Geek

Mengenal Sosok Ilustrator Solo Leveling, Manhwa yang Tengah Melejit

Siap Ilustrator Solo Leveling, dan apa karya lainnya?

Agung Pratnyawan

Manhwa Solo Leveling. (fandom)
Manhwa Solo Leveling. (fandom)

Hitekno.com - Jang-Sung-Rak alias Dubu dikenal sebagai ilustrator Solo Leveling yang belum lama ini dikabarkan meninggal dunia. Siapa sebenyarnya dia dan bagaimana kabar terkininya?

Penggemar Solo Leveling manhwa pasti betah baca karena ilustrasinya memang sangat bagus, dapat menggambarkan  emosi tokoh dan apa yang dialami tokok secara mendetail sampai-sampai kita terbawa larut ke dalam alur cerita.

Akan tetapi, pada tanggal 23 Juli 2022, penggemar harus terima dengan kabar duka bahwa sang ilustrator Solo Leveling  telah meninggal dunia. Bagi yang belum mengenal siapa ilustrator Solo Leveling, silahkan baca artikel ini sampai habis untuk mengenalnya.

Menurut Redice Studio, Jang-Sung-Rak (alias Dubu), CEO Redice Studio dan ilustrator meninggal karena stroke (pendarahan otak) pada 23 Juli.

Kabar duka ini menyentak seluruh penggemar Solo Levelling yang juga masih berharap bahwa Solo Leveling dapat diadaptasi ke dalam anime atau film. Secara resminya, kabar meninggalnya Dubu diumumkan melalui Twitter Redice Studio.

Dalam obituari tersebut, terungkap bahwa Dubu meninggal karena mengalami penurunan kesehatan yang tiba-tiba pada 23 Juli, dengan penyebab resmi kematian dinyatakan sebagai pendarahan otak.

Obituari tersebut juga menyebutkan bahwa Dubu menderita penyakit kronis sepanjang hidupnya. Pesan yang ditulis oleh tim produksi juga berterima kasih kepada penggemar Solo Leveling atas dukungan mereka.

Manhwa Solo Leveling. (fandom)
Manhwa Solo Leveling. (fandom)

Incase, Anda belum tahu apa itu Solo Leveling. Solo Leveling adalah manhwa (komik Korea Selatan yang mirip dengan manga Jepang) yang berlangsung dari 2018 hingga 2021 di Kakao.

Solo Leveling awalnya adalah novel web yang ditulis oleh Chugong sebelum mendapatkan adaptasi manhwa oleh Dubu.

Solo Leveling dikenal juga dengan judul Only I Level Up adalah ebook berbasis web oleh Chugong yang dapat dibaca secara online. Ebook ini lalu diadaptasi menjadi webtoon dan debut di KakaoPage sebagai serial pada 4 Maret.

Anime Solo Leveling sedang dikerjakan, dengan Shunsuke Nakashige menjabat sebagai sutradara dan Noboru Kimura sebagai penulis utama. Anime dijadwalkan akan tayang perdana pada 2023. 

Profil, Siapa Ilustrator Solo Leveling

Manhwa Solo Leveling. (fandom)
Manhwa Solo Leveling. (fandom)

Informasi yang dapat dihimpun dari esajae.psychology48.com, Jang Sung Rak adalah ilustrator dan seniman yang diakui secara luas yang berhasil diakui atas kontribusinya pada webcomic Solo Leveling.

Karya webcomic dibuat oleh CEO Reduce Studio Jang-Sung-Rak, yang biasanya disebut sebagai Dubu. Hak-hak bahasa Inggris e ebook telah diakuisisi oleh Yen Press. 

Karirnya sebagai ilustrator Jang Sung Rak dapat dilihat di beberapa komik seperti berikut ini:

  • Novel komik Space Dandy
  • The Island of Giant Insects
  • Beautiful Legend 

Dia mulai terlibat dalam leveling solo pada tahun 2018. Ia menyelesaikan 179 bab webcomic sampai 29 Desember 2021.

Demikian itu informasi singkat terkait dengan siapa ilustrator Solo Levelling. Sosok yang ikut serta mempopulerkan manhwa tersebut. (Suara.com/ Mutaya Saroh).

Berita Terkait