Internet

Jadi Brand Nomor 1 di Dunia, Amazon Kalahkan Apple dan Google

Prestasi besar Amazon ini terasa wajar mengingat perusahaan ini merupakan salah satu e-commerce dan perusahaan artificial intelligent (AI) terbesar di dunia.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

Logo Amazon. (unsplash/Christian Wiediger)
Logo Amazon. (unsplash/Christian Wiediger)

Hitekno.com - Dalam sebuah laporan, brand Amazon belum lama ini mencetak namanya sebagai brand nomor 1 di dunia mengalahkan Apple dan Google. Prestasi besar Amazon ini cukup menjelaskan bagaimana brand ini sukses berkembang dari tahun ke tahun.

Raihan Amazon sebagai brand nomor 1 di dunia ini berdasarkan hasil survey Kantar dalam BrandZ Top 100 Most Valuable Global Brand 2019. Amazon sukses meraih total 315,5 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 4.490 triliun pada tahun 2019.

Angka ini mengalami peningkatan sebanyak 52 persen lebih tinggi dari tahun 2018 lalu. Sebelumnya, Amazon mendapat nilai tumbuh mencapai miliaran dolar AS pada tahun sebelumnya.

Doreen Wang selaku Kepala Global BrandZ mengaku terkejut dengan prestasi Amazon ini. Menurutnya Amazon jelas menunjukan kelasnya yang tidak lagi terpaut pada satu wilayah dan kategori tertentu.

Prestasi besar Amazon ini terasa wajar mengingat perusahaan ini merupakan salah satu e-commerce dan perusahaan artificial intelligent (AI) terbesar di dunia.

Jeff Bezos. (Wikipedia/ Seattle City Council)
Jeff Bezos. (Wikipedia/Seattle City Council)

 

Dalam dunia bisnis, Amazon sukses menanamkan investasi ke berbagai bidang seperti startup mobil self-driving Aurora, perusahaan truk listrik Rivian, dan perusahaan pesawat Amazon Air. Tidak hanya itu, Amazon juga telah mengakuisisi dua firma yaitu PillPack dan Deliveroo.

Di urutan kedua dalam hasil survey Kantar BrandZ ini di tempati oleh Apple dengan nilai 309,5 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 4.405 triliun. Tempat ketiga ditempati oleh Google yang turun satu tingkat dari tahun lalu. Brand value Google hanya mampu mencetak angka 309 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 4.398 triliun.

Dilansir The Telegraph, menjadi mimpi buruk untuk Apple dan Google yang sudah selama 12 tahun telah menempati urutan atas dalam hasil survey BrandZ ini.

Ilustrasi Google. (pixabay/digitalfpade)
Ilustrasi Google. (pixabay/digitalfpade)

 

Bersama dalam daftar Top 100 Most Valuable Global Brand 2019 di angka sepuluh besar ada brand Microsoft, Visa, Facebook, Alibaba, Tencent, McDonald's, dan AT&T.

Sebelumnya pada tahun 2006, Microsoft pernah menjuarai list brand nomor 1 dunia. Sedangkan di awal tahun 2019, Alibaba telah sukses menyalib Tencent dan menjadi brand paling populer di China.

Jika kali ini, Amazon sukses mengalahkan Google dan Apple untuk menjadi brand nomor 1 di dunia, bagaimana dengan hasil survey berikutnya? Nantikan ya.

Berita Terkait