Geek

Boruto: Mengapa Konoha Menutup-nutupi Sejarah Gelap Klan Uchiha?

Petinggi Konoha telah menutup informasi soal Klan Uchiha. Apakah Sarada bisa mengetahui masa lalu klannya?

Agung Pratnyawan

Sarada Uchiha. (HiTekno.com)
Sarada Uchiha. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Sejarah gelap klan Uchiha di Boruto terlihat sengaja ditutup rapat-rapat oleh petinggi Konoha, namun mengapa demikian? Apakah ada rahasia yang disembunyikan terkait mereka?

Sarada Uchiha serta ayahnya, Sasuke Uchiha, adalah bagian dari klan Uchiha yang tersisa dalam seri Boruto: Naruto Next Generations.

Penggemar setia tentu sudah tahu apa yang terjadi pada salah satu klan besar dan pendiri desa Konoha ini.

Dalam serial Naruto, diperlihatkan bagaimana pembantaian klan Uchiha oleh Itachi atas perintah petinggi Konoha.

Dia membunuh semua anggota klannya dan hanya menyisakan adiknya, Sasuke Uchiha yang juga adiknya sendiri.

Kejadian pembantaian klan Uchiha menjadi salah satu yang paling tragis yang pernah terjadi di desa Konoha dan seluruh franchise.

Sarada Uchiha mungkin bisa mengetahui informasi singkat tentang klan ayahnya, tapi mungkin tidak dengan apa yang sebenarnya terjadi.

Inilah mengapa Konoha menyembunyikan sejarah kelam Uchiha agar Sarada tidak lagi mengungkit-ungkitnya dan tidak menimbulkan kebencian sesama klan.

Sarada Uchiha Menggali Masa Lalu Klan Uchiha

Boruto - Sarada Uchiha. (fandom)
Boruto - Sarada Uchiha. (fandom)

Pembantaian klan Uchiha adalah salah satu peristiwa paling tragis yang pernah terjadi di Konoha.

Dalam satu malam, seluruh klan dibunuh oleh Itachi Uchiha. Dia terpaksa melakukan ini atas perintah Danzo, yang beralasan dia perlu melakukannya untuk mencegah kudeta.

Namun, Itachi tidak membunuh adiknya, Sasuke Uchiha. Malam itu, ketika Itachi membunuh seluruh klan Uchiha, dia bahkan tega membunuh orang tuanya. 

Sasuke Uchiha menyaksikan sendiri bagaimana orang tuanya berlumuran darah. Sejak saat itu, Sasuke selalu menyimpan dendam yang sangat luar biasa terhadap kakaknya.

Sarada Uchiha sendiri sepertinya mengetahui fakta sebenarnya tentang peristiwa tragis yang terjadi dengan klan Uchiha.

Dia mengetahuinya saat membaca salah satu buku catatan di perpustakaan Konoha. Di dalam buku catatan tersebut terdapat informasi tentang sejarah klan Uchiha.

Dalam serial tersebut, Sarada mengetahui bahwa klan Uchiha adalah salah satu klan terpenting dan tertua di Konoha.

Dan satu hal yang sangat populer atau terkenal dari klan ini adalah kemampuan Doujutsu mereka, Sharingan. Sarada juga tahu sedikit tentang Mangekyo Sharingan. 

Sarada akan Tahu Masa Lalu Klan Uchiha

Boruto - Konoha menyensor informasi soal Klan Uchiha. (.ist)
Boruto - Konoha menyensor informasi soal Klan Uchiha. (.ist)

Petinggi Konoha tampaknya melakukan segala cara untuk melakukan berbagai cara penyensoran.

Dengan kata lain, Naruto berusaha untuk "menghilangkan" informasi yang terjadi di masa lalu yang berpotensi mengobarkan kebencian kembali di desa.

Bukan tidak mungkin jika kemudian kekacauan akan terjadi lagi, jika kemudian semua informasi bisa diakses oleh siapa saja.

Yang sangat disayangkan adalah sampai saat ini Kishimoto masih belum memberikan penjelasan yang jelas tentang alasan mengapa Sarada tidak pernah tahu tentang masa lalunya.

Banyak penggemar juga kecewa dengan hal ini. Meski begitu, ada beberapa teori yang berkembang di kalangan penggemar yang mencoba menjelaskan hal ini.

Bagaimanapun, mungkin hanya masalah waktu sampai Sarada mengetahui bahwa pamannya bertanggung jawab atas kematian seluruh klan.

Bisa jadi Sasuke sedang menunggu waktu dan usia yang tepat untuk menjelaskan semua yang terjadi pada klan Uchiha, termasuk momen pembantaian tersebut. 

Karena ini adalah masalah sensitif, sementara usia Sarada masih kecil sehingga Sasuke menunggu waktu yang tepat untuk menceritakan semuanya.

Namun sementera ini, petinggi Konoha memang menjauhkan Sarada dari cerita sejarah gelap klan Uchiha.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait