One Piece: Bagaimana Pasukan Revolusioner Menjadi Ancaman Besar Bagi Pemerintah Dunia?

Kenapa Pemerintah Dunia sampai takut dan ingin menghabisi Pasukan Revolusioner? Cek penjelasan ini.

Agung Pratnyawan
Jum'at, 16 Juni 2023 | 12:24 WIB
One Piece - Pasukan Revolusioner. (fandom)

One Piece - Pasukan Revolusioner. (fandom)

Hitekno.com - Pemerintah Dunia memiliki banyak musuh, tetapi yang didedikasikan hanya untuk menggulingkan mereka tidak lain adalah Pasukan Revolusioner. Dipimpin oleh Monkey D. Dragon, Pasukan Revolusioner telah aktif sebelum dimulainya cerita One Piece.

Namun, penonton jarang melihat kenakalan yang mereka lakukan, apalagi konfrontasi langsung dengan Pemerintah Dunia. Bab One Piece baru-baru ini, khususnya dari bab 1083 dan seterusnya, mengungkapkan beberapa poin penting mengenai keadaan Pasukan Revolusioner saat ini dan juga Pemerintah Dunia.

Dan dari informasi yang disebutkan di chapter-chapter tersebut, jelas bahwa Pasukan Revolusioner tiba-tiba menjadi ancaman besar bagi Pemerintah Dunia. Berikut beberapa alasannya.

Baca Juga: One Piece: 7 Anggota Pemerintah Dunia Paling Jahat

1. Menghasut Pemberontakan di Banyak Negara

Kerajaan Alabasta. (fandom)
Kerajaan Alabasta. (fandom)

Setiap negara yang ingin hidup di bawah payung Pemerintah Dunia harus membayar sejumlah besar uang kepada mereka setiap tahun. Ini disebut Penghormatan Surgawi. Sebagai imbalan atas kontribusi moneter ini, mereka akan menikmati banyak tunjangan dari Pemerintah Dunia.

Seperti keamanan dan perlindungan melalui Angkatan Laut yang perkasa, dan termasuk dalam jaringan luas pertukaran barang, pengetahuan, dan informasi antara masing-masing negara sekutu.

Baca Juga: Penjelasan Tahta Kosong di One Piece, Bukti Kebohongan Pemerintah Dunia

Namun, jika suatu negara menolak atau tidak mampu membayar biaya yang sangat besar ini, negara itu akan ditinggalkan. Banyak negara, seperti kampung halaman Shirohige, telah jatuh ke dalam kekacauan dan berubah menjadi sarang kriminal karena pemerintah setempat tidak dapat membayar upeti.

Warga dari berbagai negara di seluruh dunia mulai melihat sisi jahat dan menindas Pemerintah Dunia ini, dan mereka menginginkan keadilan. Dan saat itulah Pasukan Revolusioner masuk. Di negara-negara dan kerajaan-kerajaan yang ditinggalkan oleh Pemerintah Dunia, Pasukan Revolusioner datang dan menawarkan bantuan kepada mereka.

Pelan tapi pasti, kini ada belasan negara yang terang-terangan memberontak terhadap Pemerintah Dunia, delapan diantaranya berakhir dengan revolusi yang sukses. Gerakan separatis ini hanya akan menyebar ke belahan dunia lain, yang akan mengancam pengaruh Pemerintah Dunia terhadap warga dunia.

Baca Juga: One Piece: Penjelasan Takhta Kosong, Bukti Pemerintah Dunia Berbohong?

2. Memotong Pasokan Makanan dan Logistik Ke Marine HQ

One Piece - Kapal Perang Angkatan Laut. (fandom)
One Piece - Kapal Perang Angkatan Laut. (fandom)

Pusat Pemerintah Dunia berada di Tanah Suci Mary Geoise. Di sinilah eselon atas Pemerintah Dunia, seperti Lima Sesepuh, tinggal dan ini juga merupakan rumah dari keturunan langsung pendiri Pemerintah Dunia, para bangsawan dunia, Naga Langit.

Tidaklah berlebihan untuk mengatakan bahwa ini adalah tempat terpenting bagi Pemerintah Dunia. Tak perlu dikatakan, tanah suci memiliki keamanan terbaik dan terketat di dunia. Marinir yang tak terhitung jumlahnya berpatroli baik di darat maupun di laut sekitar 24/7.

Baca Juga: Final Saga One Piece: Tentara Revolusioner Akan Tunjukkan Kekuatan

Tidak hanya itu, Mary Geoise juga memiliki angkatan bersenjatanya sendiri yang lebih kuat dari kebanyakan marinir, yang terkuat di antaranya adalah kelompok yang disebut Kesatria Dewa. Jika itu tidak cukup, seorang laksamana Marinir akan siap untuk datang kapanpun diperlukan dari Markas Besar Angkatan Laut terdekat.

Selanjutnya, Mary Geoise duduk di atas sebuah pulau dengan tebing tinggi dan terjal di sekelilingnya. Artinya, setiap pengunjung harus menggunakan kapal pengangkut khusus bernama Bondola yang akan mengangkat mereka ke puncak tebing tempat tinggal penduduk pulau tersebut.

Meski begitu, hal yang membuat Mary Geoise menjadi tempat yang aman juga merupakan satu hal yang membuatnya sangat bergantung pada orang lain. Karena lokasinya yang terpencil, hampir tidak ada makanan segar di pulau ini.

Artinya mereka harus mengimpor barang dari luar. Pasukan Revolusioner mengetahui hal ini dan memutuskan untuk menyerang Rantai Pasokan Marie Geoise dari seluruh dunia. Perlahan tapi pasti, mereka berhasil melukai para bangsawan tanpa harus menginjakkan kaki di pulau itu.

3. Mengetahui Sifat Sejati dari Pemerintah Dunia

One Piece - Levely, pertemuan pemimpin negara yang beraliansi ke Pemerintah Dunia. (fandom)
One Piece - Levely, pertemuan pemimpin negara yang beraliansi ke Pemerintah Dunia. (fandom)

Tanah suci Mary Geoise yang tidak bisa ditembus berada pada titik terlemahnya selama Reverie. Lagi pula, acara sekali dalam lima tahun ini memungkinkan pengunjung dari seluruh dunia untuk datang ke Tanah Suci, yang menjadikannya sempurna bagi siapa saja yang ingin menyusup ke Mari Geoise.

Itulah tepatnya yang dilakukan Sabo dan beberapa komandan Pasukan Revolusioner selama Reverie terakhir. Sabo memiliki tiga tujuan dalam misi yang berani. Untuk menyatakan perang terhadap Pemerintah Dunia dengan menghancurkan simbol Naga Langit, untuk membebaskan budak sebanyak mungkin, dan untuk menyelamatkan sesama eksekutif Pasukan Revolusioner mereka, Bartholomew Kuma.

Namun, apa yang dia temukan begitu dia masuk ke Kastil Pangea adalah informasi yang dapat mengguncang fondasi dunia. Sabo nyaris berhasil melarikan diri, tetapi dia berhasil membawa tiga informasi penting ke markas Pasukan Revolusioner.

Pertama adalah fakta bahwa King Cobra dari Arabasta dibunuh oleh Lima Tetua. Kedua, adalah rahasia di balik "kehendak D". yang dikatakan mendiang King Cobra kepada Sabo di saat-saat terakhirnya. Ketiga adalah fakta bahwa ada seseorang yang disebut "The Great Imu" yang duduk dengan bangga di singgasana kosong dan memimpin Lima Sesepuh.

Informasi yang sangat sensitif dan berbahaya ini, benih pemberontakan yang telah disebarkan Pasukan Revolusioner ke seluruh dunia, dan serangan mereka terhadap kapal pasokan Marie Geoise yang tak terhitung jumlahnya membuat organisasi nakal ini tiba-tiba menjadi ancaman besar bagi Pemerintah Dunia.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins
Berita Terkait
TERKINI

Itachi Uchiha adalah informan Jiraiya untuk mendapatkan informasi dari Organisasi Akatsuki....

geek | 11:28 WIB

Bukan hanya angkatan laut, cek apa saja kekuatan terbesar Pemerintah Dunia di One Piece....

geek | 12:01 WIB

Berikut adalah lima rekomendasi anime yang bisa kamu tonton saat libur Idul Adha....

geek | 19:53 WIB

Berikut ini adalah 5 kekuatan Pemerintah Dunia yang mungkin belum kamu ketahui. Dijamin bikin fandom kaget dibuatnya....

geek | 18:26 WIB

Mari kita lihat beberapa fakta menarik tentang serial Secret Invasion di bawah ini....

geek | 14:49 WIB

Suzume no Tojimari merupakan anime yang dirilis pada tahun 2022 dan diproduksi oleh CoMix Wave Films....

geek | 12:58 WIB

Tersedia dalam subtitle Indonesia, gunakan link nonton Black Clover Sword of the Wizard King ini....

geek | 14:39 WIB

Berdasarkan MBTI, cek siapa karakter Demon Slayer yang memiliki kepribadian mirip kamu....

geek | 10:16 WIB

Berikut adalah link nonton anime Slam Dunk the Movie, cocok buat yang ketinggalan nggak nonton di bioskop....

geek | 15:57 WIB

Lagi heboh di kalangan penggemar jika ternyata Nami punya hubungan "spesial" dengan Im Sama. Seberapa dekat dan serius h...

geek | 09:07 WIB

Berikut adalah cara nembak gebetan pakai bahasa Jepang-nya "Aku cinta kamu"....

geek | 19:58 WIB

Im Sama diketahui telah hidup sampai 800 tahun lamanya, apa rahasia keabadian karakter One Piece ini?...

geek | 15:50 WIB

Dapatkan link nonton Demon Slayer: Kimetsu No Yaiba Swordsmith Village Arc episode terbaru di sini....

geek | 15:00 WIB

Berikut adalah lima karakter kuat di anime Naruto yang banyak terbantu di pertempuran akibat kecerdasannya....

geek | 13:20 WIB

Bagi yang ingin menonton serial anime ini, berikut link nonton One Piece Eps 1066 lengkap dengan sub Indonesia....

geek | 16:52 WIB

Simak apa yang diungkap dalam Spoiler One Piece 1087 ini? Apakah hubungan Im Sama dan Gorosei dengan Buah Iblis?...

geek | 14:49 WIB

Mulai diungkap banyak informasi terbaru, cek kapan One Piece Live Action tayang di Netflix....

geek | 13:31 WIB

Berikut adalah sederet anime yang cocok ditonton saat bersantai dengan genre isekai....

geek | 10:55 WIB
Tampilkan lebih banyak