Geek

Naruto: Alasan Hiruzen Sarutobi Jadi Hokage Terburuk

Hiruzen Sarutobi, Hokage ketiga memiliki sisi lain yang tak banyak banyak diketahui warga Konohagakure.

Agung Pratnyawan

Naruto - Hiruzen Sarutobi. (HiTekno.com)
Naruto - Hiruzen Sarutobi. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Ketika berbicara tentang Hokage terburuk di One Piece, penggemar pasti sepakat jika sosok tersebut adalah Hiruzen Sarutobi. Apakah Hiruzen Sarutobi Hokage terburuk dalam anime dan manga Naruto?

Dia sering dianggap sebagai Hokage terburuk yang pernah memegang jabatan cukup panjang dan dua periode dalam sejarah singkat desa.

Beberapa kesalahan yang disebabkan oleh keputusannya selama masa jabatannya benar-benar tidak banyak membantu perjuangannya untuk mendapatkan hati dan respek penggemar.

Bukan hanya sekali atau dua kali, sepanjang seri, Hokage Ketiga tersebut selalu dikritik karena pengambilan keputusannya dan bagaimana dia sering membiarkan perasaan pribadinya menghalangi melakukan hal yang benar untuk desa.

Seperti diketahui, di anime Naruto, pekerjaan seorang Hokage tidak pernah mudah. Oleh sebab itu, jabatan akan diberikan kepada mereka yang dianggap terkuat di desa.

Setiap Kage yang datang setelah yang pertama telah diikat dengan pendahulunya dalam beberapa bentuk baik sebagai siswa, keturunan langsung dalam garis keturunan mereka, atau cara lain.

Di sini, Kage yang dimaksud adalah Hokage ketiga dari Konohagakure, yang dikenal sebagai Hiruzen Sarutobi.

Hokage ketiga - Hiruzen Sarutobi. (fandom)
Hokage ketiga - Hiruzen Sarutobi. (fandom)

Konohagakure terdiri dari barisan panjang pejuang selama satu milenium yang secara konsisten membentuk fondasi desa seperti sekarang ini.

Seperti orang lain yang datang sebelum dia, Hiruzen Sarutobi adalah salah satu shinobi terkuat di desa, membuatnya mendapatkan gelar "Dewa Shinobi."

Hiruzen memang menjadi Hokage dan mengambil tanggung jawab untuk melindungi desa, namun beberapa tindakannya sebagai pemimpin dipertanyakan karena beberapa peristiwa selama pemerintahannya malah banyak pertumpahan darah.

Hiruzen Sarutobi Hokage terburuk di Naruto

Menjadi pemberani dan ceroboh adalah dua hal yang sangat berbeda. Saat memimpin desa, semua Kage menunjukkan ketenangan, kekuatan, dan kerentanan yang luar biasa, karena mereka juga manusia.

Meskipun banyak kualitas positif, banyak yang membuat kesalahan. Namun, Hokage ketiga membuat beberapa kesalahan fatal yang membahayakan dan berakibat buruk bagi desa.

Hiruzen Sarutobi adalah murid dari dua Hokage pertama, membuatnya menjadi kandidat utama untuk menggantikan kursi tersebut.

Naruto - Hiruzen Sarutobi. (fandom)
Naruto - Hiruzen Sarutobi. (fandom)

Selain disebut dewa Shinobi, dia mengajar Jiraiya, Orochimaru, dan Tsunade di bawahnya, yang semuanya kemudian menjadi Sannin.

Salah satu kesalahan besar yang mengorbankan desa dan hidupnya adalah keputusannya untuk membiarkan mantan muridnya, Orochimaru, melarikan diri.

Setelah Hiruzen dan dua anggota Anbu Black Ops tiba di tempat persembunyian Orochimaru, mereka menemukan eksperimen mantan muridnya pada korban penculikan.

Meski mengetahui hal ini, dia membiarkan Orochimaru pergi karena dia tidak memiliki kekuatan untuk membunuh salah satu mantan muridnya.

Sementara pembantaian seluruh klan Uchiha dikonspirasikan oleh Danzo, Hiruzen, sebagai pemimpin desa, memiliki otoritas penuh atas siapa pun dan dapat dengan mudah mencegah tragedi itu.

Terlepas dari saran alternatif damai melawan kudeta Uchiha, Danzo mampu merencanakan pembantaian karena kecerobohan Hiruzen.

Alasan lain mengapa Hiruzen masih dipandang sebagai salah satu pemimpin yang paling tidak mampu adalah pendekatannya pada masa-masa awal Naruto.

Hiruzen Sarutobi – Naruto. (Fandom)
Hiruzen Sarutobi – Naruto. (Fandom)

Masih menjadi misteri mengapa Hokage ketiga membiarkan Naruto tumbuh sendiri, meskipun berjanji pada orang tuanya untuk menjaganya. 

Hiruzen menjadi Hokage lagi dan bahkan tidak repot-repot memberitahu Naruto tentang ayahnya dan bahwa dia adalah seorang Jinchuriki.

Meskipun ada beberapa episode pengisi di mana Hiruzen terlihat menghabiskan waktu dengan Naruto dan memberinya uang, dia bisa dengan mudah menyelamatkan Naruto dari penyalahgunaan penduduk desa.

Itulah alasan mengapa Hiruzen dianggap sebagai Hokage terburuk di serial Naruto. Apakah kamu juga menganggap Hiruzen Sarutobi Hokage terburuk juga?

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait