Geek

10 Film Amerika yang Terinspirasi dari Anime

Ternyata banyak film Amerika yang terinspirasi dari anime.

Agung Pratnyawan

The Matrix. (IMDB)
The Matrix. (IMDB)

Hitekno.com - Ada beberapa Film Amerika yang terinspirasi dari anime, entah dari adegan hingga ceritanya. Berikut ini tim HiTekno.com rangkum beberapa film yang terinspirasi dari anime.

Anime sudah diperkenalkan ke penonton barat sejak 1960-an lewat Three Tales. Meski masih dianggap baru, anime telah menginspirasi banyak orang, tak terkecuali film Amerika. Bahkan beberapa sutradara Hollywood terang-terangan mengakui kalau karya mereka terinspirasi dari anime.

Penggemar berat anime pun bisa dengan mudah melihat persamaan tersebut. Film Amerika yang terinspirasi dari anime itu jadi menarik dan bahkan ada yang meraih Oscar.

Berikut film Amerika yang terinspirasi dari anime yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Scott Pilgrim vs The World – Beck dan Nana

Scott Pilgrim adalah seorang anak laki-laki sederhana yang jatuh cinta dengan Bunga Ramona yang misterius. Entah bagaimana Scott setuju untuk menjadi pacarnya, tetapi dengan syarat mengalahkan tujuh mantan Romana, yang semuanya memiliki kekuatan luar biasa.

Sementara film ini terinspirasi oleh banyak anime yang berbeda, pencipta film klasik Amerika ini telah berbicara sebelumnya tentang dua seri khususnya yang menginspirasi keseluruhan konsep. Yang pertama, Beck, adalah anime tentang band yang berjuang yang perlu menemukan jalan hidup mereka. Yang kedua, Nana, menceritakan kisah sekelompok teman berusia dua puluhan yang mencoba mencari tahu siapa mereka.

2. Requiem for a Dream dan Black Swan – Perfect Blue

Darren Aronofsky, pencipta Requiem for a Dream dan Black Swan, diduga memiliki hak untuk merilis Perfect Blue Satoshi Kon di Amerika. Anime thriller psikologis ini membahas banyak topik gelap yang telah digambarkan beberapa kali dalam film-film Aronofsky.

Kedua Film Amerika ini mengandung potongan-potongan dari Perfect Blue. Misalnya, Black Swan memiliki protagonis wanita yang disiksa oleh bayangan jahat dirinya sendiri, serta harapan lebih dari ibunya. Requiem for a Dream bercerita tentang penyalahgunaan narkoba dan masalah psikologis, dengan banyak adegan diambil langsung dari Perfect Blue.

3. The Lion King – Kimba the White Lion

Meskipun tidak banyak yang tahu tentang Kimba the White Lion, bagi banyak orang anime ini klasik. Serial ini menceritakan petualangan Kimba, seekor anak singa kecil yang lahir dengan bulu putih mutiara.

Eksekutif Disney tidak pernah mengkonfirmasi atau menyangkal bahwa petualangan Kimba menginspirasi Lion King. Meskipun demikian, film ini pada dasarnya adalah salinan karbon dari seri White Lion. Hal ini membuat sang pencipta, Ozamu Tezuka, meminta agar film Amerika ini dilarang tayang di Jepang, karena tidak pernah sekalipun ia memuji karyanya.

4. Pacific Rim: Uprising – Evangelion dan Naruto

Waralaba Pacific Rim tidak ragu menampilkan inspirasi anime mecha yang jelas dalam film-filmnya. Contoh paling menonjol adalah, Evangelion, seri dimana remaja ditugaskan untuk mengemudikan robot yang kuat melawan monster raksasa. Setelan yang digunakan oleh Shinji dan rekan-rekannya juga terhubung ke pilot mereka melalui ikatan mental.

John Boyega mengkonfirmasi bahwa adegan pertarungan terakhir di Pemberontakan Pacific Rim sebagian terinspirasi oleh adegan pertarungan Naruto. Namun, salah satu produser untuk sekuelnya, John Boyega, telah menyatakan sebelumnya bahwa ia ingin film kedua memasukkan lebih banyak elemen seperti anime.

Inilah sebabnya mengapa film kedua dalam franchise ini berisi adegan-adegan di mana para protagonis berpidato saat bertarung, sesuatu yang disukai Boyega dari serial Naruto.

5. The Matrix – Ghost on the Shell

The Wachowski bersaudara menciptakan salah satu film Amerika yang paling dicintai dan diakui sepanjang masa, The Matrix. Konsep untuk film ini dibuat berkat kecintaan saudaranya terhadap anime, sesuatu yang dikonfirmasi oleh keluarga Wachowski sendiri, karena film ini sangat terinspirasi dari Ghost in the Shell.

Kedua film tersebut dirancang seputar masa depan distopik di mana para pahlawan harus terhubung ke mesin untuk menyelamatkan dunia. Film Amerika ini juga membahas pertanyaan filosofis yang berat dan sulit dijawab, seperti yang dilakukan Ghost in the Shell dengan protagonisnya, Motoko.

6. Looper dan Chronicle – Akira

Salah satu film anime yang paling dicintai adalah Akira karya Katsuhiro Otomo. Film ini telah menginspirasi banyak orang sejak dirilis hampir empat dekade lalu.  Looper bercerita tentang seorang pembunuh bayaran yang bertugas melindungi versi mudanya dari sekelompok pembunuh yang mengejarnya.

Film ini juga berisi karakter bernama Cid, seorang anak kecil dengan kekuatan batin, seperti Tetsuo dari Akira. Film Amerika kedua, Chronicle. Film ini menunjukkan bagaimana kekuatan tak terbatas mulai merusak pikiran sekelompok teman. Sama seperti Tetsuo, protagonis Andrew menjadi monster haus kekuasaan yang merasa lebih unggul dari orang lain berkat kemampuannya.

7. Clash of Titans – Saint Seiya

Saint Seiya adalah salah satu anime paling unik yang pernah ada, dengan ide para pejuang yang menggunakan baju besi dengan kekuatan yang diberikan oleh makhluk mitologi. Baju besi, perkelahian, dan moral keseluruhan dari seri ini telah menginspirasi anak-anak dan orang dewasa selama beberapa dekade.

Salah satu film Amerika yang didasarkan pada konsep Saint Seiya disebut Clash of Titans. Dalam film tersebut, para dewa Yunani terlihat mengenakan baju besi yang terlihat hampir identik dengan yang digunakan oleh Seiya dan teman-temannya.

Orang-orang di balik film tersebut tidak pernah sekalipun mencoba menyembunyikan pengaruh Saint Seiya terhadap mereka dan bahkan meminta pencipta Masami Kurumada untuk membuatkan mereka poster untuk rilis film Jepang mereka.

8. Van Helsing – Vampire Hunter D

Ide pemburu vampir telah ada selama berabad-abad, artinya tidak semua film Amerika yang membicarakan konsep ini. Namun meskipun pencipta Van Helsing tidak pernah mengkonfirmasi rumor tersebut, tidak dapat disangkal bahwa pakaian yang digunakan oleh protagonisnya sangat mirip dengan pakaian Vampire D Hunter.

Kedua pemburu menggunakan mantel hitam besar di atas pakaian biasa mereka, serta topi kulit. Ditambah dengan kedua karakter tersebut yang juga memiliki rambut panjang dan terlihat mirip, para penggemar Vampire D Hunter yakin Van Helsing mengambil pakaiannya dari serial favorit mereka.

9. Inception – Paprika

Selama bertahun-tahun, Inception telah dipuji sebagai salah satu film Amerika terbaik karena konsep dan adegannya yang menakjubkan. Meski demikian, sutradara film Christopher Nolan tak segan-segan mengakui bahwa Paprika, film anime yang juga bertemakan mimpi, telah menginspirasi karya-karyanya sejak awal.

Banyak adegan di Inception yang terinspirasi langsung oleh Paprika, seperti koridor hotel yang terkenal, serta mesin yang digunakan oleh para protagonis untuk memasuki dunia mimpi. Kedua film tersebut juga membahas ide menggunakan mimpi untuk mempengaruhi orang.

10. Avatar – Princess Mononoke

Avatar James Cameron adalah salah satu film Amerika paling sukses dalam sejarah. Pesannya tentang menghormati alam dan suku asli. Namun, banyak penggemar Studio Ghibli telah menemukan betapa miripnya film ini dengan Princess Mononoke karya Hayao Miyazaki.

Kedua film tersebut menampilkan pemeran utama wanita yang kuat dan bertekad yang akan melakukan apa saja untuk melindungi rumah mereka. Keduanya memiliki pesan alam yang sama atas keserakahan manusia. Tidak mungkin Nolan akan mengkonfirmasi rumor tersebut, tetapi penggemar yakin Avatar mengambil inspirasi dari karya Miyazaki. 

Itulah film Amerika yang terinspirasi dari anime yang telah dirangkum tim HiTekno.com untuk kamu.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait