Geek

Naruto: Mengenal Apa Itu Bijuu, Siapa Lagi Selain Kurama

Kurama satu dari beberapa Bijuu di Naruto.

Agung Pratnyawan

Naruto - Kurama menyerang Konoha. (fandom)
Naruto - Kurama menyerang Konoha. (fandom)

Hitekno.com - Dalam anime dan manga Naruto, sosok Bijuu memegang peranting dalam alur cerita walau bukan tokoh utama. Namun apa itu Bijuu sebenarnya dan siapa saja mereka?

Sebagai informasi, serial anime dan manga Naruto telah selesai dan diteruskan dalam series Boruto. Namun masih banyak hal dari seri ayah Boruto tersebut yang masih menarik untuk disimak. Salah satunya soal apa itu Bijuu seperti Kurama.

Salah satu Bijuu yang sangat terkenal dalam serial Naruto adalah Kurama, rubah ekor sembilan dalam diri Naruto yang masih eksis sampai awal serial Boruto.

Sebelum lebih jauh membahas tentang bijuu, perlu kalian ketahui, Boruto sendiri merupakan anak dari Naruto, tokoh anime pada serial sebelumnya.

Di serial anime dan manga Boruto terbaru, persoalan tidak lagi datang dari Bijuu atau musuh lamanya, namun datang dari organisasi dengan nama Kara.

Meski demikian, kekuatan Bijuu sendiri masih dimiliki oleh beberapa tokoh ‘lawas’ yang sudah ada pada era serial anime Naruto. Memahami apa itu Bijuu di Naruto akan penting, agar Anda bisa mengikuti serialnya dengan lebih seru.

Apa Itu Bijuu di Naruto?

Naruto - rubah ekor sembilan, Kurama. (fandom)
Naruto - rubah ekor sembilan, Kurama. (fandom)

Bijuu sendiri jika diartikan secara harfiah adalah monster berekor. Definisi ini tepat, karena Bijuu yang digambarkan di dunia Naruto dan Boruto semuanya memiliki ekor.

Setiap bijuu memiliki ekor yang berbeda-beda jumlahnya. Setidaknya ada 9 bijuu berbeda, yang merupakan pecahan dari Juubi, yakni monster berekor 10 yang menjadi akar semua Bijuu.

Dalam serialnya Boruto dan Naruto, Bijuu merupakan kumpulan chakra yang diberikan jiwa oleh tetua bernama Hagoromo Otsutsuki. Tetua ini merupakan pencipta dunia shinobi tersebut.

Hagoromo Otsutsuki memiliki kekuatan yang sangat besar sehingga bisa membagi monster ekor 10 menjadi 9 monster berbeda. Masing-masing bijuu mempunyai kekuatan yang unik.

Mitologi Jepang yang Menjadi Referensi

Naruto - Kurama menyerang Konoha. (fandom)
Naruto - Kurama menyerang Konoha. (fandom)

Dari kesembilan nama Bijuu tersebut, setidaknya ada empat nama yang muncul dalam mitologi Jepang. Well, karena memang acuan atau referensinya berasal dari mitologi negeri Sakura tersebut, maka nama-nama yang ada di kisahnya juga serupa. Hanya saja, terdapat beberapa modifikasi dan penyesuaian, agar monster yang diadaptasi ini menjadi lebih menarik.

Pertama adalah monster ekor satu, yang bernama Shukaku. Nama ini berasal dari kisah tanuki yang terkenal di Jepang. Selanjutnya adalah Matatabi, monster kucing berekor tiga. Akar kisahnya adalah Nekomata.

Ketiga, adalah Gyuki, monster banteng-gurita berekor delapan yang mengacu pada kisah banteng Oni. Dan terakhir, yang paling terkenal dan paling kuat, adalah Kurama, monster rubah ekor sembilan yang mengacu pada kisah monster rubah Kitsune.

Keseruan petualangan Naruto yang sukses, membuat rumah produksinya kembali menggarap kisah anak dari Naruto, yakni Boruto. Meski demikian, karena berada pada dunia yang sama, maka beberapa Bijuu masih bisa ditemui dalam cerita ini.

Sedikit spoiler untuk Anda yang mengikuti kisah Boruto, kabarnya seorang karakter penting akan ‘mati’ dalam episode terbarunya. Siapakah dia? Apa itu bijuu di Naruto yakni kurama yang akan mati? Simak selengkapnya pada terbitan resmi manga Boruto. (Suara.com/ I Made Rendika Ardian).

Berita Terkait