Gempa Megathrust dan Tsunami 20 Meter di Selatan Jawa Bukan Mitos, Begini Kata Peneliti

Peneliti memaparkan bahwa berdasarkan catatan sejarah, hal ini pernah terjadi di masa lampau.

Cesar Uji Tawakal
Rabu, 28 September 2022 | 10:00 WIB
Ilustrasi tsunami. (Pixabay)

Ilustrasi tsunami. (Pixabay)

Hitekno.com - Kajian terkait kegempaan di laut selatan Jawa menyimpulkan adanya potensi gempa megathrust berkekuatan 8,8 SR yang disebut mampu menimbulkan tsunami setinggi 20 meter.

Dilansir dari Suarapurwokerto.id, kajian tersebut antara lain dilakukan Dr Ing Widjo Kongko. Ia mulai dikenal luas kala menyampaikan hasil penelitian potensi tsunami di selatan Pulau Jawa bagian barat itu.

Baca Juga: - Martabak Dijual Rp 160 Ribuan di Belanda, Netizen Salfok Lihat Antrean Para Bule Ini - Cara COD Tokopedia, Panduan Lengkap untuk Penjual dan Pembeli, Simak di Sini - Spesifikasi Xiaomi Civi 2: Bawa Kamera Selfie Ganda 32 MP dan Snapdragon 7 Gen 1

Perekayasa di Balai Teknologi Infrastruktur Pelabuhan dan Dinamika Pantai Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) ini merancang pemodelan bencana yang berfokus ke daerah Selatan Jawa. Dari permodelan tersebut, ia mendapat temuan adanya potensi gempa bermagnitudo 8,8 dan tsunami dengan tinggi 20 meter.

Potensi megathrust dan tsunami besar ini makin meyakinkan dengan adanya dukungan dari data sains dan sejarah. Menurut permodelan ini, peneliti tsunami purba dari LIPI, Eko Yulianto bahkan mendapat temuan terkait apa yang diyakini sebagai lapisan tsunami sekitar 400 tahun yang lalu di Selatan Jawa.

Foto pulau Jawa dan Bali dari luar angkasa. (NASA)
Foto pulau Jawa dan Bali dari luar angkasa. (NASA)

“Ada teman yang ahli Paleotsunami. Pak Eko melakukan survei dan mengambil sampel material organiknya, dan di dating menggunakan sistem karbon. Diketahui umurnya ada yang 1.000 tahun, 500 tahun, dan sebagainya” kata pria kelahiran Banyumas 1967 itu.

Peristiwa tsunami pada masa lalu, menurut Widjo, juga terdokumentasi dalam beberapa manuskrip kuno. Salah satunya seperti yang tercantum dalam tembang/sekar mocopat Serat Srinata. Manuskrip-manuskrip tersebut menurutnya patut diteliti lebih mendalam secara saintis.

“Hal ini penting agar kearifan lokal ini menjadi pertimbangan pemerintah untuk merumuskan mitigasi bencana yang baik bagi suatu daerah,” ujar Widjo saat berkunjung ke kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Cilacap, Kamis 22 September 2022 untuk berbagi kisah mengenai pengalamannya mengkaji berbagai permodelan tsunami.

Pria yang pernah menjadi peneliti senior pada Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) ini menjelaskan, zona megathrust bukanlah hal baru karena sudah ada saat terbentuknya rangkaian busur kepulauan Indonesia jutaan tahun lalu.

Tak hanya di selatan Jawa, zona megathrust sendiri berada di berbagai zona subduksi aktif yang meliputi subduksi Sunda mencakup Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, dan Sumba. Ada pula Subduksi Banda, Subduksi Lempeng Laut Maluku, Subduksi Sulawesi, Subduksi Lempeng Laut Filipina dan Subduksi Utara Papua.

Widjo menyarankan, pemerintah perlu memperbaiki sistem peringatan dini tsunami, terutama untuk tsunami non tektonik. Ia juga menggarisbawahi mitigasi bencana terpadu untuk mengurangi dampak dan risiko yang timbul. Di sisi lain, media juga harus membuat pemberitaan yang proporsional untuk mengedukasi masyarakat.

“Bagaimanapun kita harus selalu siap. Potensi tetap ada. Tidak perlu panik, tapi kita perlu tumbuhkan kembali kearifan lokal untuk membuat program literasi dan mitigasi untuk evakuasi mandiri,” ujarnya.

Namun tak semua orang merespons temuannya secara positif. Alih-alih mengantisipasi dengan kesiapsiagaan, kajian tersebut malah dinilai meresahkan hingga berujung ke laporan kekepolisian. Namun semua ia hadapi dengan data dan kajian ilmiah.

 

Afan Dirga/purwokerto.suara.com

Berita Terkait

TERKINI

Lagunya banyak yang suka, khususnya pencinta musik Jepang, berikut adalah sekilas fakta-fakta tentang Yoasobi.
geek | 16:09 WIB
Gadis cantik ini tampil dengan dandanan dan pakaian yang mirip dengan ibu Anya Forger serta istri dari Loid Forger yaitu Yor Forger.
geek | 15:12 WIB
Cari anime romance dewasa dengan kisah asmara tak biasa? Cek rekomendasi anime ini.
geek | 15:01 WIB
Salah satu karakter One Piece terkuat, bagiamana Silvers Rayleigh bisa mendapatkan luka di mata kanannya?
geek | 13:35 WIB
Lebih kuat dari sebelumnya, kekuat baru apa yang dimiliki Rob Lucci untuk melawan Luffy?
geek | 13:04 WIB
Berikut adalah sederet anime bertema sepak bola yang layak ditonton sebagai alternatif Kapten Tsubasa. Apa saja?
geek | 12:04 WIB
Berikut adalah sederet quote dari Tsubasa Ozora, nggak cuma "bola adalah teman,".
geek | 16:54 WIB
"Dia kalau di Isekai, fix wanita tercantik," kata netizen.
geek | 21:40 WIB
Ternyata ada dosa-dosa Hiruzen Sarutobi yang berujung menyengsarakan warga Konoha.
geek | 12:19 WIB
Mengapa Itachi harus repot-repot membuat adiknya membencinya? Ternyata ini asal sebabnya.
geek | 18:00 WIB
Banyak yang salah mengira bahwa klan Uchiha lebih kuat dari Uzumaki, tapi faktanya tak demikian. Kok bisa?
geek | 15:50 WIB
Spoiler One Piece 1069 ini mengklaim akan adanya rahasia Rocks D Xebec yang terungkap.
geek | 15:10 WIB
Ternyata Buah Iblis juga ada penangkalnya lho. Berikut adalah senjata anti-buah iblis di One Piece yang mungkin belum kamu tahu.
geek | 13:59 WIB
Deretan tokoh anime ini punya banyak potensi yang bisa bikin cerita makin menarik, tapi gagal terdelivery dengan baik pada cerita masing-masing. Siapa saja selain Sakura?
geek | 13:51 WIB
Daftar nama karakter Tokyo Revengers ini mencapai puluhan, cocok untuk kamu yang mengikuti anime dan manga ini.
geek | 13:34 WIB
Isagi Yoichi, Bachira Meguru, atau Kunigami Rensuke. Siapa striker terbaik dan terkuat di Blue Lock.
geek | 10:59 WIB
Lihat bagaimana Jepang mencetak gol di gawang Spanyol, ternyata mirip apa yang ada di anime Blue Lock.
geek | 10:30 WIB
Pertemuan Luffy dan Rob Lucci menjadi sorotan utama spoiler One Piece 1069.
geek | 08:25 WIB
Tampilkan lebih banyak