Geek

One Piece: Apakah Mihawk Lebih Kuat dari Shanks?

Siapa yang lebih kuat? Shanks dengan Haki penakluknya, atau Mihawk dengan keahlian pedangnya?

Agung Pratnyawan

One Piece - Shanks dan Mihawk. (fandom)
One Piece - Shanks dan Mihawk. (fandom)

Hitekno.com - Shanks dan Mihawk adalah dua karakter paling kuat di dunia One Piece. Dikenal sebagai petarung legendaris, kedua karakter One Piece ini memiliki sejarah yang dalam satu sama lain. Di Era Bajak Laut Hebat, mereka terlibat dalam duel konstan satu sama lain dan pertempuran mereka dikenal legendaris.

Hal itu juga yang membuat mereka menjadi saingan yang cukup kuat. Sayangnya, persaingan berakhir setelah Shanks kehilangan lengan kirinya. Namun, sejak itu, dia menjadi lebih kuat dan mendapatkan posisi Yonko. Mihawk, di sisi lain, akhirnya menjadi salah satu dari Tujuh Panglima Perang Laut.

Mengikuti Reverie baru-baru ini, dia sekarang menjadi bajak laut yang diburu dan anggota organisasi Buggy, Cross Guild. Pada One Piece chapter 1058 memberi penggemar sedikit lebih banyak informasi tentang Hawkeyes yang legendaris. Dalam bab ini, ilmu pedangnya dipuji lebih baik daripada Shanks.

Ini, menimbulkan pertanyaan di kalangan penggemar tentang siapa yang lebih kuat di antara keduanya. Apakah Mihawk lebih kuat dari Shanks, atau malah sebaliknya?

Berikut penjelasan siapa yang lebih kuat antara Shanks dan Mihawk yang Tim HiTekno.com lansir dari Gamerant untuk kamu.

Bounties Shanks dan Mihawk

One Piece - Shanks dan Mihawk. (HiTekno.com))
One Piece - Shanks dan Mihawk. (HiTekno.com))

Baik Shanks dan Mihawk adalah bajak laut yang sangat kuat dan telah membesarkan nama mereka sendiri. Keduanya memiliki bounty yang sangat tinggi. Shanks memiliki bounty 4.048.900.000 berry, yang diperkenalkan kepada para penggemar di One Piece 957, berjudul "Ultimate."

Shanks tentu saja seorang petarung yang luar biasa. Baru-baru bounty Mihawk terungkap menjadi 3.590.000.000 berry. Meskipun begitu, penggemar tahu bahwa bounty bukanlah indikasi kekuatan yang tepat. Mihawk memiliki bounty yang lebih rendah tidak berarti dia lebih lemah.

Ilmu Pedang Mihawk

One Piece - Dracule Mihawk. (fandom)
One Piece - Dracule Mihawk. (fandom)

Mihawk memegang gelar "Pendekar Pedang Terhebat di Dunia" dan, dengan demikian, tidak diragukan lagi bahwa keterampilan pedangnya lebih unggul daripada Shanks. Ini, sekali lagi, diangkat di One Piece 1058 di mana dia secara khusus dibandingkan dengan Shanks. Menurut Brannew, keterampilan pedang Mihawk diketahui melebihi Shanks.

Karena itu, dalam hal ilmu pedang saja, Mihawk tentu lebih baik. Namun, bukan berarti Mihawk lebih kuat dari Shanks. Bagaimanapun, ilmu pedang adalah seni dan Mihawk unggul di dalamnya. Gaya bertarung Shanks belum terlihat di One Piece sejauh ini.

Haki Shanks

One Piece - Shanks. (IMDB)
One Piece - Shanks. (IMDB)

Kekuatan terbesar Shanks adalah Haki Penakluknya yang kuat. Oda berulang kali menggoda kekuatan luar biasa miliknya. Ketika dia tiba di kapal Shirohige, kekuatannya terlihat dan bahkan orang-orang seperti Jozu dan Shirohige, memujinya. Di Marineford, Shanks berhasil mengintimidasi semua orang.

Di One Piece: Film Red, Haki Penakluk Shanks menakuti dua Laksamana pada saat yang sama dan melumpuhkan Wakil Laksamana Angkatan Laut. Shanks terlihat memiliki kemampuan untuk mengarahkan Haki Penakluknya ke arah seseorang dari jarak yang sangat jauh. Jelas, Shanks memiliki kekuatan yang tidak berhubungan dengan ilmu pedang.

Dengan menyalurkan Haki Penakluk dari jarak yang sangat jauh menggunakan pedangnya, atau melakukan hal-hal seperti menghentikan lawannya menggunakan Haki Observasi, Shanks menjadi petarung dengan gaya yang sangat berbeda. Meskipun dia memang membawa pedang dan bahkan menggunakannya dalam pertempuran, Shanks belum tentu seorang pendekar pedang.

Dengan demikian, Mihawk dapat memiliki keterampilan ilmu pedang yang lebih besar daripada Yonko Shanks dan masih lebih lemah darinya. Penggambaran itu menunjukkan mereka imbang dalam hal kekuatan, namun Shanks kemungkinan memiliki keunggulan atas Mihawk. Shanks masih diperkirakan lebih kuat dari Mihawk, namun perbedaan kekuatan antara keduanya tidak akan terlalu jauh.

Itulah pembahasan apakah Mihawk lebih kuat dari Shanks sampai sejauh ini. Meski begitu, dua karakter One Piece ini tergolong yang terkuat di bandingkan bajak laut lainnya.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait