Geek

One Piece: Alasan Terbentuknya Organisasi Cross Guild

Buggy bukan pendiri Cross Guild, ternyata ada karakter One Piece ini yang memulainya.

Agung Pratnyawan

One Piece - Cross Guild. (fandom)
One Piece - Cross Guild. (fandom)

Hitekno.com - Berikut ini beragam prediksi penggemar tentang alasan terbentuknya organisasi Cross Guild, benarkah untuk misi balas dendam? Cross Guild beranggotakan sosok-sosok penting di One Piece.

Sejak manga One Piece chapter 1056 kemarin, organisasi Cross Guild terus menerus menjadi perhatian penggemar. Namun apa alasan terbentuknya organisasi Cross Guild di One Piece ini?

Organisasi ini didirikan oleh Crocodile dan Dracule Mihawk sebelum akhirnya Buggy juga ikut bergabung. Menariknya Buggy malah mengaku-mengaku sebagai pemimpin Cross Guild.

Yang menarik dari organisasi ini adalah bagaimana World Government menganggap Buggy, Yonko baru, sebagai pemimpin organisasi tersebut.

Padahal, seperti yang terungkap di One Piece chapter 1058 kemarin, organisasi Cross Guild awalnya terbentuk berkat ide Crocodile. 

Awalnya Crocodile dan Mihawk marah pada Buggy. Namun, kini keduanya memanfaatkan keadaan Buggy agar Crocodile dan Mihawk bisa leluasa bergerak untuk mencapai tujuannya.

Selain anggotanya, belum banyak yang bisa diketahui tentang organisasi ini.

Namun menurut teori terbaru, Cross Guild dibentuk dalam misi balas dendam. Benarkah demikian?

Rencana Balas Dendam

One Piece - Organisasi Cross Guild. (fandom)
One Piece - Organisasi Cross Guild. (fandom)

Yang diketahui selama ini, organisasi Cross Guild mengincar nyawa Angkatan Laut. Bahkan mereka telah memberikan harga untuk beberapa tokoh Angkatan Laut.

Ini tentu menjadi sesuatu yang sangat luar biasa di dunia One Piece, karena hal yang seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya.

Biasanya, para perompaklah yang mendapatkan hadiah. Berbicara tentang bajak laut dan bounty, ini juga bisa menjadi motivasi terbentuknya organisasi Cross Guild.

Ada kemungkinan Crocodile ingin membalas dendam atas apa yang telah Angkatan Laut lakukan kepada para bajak laut, terutama pada dirinya.

Dia memiliki dendam terhadap angkatan laut dengan bagaimana posisinya sebagai Shichibukai harus dilepaskan setelah peristiwa Alabasta.

Dengan semua hal yang telah Angkatan Laut lakukan padanya dan bajak laut, dan bagaimana Crocodile bukan lagi Shichibukai, mungkin dia berpikir untuk mulai membalas dendam pada mereka semua.

Bagaimana caranya? Tentu saja dengan mengumpulkan berbagai kekuatan dahsyat yang ada di lautan. Salah satunya adalah Dracule Mihawk.

Ada alasan menarik kenapa Crocodile kemudian mengajak Mihawk secara khusus untuk bergabung dengan Cross Guild. Kedua karakter One Piece ini jadi cikal bakal organisasi Cross Guild.

Terungkap di One Piece chapter 1058 kemarin bahwa ternyata Mihawk dulu punya julukan "Navy Hunter." 

Masih belum ada informasi apa arti nama panggilan Mihawk. Yang pasti sepertinya Mihawk sudah sering berburu angkatan laut di masa lalu.

Ingin Membuat Kekacauan Dunia?

One Piece - anggota Cross Guild. (fandom)
One Piece - anggota Cross Guild. (fandom)

Selain menjadi ajang balas dendam, mungkin ada spekulasi lain mengapa Crocodile kemudian membentuk organisasi Cross Guild.

Spekulasinya sendiri adalah bahwa Crocodile mungkin ingin menciptakan kekacauan di dunia.

Crocodile itu cerdas dan manipulatif. Dia mampu memanipulasi orang-orang yang dia inginkan untuk menjalankan semua misinya.

Lalu, mengapa dia ingin membuat kekacauan di dunia? Kemungkinan pertama, Crocodile ingin menguasai banyak wilayah di dunia.

Dengan angkatan laut, hal ini tentu tidak akan terwujud. Dia tidak bisa menghancurkan mereka sendirian, dan karena itulah Crocodile membentuk Cross Guild untuk mengumpulkan kekuatan dan pasukan untuk menghancurkan angkatan laut.

Kemungkinan lain adalah dia ingin melanjutkan misi lamanya, yaitu menemukan Pluton yang saat ini masih tersembunyi di Wano.

Itulah alasan terbentuknya organisasi Cross Guild yang memegang peran penting dalam manga One Piece akhir-akhir ini.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait