Geek

Perbedaan Antara Manga, Manhwa dan Manhua Menurut Sejarahnya

Jangan sampai salah membedakan Manga, Manhwa dan Manhua.

Agung Pratnyawan

Perbedaan Antara Manga, Manhwa dan Manhua. (HiTekno.com)
Perbedaan Antara Manga, Manhwa dan Manhua. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Salah satu jenis komik yang memiliki banyak penggemar adalah manga atau komik asal Jepang. Beberapa judul manga yang populer antara lain Naruto, One Piece, Bleach, dan Dragon Ball. Namun, kini mulai populer jenis komik lain yang tak kalah menghibur dibanding manga, yaitu manhwa dan manhua.

Lantas apa perbedaan anatara manga, manhwa, dan manhua? Berikut perbedaan antara manga, manhwa dan manhua yang HiTekno.com lansir dari CBR.com, Selasa (26/4/2022).

Istilah "manga" dan "manhwa" sebenarnya berasal dari istilah Cina "manhua", yang berarti "gambar dadakan". Awalnya, istilah ini digunakan di Jepang, Korea, dan Cina, masing-masing, sebagai istilah umum untuk semua komik dan novel grafis, terlepas dari negara asalnya.

Sekarang, pembaca internasional menggunakan istilah ini untuk menyebut komik yang diterbitkan dari negara tertentu: manga adalah komik Jepang, manhwa adalah komik Korea dan manhua adalah komik Cina.

Para pencipta komik Asia Timur ini juga memiliki judul khusus: orang yang membuat manga adalah "mangaka".

Monkey D. Luffy - One Piece. (MangaPlus)
Monkey D. Luffy - One Piece. (MangaPlus)

Orang yang membuat manhwa disebut "manhwaga" dan orang yang membuat manhua disebut "manhuajia". Selain etimologi, masing-masing negara juga secara historis mempengaruhi komik satu sama lain.

Pada pertengahan abad ke-20 Jepang, popularitas manga melejit dengan Godfather of Manga, Tezuka Osamu, pencipta Astro Boy.

Namun, para ahli percaya bahwa asal usul manga dimulai lebih awal, sekitar abad ke-12 hingga ke-13, dengan penerbitan Chj-Giga, kumpulan gambar hewan oleh berbagai seniman.

Selama Pendudukan Amerika (1945 hingga 1952), tentara Amerika membawa komik Eropa dan Amerika, yang mempengaruhi gaya seni dan kreativitas mangaka.

Ada permintaan yang besar untuk manga karena peningkatan pembaca pada 1950-an hingga 1960-an dan segera setelah itu, manga menjadi fenomena global dengan pembaca luar negeri mulai akhir 1980-an hingga sekarang.

Solo Leveling - Sung Jinwoo. (fandom)
Solo Leveling - Sung Jinwoo. (fandom)

Manhwa memiliki sejarah perkembangannya sendiri. Selama Pendudukan Jepang (1910-1945) di Korea, tentara Jepang membawa budaya dan bahasa mereka ke dalam masyarakat Korea, termasuk impor manga.

Pada 1930-an hingga 1950-an, manhwa digunakan sebagai propaganda untuk upaya perang dan untuk memaksakan ideologi politik pada warga sipil. Manhwa menjadi populer selama 1950-an hingga 1960-an tetapi menurun karena undang-undang sensor yang ketat pada pertengahan 1960-an.

Namun, manhwa kembali populer ketika Korea Selatan meluncurkan situs web yang menerbitkan manhwa digital yang dikenal sebagai webtoon, seperti Daum Webtoon pada tahun 2003 dan Naver Webtoon pada tahun 2004.

Kemudian pada tahun 2014, Naver Webtoon diluncurkan secara global dengan nama LINE Webtoon. Manhua adalah komik dari China, Taiwan dan Hong Kong.

Feng Shen Ji. (fandom)
Feng Shen Ji. (fandom)

Manhua dikatakan telah dimulai pada awal abad ke-20 dengan diperkenalkannya proses pencetakan litograf. Beberapa manhua didorong secara politis dengan cerita tentang Perang Tiongkok-Jepang Kedua dan Pendudukan Jepang di Hong Kong.

Namun, setelah Revolusi China pada tahun 1949, ada undang-undang sensor yang ketat, yang mengakibatkan manhua mengalami kesulitan untuk diterbitkan secara legal di luar negeri. Namun, manhuajia mulai menerbitkan sendiri karya mereka di media sosial dan platform webcomic seperti QQ Comic dan Vcomic.

Itulah penjelasan singkat tentang perbedaan antara manga, manhwa, dan manhua. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait