Internet

Bikin Bingung, Kerupuk Babi dengan Cap Halal Ini Viral

Walaupun dibuat bingung, beberapa netizen juga membuat berbagai cuitan kocak terkait kerupuk babi yang viral ini.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Kerupuk babi dengan cap halal. (twitter/KatolikG)
Kerupuk babi dengan cap halal. (twitter/KatolikG)

Hitekno.com - Baru-baru ini, di media sosial kembali beredar potret kerupuk babi dengan cap halal pada kemasannya. Potret tersebut menjadi viral di Twitter dan membuat banyak netizen bingung.

Potret kerupuk babi dengan cap halal yang menjadi viral di Twitter ini pertama kali diunggah oleh akun @KatolikG pada Kamis (18/7/2019) lalu.

''Halal???'' tulis @KatolikG dalam cuitannya.

Unggahan tersebut memperlihatkan kemasan kerupuk babi dengan nomor Depkes RI P-IRT 2.01.5102.01.215 lengkap dengan cap halal di bagian kanannya.

Hal ini jelas membuat bingung siapa saja. Pasalnya, makanan babi merupakan jenis makanan haram yang tidak dikonsumsi oleh beberapa orang. Tidak seharusnya, makanan ini mendapat cap halal.

Menjadi viral di Twitter, berbagai pertanyaan lalu timbul dari netizen. Beberapa dibuat bingung dengan cap halal pada kemasan kerupuk babi ini. Walaupun dibuat bingung, beberapa netizen juga membuat berbagai cuitan kocak terkait kerupuk babi yang viral ini.

Babi. (pixabay/Pexels)
Ilustrasi babi. (pixabay/Pexels)

 

''Babinya mualaf nder'' tulis @saposeeeee.

''Kalau babi jantan halal, karena tidak mungkin mengandung babi.'' komentar akun @St_Anarchistus.

''Babinya hasil pernikahan yang sah'' ungkap akun @PermakLepis.

''Halal cara mendapatkannya. Ga pakai uang hasil korupsi dan kejahatan lainnya'' tulis netizen @jcforyou.

Banyak yang percaya jika potret kerupuk babi dengan cap halal yang viral di Twitter ini adalah editan. Untuk mengetahui fakta sebenarnya, berikut penjelasan dari situs resmi Kominfo.

Kerupuk babi dengan cap halal. (twitter/KatolikG)
Kerupuk babi dengan cap halal. (twitter/KatolikG)

 

Menurut situs resmi Kominfo, potret kerupuk babi dengan cap halal ini adalah hoaks. Pihak Kominfo menjelaskan jika berdasarkan hasil perbandingan dengan potret produk yang asli, tidak terdapat cap halal seperti pada foto yang beredar.

''Faktanya foto tersebut adalah foto yang telah melalui proses editing karena apabila dibandingkan dengan foto produk yang asli tidak nampak logo halal.'' tulis Kominfo dalam pernyataan resminya.

Terbukti hoaks, potret kerupuk babi dengan cap halal yang diunggah @KatolikG ini sudah mendapat 781 retweets dan 297 balasan dari netizen.

Berita Terkait