Geek

5 Tokoh Anime Sadboy yang Kisahnya Bikin Nyesek, Mana Favoritmu?

Berikut ini adalah lima karakter anime paling sadboy sepanjang sejarah yang mungkin sedang kamu cari.

Cesar Uji Tawakal

Shigatsu Wa Kimi No Uso - Your Lie in April. (fandom)
Shigatsu Wa Kimi No Uso - Your Lie in April. (fandom)

Hitekno.com - Ya, dunia anime memang selalu ada-ada saja. Studio selalu punya ide tentang bagaimana membentuk karakter agar bisa merepresentasikan manusia asli.

Di dunia nyata, istilah sadboy kerap didengar. Istilah ini merujuk pada orang yang memiliki kisah sedih yang berlangsung dalam waktu yang cukup lama.

Menariknya, banyak juga tokoh anime yang layak disebut sebagai sad boy, lho.

Berikut ini tim Hitekno.com telah merangkum lima karakter anime yang layak disebut sebagai sad boy.

1. Takashi Natsume (Buku Persahabatan Natsume)

Natsume's Book of Friends - Takashi Natsume. (ist.)
Natsume's Book of Friends - Takashi Natsume. (ist.)

Takashi tidak pernah menjalani kehidupan yang mudah. Sejak kecil, ia memiliki kemampuan untuk melihat makhluk halus, tetapi karena setiap kerabatnya menganggap ini aneh, sebagai seorang yatim piatu, ia terpaksa pindah dari satu tempat ke tempat lain. 

Akibat dari tumbuh dengan orang-orang yang benar-benar membencinya benar-benar mengubahnya sebagai pribadi dan dia tumbuh untuk membangun cangkang di sekelilingnya. 

Dia ingin diterima oleh anggota keluarganya dan dia juga ingin mendapatkan teman baru.

Akan tetapi ketika dia gagal melakukannya, dia kembali menutup diri sebagai upaya mengembalikan semangatnya lagi.

Namun, segalanya menjadi lebih baik baginya ketika dia menemukan "Book of Friends" milik neneknya. 

Bersama dengan Madara, roh kuat yang terperangkap dalam tubuh "Maneki meko", ia memulai perjalanan untuk membebaskan semua roh dalam buku harian neneknya. 

Ini tidak hanya membantunya mendapatkan teman baru, tetapi juga memberinya pelajaran hidup yang berharga. 

Seiring waktu, saat dia memberikan nama mereka kembali kepada roh, dia juga belajar untuk membuka diri kepada orang dan roh dengan berempati dengan mereka.

Pada akhirnya, dia menyadari bahwa sebagian dari orang tuanya akan selalu bersamanya dan dia tidak dapat mengubah fakta.

Meski dia yatim piatu, tapi dia masih bisa memilih untuk menjalani kehidupan yang lebih bahagia dengan bergerak maju dan tidak pernah melihat ke belakang pada kesedihannya lagi.

2. Shinichi Izumi (Parasyte)

Parasyte - Shinichi Izumi. (Fandom)
Parasyte - Shinichi Izumi. (Fandom)

Shinichi Izumi adalah karakter yang memiliki kehidupan remaja yang biasa sampai suatu hari, parasit memasuki tubuhnya dan mengambil alih tangan kanannya. 

Ini mengarah pada kolaborasi aneh antara dia dan parasit di mana keduanya mencoba untuk memiliki kontrol yang sama atas tubuhnya.

Meskipun dia masih berjuang untuk menghadapi makhluk aneh yang telah mengambil alih sebagian tubuhnya, Shinichi mencoba untuk bersikap positif tentang apa yang ada di depan. 

Dia bahkan menggunakan ini untuk keuntungannya dengan melawan parasit lain yang mencoba mengambil alih dunia.

Namun kepedihan Izumi tak berhenti sampai di situ. Saat orang tuanya pergi berlibur suatu hari dan saat itulah hidupnya berubah menjadi suram. 

Dia menerima telepon aneh dari ayahnya yang mengatakan kepadanya bahwa ibunya telah diambil alih oleh parasit. 

Ketika dia tiba di rumah, parasitnya, Migi, memperingatkannya bahwa itu bukan dia tetapi Shinichi tak peduli tentang peringatan tersebut.

Alhasil, ibunya sendiri mencoba membunuhnya tapi saat itulah Migi datang menyelamatkannya dan membunuh ibunya. 

Situasi traumatis ini meninggalkan dampak yang mendalam pada kehidupan Shinichi dan entah bagaimana untuk menebus semua ini, dia mencoba yang terbaik untuk menjadi pahlawan yang sangat dibutuhkan dunia. 

Meskipun dia menganggap semua kekalahannya sebagai motivasi untuk bertindak berani dan melindungi dunia, dia tidak pernah benar-benar bisa melupakan tragedi yang dia hadapi sebelumnya.

3. Shinji Ikari (Neon Genesis Evangelion)

Shinji Ikari - Neon Genesis Evangelion. (Fandom)
Shinji Ikari - Neon Genesis Evangelion. (Fandom)

Saat di mana umat manusia berada di ambang kepunahan, kamu pasti bisa mengharapkan banyak karakter depresi. 

Salah satunya, tentu saja, protagonis utama kita Shinji Ikari. Shinji tampaknya memiliki kehidupan yang sangat sederhana dan membosankan sampai suatu hari, ia dipaksa untuk bergabung dengan Nerv. 

Nerv pada dasarnya adalah sebuah organisasi yang telah merancang robot raksasa yang disebut Evangelions. 

Robot-robot ini mampu membunuh Malaikat yang perlahan-lahan mengambil alih dunia. 

Shinji terbukti menjadi pilot yang menjanjikan dari robot-robot ini dan diharapkan untuk menghadapi makhluk-makhluk gelap di usia yang sangat muda. 

Hal-hal menjadi lebih buruk ketika dia tiba di asosiasi dan harus menghadapi ayahnya yang telah meninggalkannya sebagai seorang anak. 

Bahkan setelah bertahun-tahun, ayahnya sama sekali tidak menunjukkan emosi padanya.

Hal ini membuat Shinji menyadari bahwa dia memang anak yang tidak diinginkan. 

Ketakutan akan pengabaian ini memiliki dampak yang mendalam pada hidupnya karena selalu menghentikannya untuk menciptakan ikatan yang mendalam dengan orang-orang. 

Shinji takut jika dia akhirnya terikat pada seseorang, dia akan kehilangan mereka lagi seperti dia kehilangan ayahnya sendiri.

Namun, kemudian, Shinji benar-benar percaya diri dan memutuskan untuk berteman dengan Kaworu Nagisa. 

Tapi ini tidak berakhir terlalu baik baginya karena dia menyadari bahwa Kaworu sebenarnya adalah seorang malaikat yang hanya memanfaatkannya selama ini.

Ketika satu-satunya sahabatnya, Toji Suzuhara, kemudian diambil alih oleh seorang malaikat, dia tidak punya pilihan lain selain membunuhnya sendiri. 

Meskipun Shinji selalu menjadi orang yang tertutup karena masa lalunya yang bermasalah, peristiwa inilah yang semakin menghancurkannya. 

Pada akhirnya, dia menyadari bahwa dia dikutuk oleh rasa tidak amannya sendiri dan meskipun ayahnya tidak peduli apakah dia hidup atau mati, dia masih mencari apa pun selain persetujuannya.

4. Tomoya Okazaki (Clannad After Story)

Clanad - Tomoya Okazaki. (Fandom)
Clanad - Tomoya Okazaki. (Fandom)

Tomoya Okazaki entah bagaimana tetap kuat setelah kehilangan istrinya, Nagisa, karena penyakit fatal. 

Dia melakukannya karena sekarang tanggung jawab membesarkan putrinya yang masih kecil sepenuhnya berada di pundaknya.

Tetapi setelah melalui begitu banyak hal menyakitkan, tragedi kembali datang kepadanya lagi ketika putrinya didiagnosis dengan penyakit aneh yang sama dengan istrinya. 

Untuk sesaat, seluruh dunianya mulai berantakan tetapi dia masih tetap kuat untuk putrinya.

Di suatu tempat jauh di lubuk hatinya dia berharap bisa menyelamatkannya. 

Tapi kondisinya semakin memburuk dari hari ke hari dan dia secara bertahap dipaksa untuk percaya bahwa dia sedang menuju nasib yang sama dengan istrinya.

Dia duduk di dekat jendela suatu hari dan menatap gurun yang dipenuhi salju yang dulunya adalah surga baginya. 

Saat itulah putrinya, Ushio, mengatakan kepadanya bahwa dia ingin melakukan perjalanan. 

Meskipun enggan pada awalnya, tapi Tomoya Okazaki tidak bisa mengatakan tidak pada purti kesayangannya itu.

Dia akhirnya setuju untuk mengajaknya jalan-jalan. Dan saat mereka mulai berjalan perlahan ke lanskap putih yang dipenuhi salju, langkah Ushio semakin berat. 

Tomoya mencoba menghentikannya berjalan tapi dia terus berjalan sampai dia ambruk di pelukannya dan mati. 

Ada batas jumlah penderitaan yang dapat diterima seseorang sebelum penderitaan itu benar-benar menghancurkannya. Untuk Tomoya, batas ini tercapai ketika putrinya sendiri mati di pelukannya.

Pada akhirnya, dia bahkan mulai mempertanyakan apakah keadaan akan jauh lebih baik jika dia tidak pernah bertemu Nagisa. Sementara jawabannya masih menjadi misteri, sebagai pemirsa, kita hanya bisa berharap bahwa pepatah “lebih baik mencintai dan kehilangan daripada tidak pernah mencintai sama sekali” akan menjadi kenyataan baginya.

5. Eren Yeager (Attack on Titan)

Attack on Titan - Eren Yeager. (fandom)
Attack on Titan - Eren Yeager. (fandom)

Akhir dari Attack on Titan musim ketiga menunjukkan betapa kacaunya Eren Yeager.

Eren tidak pernah memiliki kehidupan yang damai. Pada usia muda yang sangat sensitif, rumahnya sendiri hancur dan ibunya dimakan oleh para Titan tepat di depan matanya. 

Tapi alih-alih runtuh ke dalam kurungan tembok raksasa yang mengelilingi peradabannya, dia memilih untuk melawan dan mencari kebebasan. 

Dan meskipun rasa lapar akan kebebasan ini telah mendorongnya untuk menyelamatkan rakyatnya dari para Titan, semua itu bahkan tidak menjadi masalah pada akhirnya.

Eren pernah memiliki sifat kepahlawanan yang membuatnya percaya diri dan tidak akan menyerah sebelum membuahkan hasil. 

Namun, dia segera menyadari bahwa dia hidup di dunia di mana dia harus melepaskan kemanusiaannya sendiri untuk mencapai kebebasan. 

Jika dia entah bagaimana mencapai kebebasan yang dicari setelah menyerah pada semua yang dia hargai, akankah dia menganggap dirinya sukses? Akankah dia benar-benar bahagia? Poor sad boy Eren.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait