut data 2018, kekayaan Jeff Bezos bisa bertambah 690 ribu dolar AS dalam semenit. Atau setara dengan Rp 9,4 miliar seperti yang dia sumbangkan.

Jika merujuk data ini, dalam semenit saja bos Amazon ini bisa menghasilkan Rp 1,8 miliar hanya dengan bengong tanpa melakukan apa-apa.

Karena penghasilan sebesar ini, Jeff Bezos mendapatkan banyak kritikan ketika menyumbang korban kebakaran hutan Australia.

Logo Amazon. (unsplash/Christian Wiediger)
Logo Amazon. (unsplash/Christian Wiediger)


Dibandingkan donator lain, Amazon hanya menyumbang 690 ribu dolar AS terhitung kecil. Bahkan masih di bawah Metalica yang menyumbang 750 dolar AS.

Masih kalah juga dibandingkan dengan sumbangan 1 juta dolar AS dari Kylie Jenner untuk korban kebakaran hutan Australia.

Apa yang disumbangkan bos Amazon hanya setara dengan peningkatan kekayaannya selama 5 menit pada 2018 yang lalu.

Menurut data terbaru, kekayaan Jeff Bezos sendiri telah mencapai 130,5 miliar dolar AS, atau setara dengan Rp 1.830 triliun.

Dengan sumbangan ke korban kebakaran hutan Australia yang banyak dikritik, bukan berarti ia jarang menggelar kegiatan amal dan membantu yang kesusahan.

Pendiri dan CEO Amazon ini menggelar Bezos Day One Fund yang memberikan perhatian kepada anak-anak dari keluarga miskin.

Jeff Bezos. (Wikipedia/ Seattle City Council)
Jeff Bezos. (Wikipedia/ Seattle City Council)

 

Gerakan Bezos Day One Fund memberikan dukungan dana ke keluarga-keluarga tanpa rumah di 16 negara bagian dan distrik Columbia.

Bezos Day One Fund juga telah menggelontorkan dana dari 2,5 juta hingga 5 juta dolar AS untuk membantu keluarga miskin mendapatkan rumah.

Itulah kritikan tajam pada Jeff Bezos, bos Amazon yang punya penghasilan besar tiap menitnya. Bagaimana pendapatmu?

Berita Terkait