One Piece: Apakah Monkey D Binks Adalah Joy Boy Pertama? Siapanya Luffy?

Siapa Monkey D Binks yang disebut-sebut sebagai Joy Boy pertama ini?

Agung Pratnyawan
Kamis, 20 Oktober 2022 | 10:47 WIB
One Piece - Luffy.(Toei Animation)

One Piece - Luffy.(Toei Animation)

Hitekno.com - Muncul teori One Piece baru yang mengklaim kalau Monkey D Binks adalah sosok Joy Boy pertama. Siapa Monkey D Binks dan apa hubungannya dengan Monkey D Luffy?

Sosok Joy Boy memang masih menjadi misteri di dunia One Piece. Belum diungkap wujudnya dan siapa dia sebenarnya.  Namun Eiichiro Oda sang kreator One Piece sudah memberikan beberapa petunjuk sosok Joy Boy dalam manga ini.

Dari sana munculah berbagai teori One Piece dari fans yang mengupas soal Joy Boy. Seperti paling baru diklaim kalau sosok Joy Boy pertama adalah Monkey D Binks.

Baca Juga: Fakta Menarik Joy Boy Bukan Joyoboyo, Penemu Harta Karun One Piece?

Catatan Sejarah Joy Boy

One Piece - Road Poneglyph. (fandom)
One Piece - Road Poneglyph. (fandom)

Namanya sempat kembali muncul dalam kilas balik Kozuki Oden di arc Wano. Saat itu, Roger membaca Poneglyph yang ada di Laugh Tale. Dia pun hanya tertawa sambil berkata bahwa dia berharap bisa hidup di zaman yang sama dengan Joy Boy.

Nama Joy Boy juga sempat muncul dalam Poneglyph yang ada di pulau manusia ikan. Dalam Poneglyph tersebut tertulis bahwa Joy Boy meminta maaf karena gagal untuk memenuhi janjinya kepada para manusia ikan.

Baca Juga: One Piece: 3 Senjata Kuno Era Joy Boy

Selain sosok penting bagi sejarah pulau manusia ikan, Joy Boy juga merupakan sosok penting ketika era abad yang hilang. Banyak spekulasi yang mengatakan bahwa Joy Boy merupakan raja dunia pada saat itu.

Sehingga, banyak teori yang bermunculan tentang sosok Joy Boy, karena memang sampai saat ini sosoknya masih sangat misterius dan sangat sedikit informasi yang diketahui.

Salah satu yang cukup banyak diperbincangkan para fans sendiri adalah siapa sebenarnya Joy Boy pertama. Dan terkait hal ini, terdapat sebuah teori liar yang menyebutkan jika Joy Boy pertama berasal dari klan Monkey.

Baca Juga: One Piece: Siapa Nika, Apakah Dia Joy Boy?

Klan Monkey Berasal Dari Suku Minks?

One Piece - Will of D - Monkey D Luffy, Monkey D Dragon, Monkey D Garp. (fandom)
One Piece - Will of D - Monkey D Luffy, Monkey D Dragon, Monkey D Garp. (fandom)

Teori One Piece ini berasal dari salah satu akun YouTube yang biasa membahas mengenai teori One Piece, Devil No Mi. Menurut teorinya, klan Monkey kemungkinan berasal dari suku Minks. Hal ini berdasarkan fakta yang pernah Wanda ucapkan mengenai suku Minks.

Menurutnya, suku Minks sangat bangga dengan diri mereka terutama bulu-bulu mereka. Sedangkan, dari perspektif mereka, manusia merupakan monyet atau kera yang tidak memiliki banyak bulu.

Baca Juga: Ramai Joy Boy di One Piece, Teori Fans Singgung Raja Joyoboyo

Teori One Piece ini juga menyebutkan jika evolusi kecerdasan inilah yang membuat Suku Mink seperti sekarang. Pada zaman dahulu, suku Minks hanyalah hewan biasa seperti halnya Chopper. Namun, evolusi kemudian terjadi. Selain tubuh, kecerdasan mereka juga berkembang.

Ketika hewan lainnya berkembang dan berevolusi seperti yang kita lihat sekarang, lain halnya dengan hewan kera tersebut. Kemungkinan Eiichiro Oda mengadaptasi teori evolusi yang sangat populer dan kontroversial, yaitu teori Darwin.

Dalam teorinya dijelaskan jika manusia berasal dari kera yang kemudian berevolusi. Ini juga yang kemudian menjadi dasar spekulasi terbentuknya klan Monkey.

Menurut teorinya, para kera sering mendapatkan diskriminasi dari hewan lainnya. Hal ini pun pernah Eiichiro Oda perlihatkan dari sosok Chopper, yang dikucilkan dari rusa lainnya karena memiliki bentuk yang berbeda.

Lelah dengan semua diskriminasi tersebut, dia pun berusaha untuk bisa terbebas dan menghapuskan hal tersebut. Inilah yang kemudian menjadi cikal bakal terbentuknya klan Monkey, di mana mereka selalu menginginkan kebebasan.

Siapa Joy Boy Pertama?

One Piece - Monkey D Luffy Gear 5. (fandom)
One Piece - Monkey D Luffy Gear 5. (fandom)

Seperti yang disebutkan di poin atas, para kera atau evolusi dari para kera tersebut berubah menjadi manusia. Kemudian, mereka membentuk klan Monkey.

Para klan Monkey ini sering kali berusaha untuk bisa membebaskan diri dari diskriminasi yang ada. Mereka ingin semuanya setara dan tidak ada lagi perbedaan. Semua upaya mereka lakukan, namun satu orang dianggap lebih mencolok dari yang lain.

Lalu, siapa sosok tersebut? Ada kemungkinan nama dari Joy Boy pertama itu adalah Monkey D Binks. Spekulasi ini berdasarkan lagu fenomenal yang ada di cerita One Piece yaitu Sake Binks.

Dalam salah satu liriknya dijelaskan bahwa ada sosok bernama Binks, yang mana sake tersebut kemudian diantarkan khusus untuknya. Nama Binks kemungkinan adalah sosok yang terkenal dan luar biasa di masa lalu.

Monkey D Binks berusaha untuk mewujudkan mimpinya, namun upayanya harus terhenti karena gabungan 20 kerajaan yang ada. Kegagalan ini yang membuatnya kemudian menuliskan permintaan maaf kepada ras manusia ikan, dan juga menceritakan apa yang terjadi. Tujuannya tidak lain adalah agar ada orang atau pihak yang kemudian meneruskan tekadnya tersebut.

One Piece Jadi Warisan Joy Boy

One Piece - Laugh Tale atau Raftel. (fandom)
One Piece - Laugh Tale atau Raftel. (fandom)

Lalu, 800 tahun kemudian dunia pun menunggu untuk kemunculan sosok Joy Boy yang baru. Mereka menantikan apakah akan ada sosok lain yang akan tekad dari Monkey D Binks.

Ternyata, tanpa disadari Monkey D Luffy kemudian menjadi pewaris selanjutnya dari Joy Boy. Hal ini bahkan dikonfirmasi langsung oleh pihak-pihak yang pernah bersinggungan dengan Joy Boy pertama, misalnya Zunesha.

Dalam arc Wano terungkap bahwa Luffy merupakan sosok Joy Boy yang baru. Luffy adalah sosok yang orang-orang nantikan kemunculannya sejak 800 tahun yang lalu, untuk melanjutkan apa Joy Boy sebelumnya gagal untuk lakukan.

Menariknya adalah, terdapat spekulasi juga di kalangan fans jika mimpi besar Luffy adalah menyatukan semua ras yang ada di dunia untuk bisa hidup berdampingan.

Hal ini tentunya sejalan dengan apa yang menjadi mimpi Binks sebelumnya, yang mana rasanya kemudian masuk akal jika Luffy merupakan penerus dari Joy Boy alias Binks.

Para fans pun tentunya sangat menantikan bagaimana aksi Luffy untuk kemudian mewujudkan mimpi besar Binks tersebut. Di sisi lain, hal ini juga seolah mengonfirmasi satu hal bahwa Joy Boy bukanlah sebuah nama melainkan titel.

Joy Boy merupakan sebuah gelar yang orang-orang berikan seperti kepada sosok Binks, di mana dia berusaha membawa perubahan besar ke seluruh dunia.

Caranya adalah dengan menghapus diskriminasi dan membuat agar semuanya bisa setara. Sosok tersebut juga menjadi pembawa keceriaan dan tawa bagi dunia.

Itulah toeri One Piece soal Monkey D Binks yang disebut-sebut sebagai Joy Boy pertama. Sosok besar klan Monkey alias leluhur Monkey D Luffy. (Depok.suara.com)

Berita Terkait
TERKINI

Itachi Uchiha adalah informan Jiraiya untuk mendapatkan informasi dari Organisasi Akatsuki....

geek | 11:28 WIB

Bukan hanya angkatan laut, cek apa saja kekuatan terbesar Pemerintah Dunia di One Piece....

geek | 12:01 WIB

Berikut adalah lima rekomendasi anime yang bisa kamu tonton saat libur Idul Adha....

geek | 19:53 WIB

Berikut ini adalah 5 kekuatan Pemerintah Dunia yang mungkin belum kamu ketahui. Dijamin bikin fandom kaget dibuatnya....

geek | 18:26 WIB

Mari kita lihat beberapa fakta menarik tentang serial Secret Invasion di bawah ini....

geek | 14:49 WIB

Suzume no Tojimari merupakan anime yang dirilis pada tahun 2022 dan diproduksi oleh CoMix Wave Films....

geek | 12:58 WIB

Tersedia dalam subtitle Indonesia, gunakan link nonton Black Clover Sword of the Wizard King ini....

geek | 14:39 WIB

Berdasarkan MBTI, cek siapa karakter Demon Slayer yang memiliki kepribadian mirip kamu....

geek | 10:16 WIB

Berikut adalah link nonton anime Slam Dunk the Movie, cocok buat yang ketinggalan nggak nonton di bioskop....

geek | 15:57 WIB

Lagi heboh di kalangan penggemar jika ternyata Nami punya hubungan "spesial" dengan Im Sama. Seberapa dekat dan serius h...

geek | 09:07 WIB

Berikut adalah cara nembak gebetan pakai bahasa Jepang-nya "Aku cinta kamu"....

geek | 19:58 WIB

Im Sama diketahui telah hidup sampai 800 tahun lamanya, apa rahasia keabadian karakter One Piece ini?...

geek | 15:50 WIB

Dapatkan link nonton Demon Slayer: Kimetsu No Yaiba Swordsmith Village Arc episode terbaru di sini....

geek | 15:00 WIB

Berikut adalah lima karakter kuat di anime Naruto yang banyak terbantu di pertempuran akibat kecerdasannya....

geek | 13:20 WIB

Bagi yang ingin menonton serial anime ini, berikut link nonton One Piece Eps 1066 lengkap dengan sub Indonesia....

geek | 16:52 WIB

Simak apa yang diungkap dalam Spoiler One Piece 1087 ini? Apakah hubungan Im Sama dan Gorosei dengan Buah Iblis?...

geek | 14:49 WIB

Mulai diungkap banyak informasi terbaru, cek kapan One Piece Live Action tayang di Netflix....

geek | 13:31 WIB

Berikut adalah sederet anime yang cocok ditonton saat bersantai dengan genre isekai....

geek | 10:55 WIB
Tampilkan lebih banyak