Geek

7 Rekomendasi Film Makoto Shinkai Terbaik, Indah dan Penuh Makna

Cari film Makoto Shinkai, cek rekomendasi berikut ini.

Agung Pratnyawan

Your Name - Kimi no Na wa. (Fandom)
Your Name - Kimi no Na wa. (Fandom)

Hitekno.com - Cari rekomendasi film Makoto Shinkai, terutama anime yang menggetarkan hati dengan kisah romantisnya? Berikut ini tim HiTekno.com rangkum beberpa rekomendasi film anime karya Makoto Shinkai yang harus ditonton.

Nama Makoto Shinkai tentu sudah tidak asing lagi uang para penggemar anime. Makoto Shinkai adalah sutradara muda berbakat asal Jepang. Film anime miliknya kerap dapat penghargaan. Ciri khas cerita Makoto Shinkai tentang kisah cinta yang tidak saling memiliki.

Bukan menggambarkan tentang kesedihan mendalan, tapi justru mengajarkan kita untuk melanjutkan hidup. Salah satu karyanya yang sukses besar adalah Your Name di tahun 2016. Kesuksesan itu juga membawa beberapa judul lama karyanya untuk kembali dibicarakan.

Berikut rekomendasi film Makoto Shinkai yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. The Garden of Words

Anime Romantis Karya Makoto Shinkai - The Garden of Words. (IMDB)
Anime Romantis Karya Makoto Shinkai - The Garden of Words. (IMDB)

The Garden of Words atau Kotonoha no Niwa menghadirkan sinematografi dan visual detail pada setiap adegan. Film ini bercerita tentang pertemuan Takao Akizuki, remaja berusia 15 tahun dengan seorang perempuan bernama Yukari Yukino tiap hujan.

Sejak pertemuan tersebut, keduanya menjadi sering bertemu dan saling menginspirasi hingga jatuh cinta. 

Meskipun menghadirkan premis cerita yang sederhana, film anime ini tidak hanya membuat hati hangat, tapi juga memberi pesan lewat simbol dan potongan puisi singkat.

Film berdurasi 46 menit ini memperoleh penghargaan dari Kobe Theatrical Film Award 2013, Fantasia International Film Festival 2013, dan Stuttgart Festival of Animated Film 2014.

2. 5 Centimeters per Second

Anime Romantis Karya Makoto Shinkai - 5 Centimeters Per Second. (IMDB)
Anime Romantis Karya Makoto Shinkai - 5 Centimeters Per Second. (IMDB)

5 Centimeters per Second atau Byousoku 5 Cm ini berpusat pada perjalanan kisah cinta Takaki Tno kepada teman masa kecilnya Akari Shinohara yang dibagi menjadi tiga babak tentang perjalanan hidup keduanya.

Selain visual yang indah, kisah cinta yang dihadirkan juga realistis. Berkat cerita pedih yang dihadirkan, 5 Centimeters per Second dianugerahi piala "Film Animasi Panjang Terbaik" di Asia Pacific Screen Awards 2007.

3. Kimi no Na wa. - Your Name.

Your Name - Kimi no Na wa. (Fandom)
Your Name - Kimi no Na wa. (Fandom)

Tidak hanya menampilkan visual yang indah, Your Name atau Kimi no Na Wa juga menghadirkan cerita tidak terduga bagi para penontonnya. Bercerita tentang anak laki-laki bernama Taki Tachibana yang tinggal di Tokyo dan gadis bernama Mitsuha Miyamizu yang tinggal di suatu desa.

Suatu hari kedua remaja tersebut mengalami kejadian aneh yang membuat keduanya saling bertukar tubuh ketika mereka tertidur. Your Name menjadi salah satu anime terbaik Makoto Shinkai yang banjir penghargaan. Bahkan hingga masuk dalam submisi untuk penghargaan Academy Award 2017.

4. Tenki no Ko - Weathering With You

Tenki no Ko - Weathering With You. (IMDB)
Tenki no Ko - Weathering With You. (IMDB)

Weathering with You menceritakan seorang siswa bernama Hodaka Morishima yang meninggalkan pulau asalnya untuk pindah menuju Tokyo. Dia bekerja sebagai seorang penulis di majalah lokal yang memberitakan mengenai fenomenal supernatural. Hodaka memiliki pengalaman aneh karena cuaca yang selalu saja hujan dan tak pernah cerah setiap ada dirinya.

Hingga di sebuah sudut kota, Hodaka bertemu dengan Hina, seorang gadis misterius yang memiliki kemampuan mengontrol cuaca. Mengusung tema yang tidak jauh berbeda dengan Your Name, film anime ini menghadirkan cerita fantasi dan drama remaja.

5. Children Who Chase Lost Voices

Children Who Chase Lost Voices. (IMDB)
Children Who Chase Lost Voices. (IMDB)

Children Who Chase Lost Voices bercerita tentang gadis bernama Asuna yang sering menyendiri bersama dengan kucingnya, Mimi, di atas bukit.

Berada di atas bukit, Asuna mendengarkan suara dari misterius yang berasal dari kristal peninggalan ayahnya. Film animasi ini menghadirkan cerita yang menghangatkan hati dan visual mirip Ghibli.

Film ini berusaha menyampaikan bahwa perpisahan akan hadir dalam setiap kehidupan dan kita harus merelakan kepergian orang-orang yang kita sayangi.

Karya Makoto Shinkai ini berhasil mendapatkan enam nominasi pada beberapa ajang berbeda. Salah satunya, penghargaan pada ajang Tokyo Anime Award 2012 untuk kategori “Best Art Direction”.

6. The Place Promised in Our Early Days

The Place Promised in Our Early Days. (IMDB)
The Place Promised in Our Early Days. (IMDB)

The Place Promised in Our Early Days atau Kumo no Mukou, Yakusoku no Basho adalah film anime pertama Makoto Shinkai. Mengambil latar waktu setelah Perang Dunia II, menceritakan tiga anak muda yang penasaran pada Menara Ezo yang ternyata jadi senjata rahasia Uni Soviet.

Disajikan dengan alur maju-mundur, film ini menghadirkan plot twist tidak terduga yang mengejutkan para penonton. Tak hanya menegangkan, tapi juga bikin mata berkaca-kaca. Film anime ini berhasil meraih penghargaan pada ajang Mainichi Film Award 2004 kategori “Film Animasi Terbaik”.

7. Dareka no Manazashi - Someone's Gaze

Dareka no Manazashi - Someone's Gaze. (IMDB)
Dareka no Manazashi - Someone's Gaze. (IMDB)

Someone's Gaze menceritakan kehidupan yang banyak dialamin oleh anak muda jaman sekarang. Film ini menceritakan Aya yang sibuk bekerja dan mulai kehilangan waktu bersama keluarga.

Semasa kanak-kanak, Aya sangat dekat dengan ayahnya. Hal ini karena sang ibu sibuk bekerja dan ia banyak menghabiskan waktu bersama ayah dan kucingnya.

Sekarang ketika Aya tumbuh menjadi perempuan muda yang sukses dan mandiri, ia mulai jarang menemui sang ayah. Ajakan untuk bertemu ditolaknya karena sepulang kerja ia selalu merasa kelelahan.

Hingga suatu hari Aya menerima kabar bahwa kucingnya meninggal dunia. Peristiwa tersebut lantas menyadarkannya pada sang ayah yang semakin tua dan kesepian.

Itulah rekomendasi film Makoto Shinkai terbaik yang penuh makna. Kamu bisa menonton anime ini bersama keluarga dan teman.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait