Geek

Naruto: Mengapa Kakashi Hatake Selalu Memakai Masker? Apa yang Disembunyikan?

Apa yang disembunyikan, kenapa Kakashi Hatake selalu memakai masker dalam setiap kemunculannya.

Agung Pratnyawan

Kakashi Hatake memberikan ujian lonceng pada tim 7. (Fandom)
Kakashi Hatake memberikan ujian lonceng pada tim 7. (Fandom)

Hitekno.com - Kakashi Hatake menjadi karakter Naruto yang masih menyimpan banyak misteri. Termasuk, kenapa Kakashi Hatake selalu memakai masker di wajahnya?

Masker juga menjadi salah satu ciri khas karakter Naruto ini. Karena dari kecil dan di setiap kesempatan Kakashi Hatake selalu memakai masker.

Ternyata, inilah alasan mengapa Kakashi Hatake di serial Naruto selalu memakai masker untuk menutupi sebagian besar mukanya. Bahkan para muridnya tak pernah melihat wajah karakter Naruto ini.

Seperti franchise shonen yang hebat lainnya,  Naruto juga menawarkan banyak karakter yang dibuat menarik, naik dari sifat ataupun penampilannya.

Naruto misalnya dibuat sebagai tokoh yang kocak, labil, namun penuh tanggung jawab. Ini menggambarkan bagaimana keadaan anak muda masa kini yang punya sifat mirip dengannya.

Satu karakter lainnya yang tak kalah mencuri perhatian adalah Kakashi yang memang dikenal dengan penutup wajahnya. Pada sebagian besar episode, Kakashi hanya menampilkan satu matanya saja.

Ya, tidak seperti setiap anggota  pemeran utama Naruto lainnya, wajah Kakashi Hatake ditutupi dari hidung ke dagu oleh penutup kain yang pas, yang jarang dia lepaskan.

Kakashi Hatake - Naruto. (Fandom)
Kakashi Hatake - Naruto. (Fandom)

Memang, Kakashi Hatake sangat jarang membuka kedoknya sehingga murid-muridnya sendiri seperti Naruto, Sakura dan Sasuke, bahkan belum pernah melihat wajah secara lengkap.

Meski demikian, pada episode Naruto dan  Naruto: Shippuden dikhususkan untuk mengintip wajah Kakashi secara diam-diam.

Meski hasilnya tidak sesuai yang diinginkan, namun setidaknya penonton sudah bisa melihat wajah Kakashi yang tampan dan bersahaja itu.

Lalu kenapa Kakashi Hatake selalu memakai masker?

Naruto - Team 7: Sasuke Uchiha, Kakashi Hatake, Sakura Haruno, Naruto Uzumaki. (Fandom)
Naruto - Team 7: Sasuke Uchiha, Kakashi Hatake, Sakura Haruno, Naruto Uzumaki. (Fandom)

Ada satu rumor yang dipercaya oleh penggemar Naruto tentang alasan wajah Kakashi ditutupi oleh masker.

Dalam seri spin-off parodi Rock Lee & His Ninja Pals , disebutkan bahwa Kakashi terus-menerus memakai topeng untuk menyembunyikan mimisan yang dideritanya saat membaca seri buku favoritnya (dewasa). 

Namun itu hanya dugaan lelucon semata. Sebab ada alasan masuk akal lainnya mengapa Kakashi digambarkan dengan masker yang menutupi sebagian besar wajahnya.

Ternyata alasannya adalah soal membangun karakter yang misterius, namun tetap bisa membuat kreator berkreasi dengan penggambaran sifat dan watak karakternya.

Dalam sebuah wawancara, pencipta serial Kishimoto Masashi mengatakan bahwa dia awalnya merancang Kakashi Hatake dengan memakai topeng wajah sebagai upaya membangun karakter misterius pada sosok Kakashi.

Naruto - Kakashi Hatake mencium Hanare. (fandom)
Naruto - Kakashi Hatake mencium Hanare. (fandom)

Namun topeng tersebut membuat penggambaran sifat Kakashi sangatlah sulit. Full topeng akan membuat watak dan emosi Kakashi akan sulit dideskripsikan.

Oleh sebab itu Kishimoto memilih mengaplikasikan masker saja dengan menampakkan satu matanya. Selain itu, masker juga lebih mudah dibuka ketimbang topeng.

Itulah alasan kenapa Kakashi Hatake selalu memakai masker seperti dikutip HiTekno.com dari CBR. Masih banyak misteri dari karakter Naruto ini yang belum diungkap.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait