Geek

Naruto: Kenapa Obito Uchiha Tidak Bisa Menggunakan Susanoo? Padahal Kakashi Bisa!

Memiliki Sharingan dan anggota klan Uchiha, kenapa Obito Uchiha tidak bisa menggunakan Susanoo?

Agung Pratnyawan

Naruto - Obito Uchiha dan Tobi. (HiTekno.com)
Naruto - Obito Uchiha dan Tobi. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Akhirnya terpecahkan juga teka-teki tentang mengapa Obito Uchiha tidak bisa menggunakan Susanoo dalam anime dan manga Naruto. Satu lagi pembahasan soal anggota klan Uchiha yang menarik.

Kenapa Obito Uchiha tidak bisa menggunakan Susanoo meski ia seorang anggota klan Uchiha dan memiliki Sharingan.

Ya, Naruto memiliki banyak lubang plot yang menjadi teka-teki di kalangan penggemar. Salah satunya adalah alasan mengapa Obito Uchiha kesulitan menggunakan Susanoo.

Di bawah pengawasan Madara Uchiha, Obito memiliki transisi terbesar dari Shinobi yang lemah menjadi kekuatan yang harus diperhitungkan di Naruto.

Karakter Naruto ini belajar banyak teknik yang kuat dan juga mengetahui bagaimana memanfaatkan Doujutsunya secara maksimal.

Meskipun menjadi salah satu anggota klan Uchiha yang paling kuat, dia tidak pernah menggunakan Susanoo dalam pertempuran, dan alasan di balik ini jauh lebih sederhana.

Alasannya sederhana

Kakashi Hatake menggunakan Susanoo. (Fandom)
Kakashi Hatake menggunakan Susanoo. (Fandom)

Kenapa Obito Uchiha tidak bisa menggunakan Susanoo di Naruto? Simak pembahasan berikutini.

Di Naruto, Susanoo adalah avatar humanoid besar yang seluruhnya terbuat dari chakra pengguna. 

Avatar tembus pandang ini mengelilingi pengguna seperti pertahanan pamungkas dan bergerak sesuai perintah pengguna seperti boneka. 

Tidak setiap anggota klan Uchiha yang memiliki Sharingan atau telah menguasai Doujutsu mereka dapat memunculkan Susanoo.

Untuk mengaktifkan Susanoo, pengguna Sharingan harus mengembangkan mata mereka menjadi Mangekyo Sharingan.

Mangekyo ini hanya bisa terjadi ketika pengguna berurusan dengan insiden traumatis seperti menyaksikan kematian seseorang yang memiliki hubungan dekat dengan mereka. 

Seseorang yang berhasil membangkitkan Mangekyo Sharingan di kedua matanya mampu menyulap Susanoo dengan mudah.

Naruto - Obito dan Madara Uchiha. (fandom)
Naruto - Obito dan Madara Uchiha. (fandom)

Dalam kasus Obito Uchiha, ketika setengah dari tubuhnya tertimpa batu besar selama Perang Ninja Besar Ketiga, dia memberikan mata kirinya kepada Kakashi.

Beberapa waktu kemudian, mereka berdua membangunkan Mangekyo Sharingan di masing-masing mata setelah menyaksikan kematian Rin Nohara. 

Tetap saja, tak satupun dari mereka bisa membayangkan Susanoo saat pasangan Dojutsu berevolusi secara individual menjadi dua tubuh yang berbeda.

Satu-satunya cara seseorang dapat mengaktifkan Susanoo di Naruto adalah ketika kedua mata Dojutsu mereka berevolusi dalam satu tubuh sebagai pasangan. 

Mangekyo Sharingan Obito Uchiha hanya memberinya dan Kakashi kemampuan ninjutsu ruang-waktu yang disebut Kamui, yang bekerja secara berbeda di kedua mata.

Mata kanan adalah versi pendek dari Kamui, yang memberikan karakter Naruto ini tidak berwujud dan kemampuan untuk berteleportasi. 

Mata kiri adalah versi jarak jauh dari Kamui, yang digunakan Kakashi Hatake untuk membuat ruang penghalang dari jarak jauh yang dapat membelokkan target ke dimensi Kamui.

Madara Uchiha menggunakan susanoo. (fandom)
Madara Uchiha menggunakan susanoo. (fandom)

Madara Uchiha dapat mengaktifkan Susanoo tanpa matanya karena dia telah membangkitkan Mangekyo Sharingan sebelum anggota klan Uchiha lainnya di Naruto. 

Tapi hal yang tidak sama terjadi pada Obito Uchiha, jadi sampai kapanpun, dia tidak akan bisa menggunakan Susanoo.

Itulah kenapa Obito Uchiha tidak bisa menggunakan Susanoo. Meski karakter Naruto ini anggota klan Uchiha, ia tetap kehilangan kemampuan tersebut.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait