One Piece: Siapa Joy Boy dan Sun God Nika, Apakah Mereka Orang yang Sama?

Joy Boy dan Nika, siapa mereka sebenarnya. Apakah mereka satu orang yang sama? Simak pembahasan teori One Piece ini.

Agung Pratnyawan
Kamis, 27 Oktober 2022 | 15:11 WIB
One Piece Luffy Gear 5. (Fandom)

One Piece Luffy Gear 5. (Fandom)

Hitekno.com - Siapa Joy Boy yang menjadi sosok misterius dan banyak dibicarakan di One Piece, lalu apa hubungannya dengan Sun God Nika dalams serial ini. Mengenai siapa karakter One Piece ini memang menarik untuk ditelusuri.

Sampai saat ini siapa Joy Boy masih mesterius dan belum banyak dibukan informasinya dalam manga One Piece. Namun ada banyak karakter One Piece yang menyebut-nyebut namanya.

Disebutkan kalau sosok Joy Bou merupakan seoarng memimpin kerajaan pada abad yang hilang (Void Century) 800 tahun silam di One Piece. Hingga saat ini, hanya Roger dan para krunya lah yang mengetahui siapa sosok misterius tersebut.

Baca Juga: One Piece: Apakah Monkey D Binks Adalah Joy Boy Pertama? Siapanya Luffy?

Pada Rio Poneglyph di pulau manusia ikan, dituliskan kalau sosok misterius ini juga sempat berjanji pada bangsa manusia ikan untuk membawa mereka ke permukaan, namun gagal.

Banyak orang yang menganggap Joy Boy orang baik dan kuat, dan Kaido juga tampaknya mengetahui mengenai masa lalu Joy Boy. Namun semua seolah-olah masih menyemunyikan soal karakter One Piece ini.

Banyak spekulasi dan One Piece yang beredar di kalangan fans terkait dengan siapa Joy Boy sebenarnya. Misalnya, Joy Boy sempat diinformasikan sebagai salah satu orang yang membentuk kelompok perlawanan untuk mengalahkan Ancient Kingdom.

Baca Juga: Fakta Menarik Joy Boy Bukan Joyoboyo, Penemu Harta Karun One Piece?

Kelompok tersebut sekarang bernama Pemerintah Dunia. Namun, ada juga teori yang menyebutkan justru dia adalah pahlawan yang gagal untuk menghadapi 20 kerajaan yang menghancurkan Ancient Kingdom.

Teori One Piece yang Beredar

One Piece: Siapa Nika. (HiTekno.com)
One Piece: Siapa Nika. (HiTekno.com)

Seiring berkembangnya cerita, muncul berbagai anggapan tentang siapa Joy Boy sebenarnya. Salah satunya menyebutkan bahwa bisa jadi Joy Boy bukanlah nama orang, melainkan sebuah julukan. Hal ini sama seperti anak raja pulau manusia ikan, Shirahoshi, yang memiliki julukan Poseidon.

Baca Juga: One Piece: 3 Senjata Kuno Era Joy Boy

Banyak teori One Piece yang meyakini jika orang berikutnya yang akan menyandang gelar Joy Boy adalah Luffy.

Ini cukup masuk akal mengingat beberapa petunjuk mendukung hal tersebut. Misalnya, Zunesha sempat mengatakan jika Luffy adalah Joy Boy meskipun tidak secara langsung.

Selain gelar atau titel, banyak diyakini oleh para fans jika Luffy merupakan sebuah reinkarnasi dari tekad, kemampuan, dan juga jiwa sosok Joy Boy. Semua hal tersebut ada di dalam buah iblis yang Luffy makan. Sehingga, semua itu pun memengaruhi sosok Luffy, di mana seolah dia adalah perwujudan lain dari sosok Joy Boy.

Baca Juga: One Piece: Siapa Nika, Apakah Dia Joy Boy?

Selanjutnya, Joy Boy juga dispekulasikan merupakan ramalan dari sosok Luffy pada masa depan. Madame Sharley dari pulau manusia ikan sempat melihat bahwa pada masa depan dunia, khususnya manusia ikan, akan hancur oleh sosok yang mirip seperti Luffy.

Kemudian yang terakhir, banyak juga yang berpikir jika Joy Boy adalah sebuah awakening dari buah iblis Nika yang dikonsumsi Luffy. Dalam hal ini, ketika kemudian seorang pengguna buah iblis Nika berhasil membangkitkan semua potensinya maka dia akan berubah menjadi sosok Joy Boy yang legendaris.

Siapa Joy Boy?

One Piece - Luffy - Joy Boy. (fandom)
One Piece - Luffy - Joy Boy. (fandom)

Meskipun semua spekulasi dan teori One Piece tentang Joy Boy tersebut masuk akal dan menarik, namun ada juga "sanggahan" dari sebagian fans tentang sosok Joy Boy. Dalam spekulasi ini sosok Joy Boy adalah sosok "legendaris."

Dia bukanlah reinkarnasi seseorang, ramalan, gelar, atau pun awakening. Lalu, jika dia bukanlah semua itu, siapa sebenarnya sosok Joy Boy? Seperti apa karakter One Piece ini?

Dalam spekulasi ini, terdapat penjelasan bahwa Joy Boy tidak lebih dari sekedar sosok legenda atau mitologi. Oda sendiri dianggap sudah memberikan petunjuk terkait hal ini dalam chapter 1052 dan 1053 kemarin.

Dalam chapter tersebut, para penduduk Wano yakin jika sosok yang membebaskan mereka dari belenggu Kaido adalah sosok bernama Joy Boy. Menurut penduduk lainnnya, sosok tersebut merupakan rival dari sang Dewa Pedang, Ryuma.

Kemudian, dalam chapter 1053 dalam kilas balik Momonosuke kembali mengingat ucapan Luffy. Dia mengatakan kepada Momo untuk tidak memberi tahu kepada para penduduk Wano tentang siapa yang mengalahkan Kaido.

Hal tersebut dikarenakan Luffy tidak mau menjadi pahlawan bagi mereka. Jika kamu perhatikan, Luffy sebenarnya sudah melakukan ini di sepanjang serinya.

Luffy tidak mau jika orang-orang menganggapnya sebagai pahlawan. Dia ingin orang-orang menganggap atau berpikir bahwa dia adalah seorang bajak laut.

Hal ini seolah memperlihatkan siapa sosok Luffy sebenarnya. Dia menghentikan kejahatan atau membebaskan sesuatu dari belenggu bukan karena ingin menjadi pahlawan. Tetapi, dia ingin membantu mereka dan menghentikan kejahatan tersebut.

Hal ini bisa kita lihat dalam berbagai momen. Misalnya, saat Luffy berhasil membebaskan Alabasta, mengalahkan Enel di pulau langit, membantu mengalahkan Doflamingo untuk membebaskan para penduduk Dressrosa, saat berada di pulau manusia ikan, dan yang paling baru tentunya adalah saat Luffy membantu penduduk Wano.

Semua momen "penyelamatan" tersebut satu kali pun tidak pernah Luffy menganggap dirinya pahlawan. Dan banyak orang pun tidak tahu fakta sebenarnya.

Im Sama Hapus Sejarah Joy Boy

One Piece - Gorosei menemui Im Sama. (fandom)
One Piece - Gorosei menemui Im Sama. (fandom)

Inilah mungkin alasan mengapa Joy Boy masih belum hilang dari ingatan orang-orang, namun sudah hilang dari catatan sejarah. Im Sama sengaja menghapus semua bukti atau apa pun yang mengarah para sosok Joy Boy.

Hal ini semata-mata demi membuat orang melupakan atau tidak lagi mengungkit sosok tersebut. Namun, faktanya, sosok Joy Boy adalah sosok yang legendaris.

Kisah-kisah tentang Joy Boy memang sudah hilang dari catatan sejarah, namun tidak dari ingatan orang-orang. Inilah yang kemudian menjadi jalan untuk menyebarkan informasi tentang sosok Joy Boy, yaitu dengan cara dari mulut ke mulut atau melalui cerita. Hal ini bisa kita lihat dalam momen Who’s Who, yang mengatakan bahwa dia mendapatkan informasi tentang sosok Joy Boy dari seorang penjaga Impel Down.

Belum lagi, cerita tentang sosok Joy Boy ini kemudian terus eksis melalui catatan yang ada di Poneglyph. Seperti yang kita ketahui, ada beberapa Poneglyph yang menyebutkan atau menghadirkan sosok Joy Boy. Yaitu yang berada pulau manusia ikan dan yang ada di pulau Laugh Tale.

Hubungan Joy Boy dengan Sun God Nika

One Piece - Monkey D Luffy Gear 5. (fandom)
One Piece - Monkey D Luffy Gear 5. (fandom)

Sering kali, para teori One Piece menduga jika sosok Nika dan Joy Boy adalah individu yang sama. Pertanyaanya kemudian adalah apa sebenarnya Sun God Nika? Siapa dia? Apakah dia adalah Joy Boy?

Mengapa ada buah iblis yang kemudian memiliki nama Nika? Teori One Piece lainnya juga menyebutkan jika Nika bisa jadi adalah sosok yang berbeda dari Joy Boy.

Sun God Nika kemungkinan adalah sosok mitologi lainnya, yang bahkan berasal dari jauh sebelum era abad yang hilang muncul dan sebelum era buah iblis.

Hal ini karena sosok Joy Boy yang berasal dari era abad yang hilang sudah memiliki kekuatan buah iblis Nika. Ini juga kemungkinan berkaitan dengan asal-usul buah iblis yang bisa jadi berasal dari abad yang hilang atau sebelum abad yang hilang.

Pasalnya, jika buah iblis muncul setelah abad yang hilang, Vegapunk tentu tidak akan berusaha untuk menciptakan ulang buah iblis. Di sisi lain, kita melihat Kozuki Toki yang berasal dari abad yang hilang, di mana dia memiliki kekuatan buah iblis untuk bisa pergi ke era 20 tahun yang lalu sebelum serinya mulai. Ini juga yang menjadi dasar bahwa kemungkinan Joy Boy dari abad yang hilang merupakan pemakan buah iblis Nika.

Jika Joy Boy bukan Nika, lalu siapa sebenarnya Nika? Kemungkinan dia adalah sosok atau makhluk yang sangat luar biasa seperti tuhan (godlike being) yang memiliki kekuatan dahsyat seperti yang kita lihat dalam Gear 5 Luffy.

Dia memiliki penampilan serba putih, mampu merubah sekitarnya menjadi elastis, dan merupakan sosok yang paling bebas di dunia. Kemungkinan, awan putih yang mengelilingi Luffy saat menggunakan Gear 5 adalah jiwa dari Nika.

Hal ini bisa kita lihat bagaimana teknik milik Soul King Brook dan juga jiwa-jiwa yang Big Mom ambil memiliki bentuk seperti awan. Ketika kemudian Luffy menggunakan Gear 5, maka dia akan berubah menjadi sosok Nika tersebut.

Namun, untuk saat ini semua tentang Sun God Nika dan Joy Boy masih menjadi sebuah misteri besar. Namun hal ini membuat fans tidak berhenti membuat teori One Piece untuk membahas sosok tersebut. (Depok.suara.com)

Berita Terkait
TERKINI

Itachi Uchiha adalah informan Jiraiya untuk mendapatkan informasi dari Organisasi Akatsuki....

geek | 11:28 WIB

Bukan hanya angkatan laut, cek apa saja kekuatan terbesar Pemerintah Dunia di One Piece....

geek | 12:01 WIB

Berikut adalah lima rekomendasi anime yang bisa kamu tonton saat libur Idul Adha....

geek | 19:53 WIB

Berikut ini adalah 5 kekuatan Pemerintah Dunia yang mungkin belum kamu ketahui. Dijamin bikin fandom kaget dibuatnya....

geek | 18:26 WIB

Mari kita lihat beberapa fakta menarik tentang serial Secret Invasion di bawah ini....

geek | 14:49 WIB

Suzume no Tojimari merupakan anime yang dirilis pada tahun 2022 dan diproduksi oleh CoMix Wave Films....

geek | 12:58 WIB

Tersedia dalam subtitle Indonesia, gunakan link nonton Black Clover Sword of the Wizard King ini....

geek | 14:39 WIB

Berdasarkan MBTI, cek siapa karakter Demon Slayer yang memiliki kepribadian mirip kamu....

geek | 10:16 WIB

Berikut adalah link nonton anime Slam Dunk the Movie, cocok buat yang ketinggalan nggak nonton di bioskop....

geek | 15:57 WIB

Lagi heboh di kalangan penggemar jika ternyata Nami punya hubungan "spesial" dengan Im Sama. Seberapa dekat dan serius h...

geek | 09:07 WIB

Berikut adalah cara nembak gebetan pakai bahasa Jepang-nya "Aku cinta kamu"....

geek | 19:58 WIB

Im Sama diketahui telah hidup sampai 800 tahun lamanya, apa rahasia keabadian karakter One Piece ini?...

geek | 15:50 WIB

Dapatkan link nonton Demon Slayer: Kimetsu No Yaiba Swordsmith Village Arc episode terbaru di sini....

geek | 15:00 WIB

Berikut adalah lima karakter kuat di anime Naruto yang banyak terbantu di pertempuran akibat kecerdasannya....

geek | 13:20 WIB

Bagi yang ingin menonton serial anime ini, berikut link nonton One Piece Eps 1066 lengkap dengan sub Indonesia....

geek | 16:52 WIB

Simak apa yang diungkap dalam Spoiler One Piece 1087 ini? Apakah hubungan Im Sama dan Gorosei dengan Buah Iblis?...

geek | 14:49 WIB

Mulai diungkap banyak informasi terbaru, cek kapan One Piece Live Action tayang di Netflix....

geek | 13:31 WIB

Berikut adalah sederet anime yang cocok ditonton saat bersantai dengan genre isekai....

geek | 10:55 WIB
Tampilkan lebih banyak