Geek

Spoiler Alert! Ini Penjelasan Ending Weathering With You

Weathering With You, memiliki ending yang mengagumkan. Namun tak sedikit yang bingung soal film Makoto Shinkai tersebut.

Agung Pratnyawan

Weathering With You. (IMDB)
Weathering With You. (IMDB)

Hitekno.com - Para penggemar anime tentu sudah tidak asing lagi dengan sutradara ikonik, Makoto Shinkai. Sutradara anime movie atau film ternama, salah satu karyanya adalah Weathering With You yang sukses besar.

Makoto Shinkai telah menghasilkan banyak anime movie atau film terkenal seperti 5 Centimeters per Second, Garden of Words, dan Your Name, dan masih banyak lagi. Karya terbarunya, Weathering With You sukses besar dan mendapatkan respon positif dari para penggemar.

Namun sayangnya tidak semua penonton dan penggemar Makoto Shinkai bisa memahami ending Weathering With You yang cukup berat.

Weathering With You juga dianggap memiliki ending yang mengesankan. Sebelum membahas tentang ending dari Weathering With You, pastikan kamu sudah menontonnya terlebih dahulu. Sebab artikel ini terdapat banyak spoiler jika kamu belum menontonnya. Sebelum kita membahas endingnya, mari kita bahas dulu ceritanya.

Weathering With You pada dasarnya adalah cerita tentang dua remaja. Seorang anak laki-laki berusia 16 tahun bernama Hodaka melarikan diri dari kampung halamannya ke Tokyo karena merasa terkurung dan tercekik hidup di pulau kecil itu. Dan seorang gadis berusia 15 tahun bernama Hina yang harus tinggal berdua dengan adik laki-lakinya karena ibu mereka meninggal tahun lalu.

Melalui kesulitan bersama mereka, Hina dan Hodaka dengan cepat menjadi teman dekat dengan sedikit romansa yang berkembang seiring berjalannya cerita. Hodaka dan Hina mengetahui bahwa Hina memiliki kekuatan Weather Maiden, yang berarti memiliki kemampuan untuk mempengaruhi cuaca.

Mereka memutuskan untuk menawarkan jasanya dengan nama Gadis Sinar Matahari. Banyak orang meminta bantuannya untuk menghentikan hujan. Tanpa sepengetahuan mereka, semakin banyak Hina menggunakan kekuatannya, semakin dia terhubung dengan langit. Dia bahkan akan menghilang dari muka bumi jika terus melakukan pekerjaannya sebagai Gadis Sinar Matahari.

Ending Weathering With You

Weathering With You. (IMDB)
Weathering With You. (IMDB)

Akhir dari Weathering With You dimulai ketika Hodaka, Hina, dan adik laki-lakinya terpaksa meninggalkan rumah mereka dan mencari tempat tinggal di tengah badai yang mengerikan. Pada titik ini, sekitar setengah dari tubuh Hina telah berubah menjadi transparan karena penggunaan kekuatannya secara berlebihan.

Dan seperti yang disebutkan sebelumnya, dia terhubung dengan roh langit. Ini berarti badai petir hebat saat ini yang membanjiri beberapa bagian kota akan terus berlanjut kecuali dia menyerahkan dirinya ke langit. Hina jelas tidak ingin melakukan itu. Mengesampingkan nasibnya sendiri, dia ingin berada di bumi bersama adik laki-lakinya, dan dia juga ingin menghabiskan lebih banyak waktu dengan Hodaka.

Tapi dia juga tahu bahwa dia tidak bisa lepas dari takdirnya sebagai gadis cuaca. Dia tidak ingin membuat orang lain menderita karena keegoisannya. Selain itu, dia juga ingin adiknya dan Hodaka bisa menikmati hangatnya sinar matahari bersama-sama. Jadi dia memutuskan untuk berdoa untuk langit yang cerah dan hangat untuk terakhir kalinya, dan mengorbankan dirinya ke langit.

Ketika Hodaka dan adik Hina bangun pagi itu, Hina sudah menghilang, dengan hanya pakaiannya yang tersisa di tempat tidur. Hodaka dan saudara laki-laki Hina shock dan panik ketika mereka mengetahui tentang hilangnya Hina. Jauh di lubuk hati mereka berdua tahu bahwa Hina mengorbankan dirinya untuk menghentikan hujan dan mengembalikan matahari.

Apakah Hodaka Membuat Keputusan yang Tepat Pada Akhirnya?

Weathering With You. (IMDB)
Weathering With You. (IMDB)

Belum siap menjalani hidup tanpa Hina. Jadi Hodaka berjanji pada adik laki-laki Hina dan dirinya sendiri bahwa dia akan melakukan apa saja untuk membawa Hina kembali. Ini adalah bagian di mana cerita menjadi sedikit terpolarisasi. Karena Hodaka, tahu bahwa membawa Hina kembali dari langit juga berarti hujan akan turun kembali seperti sebelumnya.

Jadi, apakah Hodaka akan membiarkan ribuan orang yang tinggal di Tokyo menderita melalui hujan tanpa akhir hanya karena dia ingin menyelamatkan gadis yang paling dia cintai di dunia? Ternyata, itulah yang dia lakukan. Hodaka berhasil menyelamatkan Hina, tetapi seperti yang diketahui, hujan akan terus turun selama bertahun-tahun yang akan datang.

Beberapa orang pasti akan merasa bahwa Hodaka membuat pilihan yang sangat egois di sini. Demi seorang gadis, dia telah menghancurkan kehidupan banyak orang lainnya. Tapi jika kita melihatnya dari sudut pandang Hodaka, menyelamatkan Hina adalah satu-satunya pilihan baginya. Lagi pula, kita telah melihat sepanjang film bahwa dunia tidak benar-benar baik padanya.

Orang dewasa tidak peduli padanya, memanfaatkannya, atau bahkan benar-benar melecehkannya. Hina adalah satu-satunya yang benar-benar baik dan peduli padanya. Bahkan tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa Hina adalah satu-satunya alasan mengapa Hodaka benar-benar dapat menikmati hidupnya.

Weathering With You mungkin berakhir dengan orang-orang Tokyo harus mengalami hujan tanpa henti di masa mendatang, tetapi mengingat apa yang telah kita ketahui tentang karakter, terutama Hodaka, sejauh ini, itulah satu-satunya akhir yang tepat untuk cerita. 

Itulah penjelasan ending Weathering With You yang tidak semua penonton bisa memahami anime movie karya Makoto Shinkai ini.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait