Geek

Naruto: 3 Alasan Hiruzen Sarutobi Menjadi Hokage Paling Dibenci

Pembantian klan Uchiha hingga serangan Orochimaru ke Konoha termasuk dampak negatif dari kebijakan-kebijakan yang diambil Hiruzen Sarutobi.

Agung Pratnyawan

Hokage ketiga - Hiruzen Sarutobi. (fandom)
Hokage ketiga - Hiruzen Sarutobi. (fandom)

Hitekno.com - Ada tiga alasan mengapa Hiruzen Sarutobi menjadi hokage yang paling dibenci penggemar Naruto. Ternyata memang karena tidak bertanggung jawab dan tidak menjalankan amanah. Apa saja dosa besar Hiruzen Sarutobi bagi Konohagakure?

Ketika berbicara tentang Hokage dari Konohagakure, Hiruzen Sarutobi selalu menjadi kambing hitam yang sering dianggap oleh komunitas Naruto sebagai lelucon.

Dia sering dianggap sebagai Hokage terburuk yang pernah memegang jabatan dalam sejarah singkat desa. Terlebih ia menjabat posisi penting tersebut selama dua periode.

Beberapa kesalahan yang disebabkan oleh keputusannya selama masa jabatannya benar-benar tidak banyak membantu perjuangannya untuk mendapatkan hati dan respek penggemar.

Bukan hanya sekali atau dua kali, sepanjang seri, Hokage Ketiga tersebut selalu dikritik karena pengambilan keputusannya dan bagaimana dia sering membiarkan perasaan pribadinya menghalangi melakukan hal yang benar untuk desa.

Beberapa tindakan yang dia ambil memiliki dampak yang parah dan pada satu titik bahkan membawa Konohagakure ke jalan kehancuran.

Dilansir dari Sportskeeda, berikut ini adalah tiga alasan mengapa Hiruzen Sarutobi menjadi Hokage paling dibenci di serial Naruto:

1. Tidak merawat Naruto dengan Baik

Masa kecil Naruto Uzumaki. (YouTube)
Masa kecil Naruto Uzumaki. (YouTube)

Salah satu dosa besar Hiruzen Sarutobi adalah membiarkan Naruto tumbuh dalam isolasi dan dijauhi oleh keseluruhan Konohagakure.

Yang lebih mengejutkan penggemar adalah fakta bahwa sebelum Minato meninggal saat melindungi desa dari Kurama, dia telah meminta Hiruzen untuk melindungi putranya yang baru lahir.

Hiruzen Sarutobi entah bagaimana mampu menjaga Naruto secara fisik aman selama tahun-tahun, akan tetapi dia tidak dapat menyelamatkan protagonis seri dari pelecehan dan penyiksaan yang dia dapatkan dari penduduk desa lain karena keberadaannya sebagai Jinchuriki.

Sementara, demi plot, masa kecilnya yang keras membuatnya harus menjaga dirinya sendiri.

Penggemar tidak bisa memaafkan ketika Hiruzen Sarutobi tega membiarkan anak Hokage Keempat berjuang sekeras itu untuk hidupnya seorang diri.

Belum lagi ke mana harta kekayaan Minato dan Kushina yang seharusnya diwariskan kepada Naruto. Kenapa sampai anak yang harusnya dirawar Hiruzen Sarutobi ini malah jatuh miskin, sampai mengkonsumsi makanan basi.

Hampir merupakan keajaiban bahwa Naruto tidak berubah menjadi seperti Nagato seiring berjalannya narasi.

2. Lemah terhadap Orochimaru

Naruto - Orochimaru menggunaka Kinjutsu untuk memanggil Hashirama Senju dan Tobirama Senju. (fandom)
Naruto - Orochimaru menggunaka Kinjutsu untuk memanggil Hashirama Senju dan Tobirama Senju. (fandom)

Hiruzen Sarutobi selalu memiliki titik lemah untuk Orochimaru, yang merupakan antagonis utama pertama yang diperkenalkan dalam serial Naruto ini.

Dia adalah alasan di balik penghancuran Konohagakure selama ujian Chunin. Kemudian membuat Sasuke Uchiha membelot dari desa saat dia mencari kekuatan lebih kepada Orochimaru untuk dapat mengalahkan Itachi.

Hiruzen Sarutobi sebelumnya mengizinkan Orochimaru melarikan diri bahkan setelah mengetahui bahwa dia berada di balik penculikan massal yang terjadi di Konoha.

Orochimaru bereksperimen menggunakan semua orang yang diculik, dan bahkan setelah ketahuan, Hiruzen membiarkan mantan muridnya melarikan diri karena tekadnya yang lemah.

Dia tidak tega menghentikan Orochimaru, yang akhirnya menyebabkan kehancuran Konoha selama arc Ujian Chunin serta kematian Hiruzen di tangannya.

3. Membiarkan Danzo

Naruto - Danzo Shimura. (fandom)
Naruto - Danzo Shimura. (fandom)

Danzo mungkin berpikir bahwa tindakannya adalah untuk kemakmuran Desa Konoha secara keseluruhan.

Namun seperti Hiruzen Sarutobi, keputusannya lebih banyak merugikan daripada menguntungkan. 

Tindakannya pada akhirnya sangat ekstrem, dan ada saat-saat di mana Danzo tampil sebagai seseorang yang lebih jahat daripada gabungan Orochimaru dan Akatsuki.

Meskipun Hiruzen menyadari bahwa cara Danzo tidak benar, dia jarang melakukan apa pun untuk menghentikannya, dan membiarkan Danzo melakukan apa yang dia inginkan.

Hiruzen membiarkan perasaannya menghalangi tindakannya. Padahal keputusannya sering ditolak oleh para tetua desa, kurangnya tekadnya menyebabkan pembunuhan seluruh klan Uchiha dan membawa Sasuke Uchiha ke jalan gelap balas dendam.

Hiruzen Sarutobi selalu menolak konflik internal di Naruto, dan dia sepertinya selalu menyerah setiap kali ada keputusan keras yang harus dibuat di Naruto.

Itulah dosa besar Hiruzen Sarutobi yang membuatnya sangat dibenci penggemar Naruto. Ketiganya telah membuat Hiruzen Sarutobi menjadi Hokage paling dibenci.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait