Geek

Dragon Ball: Mengapa Goku Tidak Menghidupkan Kembali Kakek Gohan?

Masih ada satu misteri di anime Dragon Ball yang membuat penggemar penasaran. Misteri tersebut berkaitan dengan alasan Goku yang tidak menghidupkan kembali Kakek Gohan.

Cesar Uji Tawakal

Dragon Ball - Goku. (fandom)
Dragon Ball - Goku. (fandom)

Hitekno.com - Padahal saat itu, Goku memiliki bola harapan yang bisa mengabulkan semua permintaannya.

Ya, ketika Dragon Ball pertama kali memperkenalkan penggemar pada bola harapan mistis, fans serial ini kagum dengan kemampuannya.

Dragon Balls bisa mengabulkan permintaan apapun, bahkan termasuk menghidupkan kembali seseorang yang telah mati.

Dengan demikian, banyak penggemar yang digiring untuk bertanya, mengapa Goku tidak pernah menghidupkan kembali Kakek Gohan?

Goku memiliki banyak kesempatan untuk mendoakan kakeknya kembali. Namun, dia tidak pernah membuat keinginan seperti itu. 

Ini lantaran di dunia Dragon Ball, ada sebuah aturan yang menyatakan bahwa seseorang tidak dapat dihidupkan kembali jika mereka telah meninggal karena sebab alami.

Ini tentu saja tidak berlaku untuk Gohan karena dia tak sengaja dibunuh oleh Goku dalam wujud keranya.

Mengapa Goku tidak menggunakan bla ajaibnya untuk membangkitkan kakek Gohan?

Dragon Ball - Ultra Instinct Goku. (HiTekno.com)
Dragon Ball - Ultra Instinct Goku. (HiTekno.com)

Jawabannya singkat saja, Goku tidak pernah menggunakan Dragon Balls untuk menghidupkan kembali Kakek Gohan karena Kakek Gohan sendiri memilih untuk tidak dihidupkan kembali.

Dia puas dengan waktunya di akhirat, dan diketahui bahwa Shenron tidak dapat menghidupkan kembali seseorang jika mereka tidak ingin dihidupkan kembali.

Goku bertemu dengan Kakek Gohan setelah kematiannya saat Peramal Baba Saga, di mana Goku, Krillin, Yamcha, Puar, dan Upa akan menghadapi pejuang Peramal Baba, salah satunya adalah Kakek Gohan, mengenakan topeng rubah.

Ketika Goku dan Kakek Gohan bertarung, mereka berimbang sampai Kakek Gohan memutuskan untuk mengambil kelemahan Goku, ekornya.

Ini diikuti oleh Goku yang dihantam oleh Kakeknya.

Sebelum dia pergi terlalu jauh, Kakek Gohan meminta maaf kepada Goku saat dia mengatakan kepadanya bagaimana dia ingin Goku berlatih lebih keras.

Dia mengungkapkan dirinya kepada Goku, menyebabkan reuni yang menyentuh antara keduanya.

Peramal Baba dan Gohan menjelaskan kepada Goku bagaimana Baba memiliki kekuatan untuk menghidupkan kembali seseorang untuk satu hari. 

Setelah ini, Bulma memberi tahu Gohan tentang keberadaan dan kekuatan Bola Naga. Saat itulah Kakek Gohan menyampaikan keinginannya untuk tidak dihidupkan kembali.

Mengapa Kakek Gohan tidak bisa dihidupkan kembali?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas kalau dunia Dragon Ball juga punya aturan.

Dragon Balls of Earth hanya dapat menghidupkan kembali seseorang yang mati belum ada satu tahun sejak tanggal kematiannya.

Pada awalnya, Goku tidak tahu tentang kekuatan Dragon Balls. Setelah kematian Kakek Gohan, dia hanya menyimpan bintang empat sebagai kenang-kenangan. 

Seiring berjalannya waktu, Goku menerima kabar kematian kakeknya jauh sebelum dia pertama kali bertemu Bulma.

Hanya setelah mereka berdua bertemu, Goku mengetahui tentang Shenron dan kekuatannya. 

Tapi saat itu, sudah cukup lama, membuatnya tampak logis bahwa lebih dari satu tahun pasti telah berlalu sejak kematian Kakek Gohan.

Juga, pada saat waralaba, orang-orang cukup menghormati orang mati, tidak seperti jumlah kebangkitan yang kita lihat selama sekuel.

Mengapa Goku tidak bertemu kakek Gohan di Dragon Ball Z?

Dragon Ball - Goku. (fandom)
Dragon Ball - Goku. (fandom)

Goku meninggal dua kali selama Dragon Ball Z. Hal ini menyebabkan banyak penggemar bertanya-tanya apakah Goku bertemu Kakek Gohan selama salah satu waktunya di akhirat. 

Setelah kematian pertamanya, Goku bermaksud untuk kembali lebih kuat untuk menghadapi Saiyan yang mendekati Bumi. Jadi dia fokus untuk mencapai planet Raja Kai dan mulai berlatih.

Sedangkan pada kematiannya yang kedua, terjadi time skip sekitar tujuh tahun. 

Meskipun tidak diperlihatkan kepada kita baik di manga atau anime, kita dapat menganggap bahwa Goku pasti telah bertemu Kakek Gohan saat itu dan mungkin Kakek Gohan mengatakan jika dia tak mau dihidupkan lagi.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait