Geek

Naruto: Pembantaian Klan Uchiha, Sisi Kelam Konohagakure

Siapa otak di balik pembantaian klan Uchiha dan dampaknya di masa depan.

Agung Pratnyawan

Pembantaian Klan Uchiha. (Fandom)
Pembantaian Klan Uchiha. (Fandom)

Hitekno.com - Banyak penggemar Naruto yang sudah tahu kisah tentang klan Uchiha yang dibantai. Namun tak banyak yang tahu tentang kisah lengkap pembantaian klan Uchiha.

Di bawah ini tim Hitekno.com telah merangkum kisah lengkap pembantaian klan Uchiha dilansir dari Japanese Anime.

Peristiwa pembantaian tersebut terjadi empat tahun sebelum dimulainya seri manga Naruto di Konohagakure.

Pembantaian klan Uchiha dilakukan oleh kakak laki-laki Sasuke, Itachi Uchiha. Dan yang tidak diketahui kebanyakan orang, seorang pria bernama Uchiha Obito yang mengaku sebagai Madara.

Namun ia tidak bertindak atas keinginannya sendiri, ada sosok lain yang menggerakkan aksi tersebut.

Pembantaian yang dilakukan Itachi ini tidak hanya berdampak pada klan Uchiha yang berhasil dimusnahkan dalam satu malam, tapi juga sangat berdampak pada Konoha dan Sasuke.

Alasan Itachi Uchiha melakukan pembantaian

Itachi Uchiha dari anime Naruto. (Fandom)
Itachi Uchiha dari anime Naruto. (Fandom)

Itachi Uchiha melakukan pembantaian kepada klannya bukan tanpa alasan. Ini ada kaitannya juga dengan bangsa Konoha dan manipulasi Danzo.

Seperti diketahui, saat Konoha semakin memiliki pengaruh kepada klan Uchiha, ini membuat kepala desa Konoha membatasi klan Uchiha untuk hanya tinggal di desa.

Hal ini membuat Uchiha marah sehingga pemimpin klan, Fugaku Uchiha, mengirim anaknya, Itachi, ke dalam operasi hitam Anbu.

Sejak saat ini, Itachi mulai memata-matai desa konoha dan klan yang ada di kota lainnya untuk melakukan kudeta.

Namun, di sisi lain, Itachi sudah menjadi mata-mata Danzo, penasehat desa. Itachi memiliki peran ganda, namun Itachi percaya bahwa apa yang ia lakukan adalah untuk perdamaian.

Karena kedekatan inilah, Itachi Uchiha menceritakan rencana kudeta klannya kepada Danzo. Lantas Danzu memberi saran yang bikin Itachi bingung.

Danzo mengatakan jika sebuah kudeta tidak akan mendapat kesuksesan besar tanpa adanya pertumpahan darah. Danzo lantas memanfaatkan trauma Itachi untuk membantai klannya sendiri.

 Danzo Shimura - Naruto. (Fandom)
 Danzo Shimura - Naruto. (Fandom)

Sebagai pemimpin Anbu Root, pasukan khusus yang bergerak menjalankan tugas kotor Konohagakure, Danzo menjadi otak dibalik pembantaian klan Uchiha.

Itachi lantas melakukan pembantaian satu malam tersebut setelah mendapat manipulasi dari Danzo, ia membantai habis klannya hanya dalam waktu satu malam.

Dalam satu malam, Itachi dan Obito membantai seluruh klan Uchiha. 

Dalam anime, Obito membantai bagian militer dari Klan Uchiha dengan langsung menyerang markas Pasukan Polisi Militer Konoha, memungkinkan Itachi untuk membantai bagian sipil tanpa banyak perlawanan

Akibat pembantaian klan Uchiha

Sasuke Uchiha dari Naruto. (Fandom)
Sasuke Uchiha dari Naruto. (Fandom)

Setelah pembantaian besar-besaran, tercatat hanya tiga Uchiha yang selamat dari pembantaian klan: Itachi, Sasuke, dan Obito, meskipun sebagian besar dunia, termasuk Sasuke, tidak akan mengetahui keterlibatan atau kelangsungan hidup Obito sampai Perang Shinobi Keempat.

Itachi Uchiha melaporkan keberhasilan misi tersebut kepada Hokage Ketiga.

Namun Hokage ketiga tidak pernah mengetahui rencana yang dibuat Itachi dan Danzo tersebut.

Demi nama baik desa, ketiganya sepakat menarasikan kisah bahwa Itachi Uchiha bertindak sendirian dalam pembantaian klannya.

Hokage ketiga - Hiruzen Sarutobi. (fandom)
Hokage ketiga - Hiruzen Sarutobi. (fandom)

Namun Sasuke sebagai salah satu yang tersisa dari pembantian ini, mengetahui kalau kakaknya adalah pelakuknya. Hingga meninggalkan dendam tersendiri untuk memburunya.

Itulah kisah lengkap pembantaian klan Uchiha di anime dan manga Naruto. Salah satu sisi kelam Konohagakure yang disembunyikan.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait