Geek

5 Kemiripan One Piece dan My Hero Academia, Quirk vs Buah Iblis

Ternyata banyak kemiripan One Piece dan My Hero Academia.

Agung Pratnyawan

Deku dai My Hero Academia dan Luffy dari One Piece. (fandom)
Deku dai My Hero Academia dan Luffy dari One Piece. (fandom)

Hitekno.com - Tahukah kamu kalau ada beberapa kemiripan One Piece dan My Hero Academia yang seru untuk dibahas. Berikut ini dirangkum tim HiTekno.com soal kesamaan antara dua manga dan anime tersebut.

Siapa yang tak tahu One Piece? One Piece menjadi salah satu serial anime raksasa yang pernah dibuat. Kesuksesan One Piece membuat banyak anime/manga “tiruan” yang berusaha mengulangi formula anime produksi Toei Animation ini. Salah satu anime yang dianggap mirip dengan One Piece adalah My Hero Academia.

Sebelum membahas kemiripan One Piece dan My Hero Academia, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Terlepas dari opini penggemar, My Hero Academia mengambil banyak inspirasi dari seri One Piece. Satu dekade sebelum My Hero Academia dimulai, Kohei Horikoshi mengirim karya seni penggemar ke Eiichiro Oda.

Mangaka muda itu menunjukkan apresiasinya melalui Galeri Bajak Laut Usopp, yang ditayangkan kembali di One Piece Volume 23. Serial mereka masing-masing telah sukses besar di Weekly Shonen Jump.

Oda dan Horikoshi bertanggung jawab atas karya seni yang sangat populer. Keduanya memiliki rasa hormat yang mendalam satu sama lain.

Lalu kemiripan seperti apa yang ada pada kedua anime ini? Berikut kemiripan One Piece dan My Hero Academia yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Devil Fruits dan Quirk

Buah Iblis Mythical Zoan Hito Hito no Mi Model Nika yang disebut Gomu Gomu no Mi. (Fandom)
Buah Iblis Mythical Zoan Hito Hito no Mi Model Nika yang disebut Gomu Gomu no Mi. (Fandom)

Kedua anime ini memiliki kemampuan yang dibagi menjadi tiga tipe.

One Piece memiliki kemampuan khusus melalui Devil Fruits:

  • Paramecia: Pengguna diberikan kemampuan acak
  • Zoan: Pengguna dapat berubah menjadi hewan tertentu
  • Logia: Pengguna dapat berubah menjadi elemen tertentu

My Hero Academia memiliki kemampuan khusus melalui Quirk:

  • Emitor: Pengguna dapat menghasilkan atau bahkan mengontrol sesuatu
  • Transformasi: Pengguna dapat mengubah penampilan mereka untuk berbagai tujuan
  • Mutant: Pengguna memiliki kelainan fisik yang memberi mereka kekuatan

Horikoshi tumbuh dengan membaca karya Oda, jadi kemungkinan besar dia mengambil inspirasi di sini. Ini adalah cara sederhana namun efektif untuk mendiversifikasi kemampuan. Penulis hanya perlu membaginya menjadi tiga subkategori.

2. Devil Fruits dan Quirk Memiliki Kekuatan Mirip

Karakter My Hero Academia. (HiTekno.com)
Karakter My Hero Academia. (HiTekno.com)

Horikoshi tentu telah belajar banyak dari Oda, mengingat pola pikir kreatifnya untuk menciptakan kekuatan khusus. My Hero Academia memiliki lebih dari beberapa Quirk yang fungsinya sangat mirip dengan Devil Fruits.

Misalnya, Setsuna Tokage memiliki kemampuan untuk membelah tubuhnya menjadi beberapa bagian yang berbeda.

Dia juga dapat mengontrol setiap bagian secara manual. Lizard Tail Splitter sangat mirip dengan Devil Fruits Buggy dari One Piece. Bara Bara no Mi memberinya kekuatan yang sama persis.

Tentu saja, satu-satunya perbedaan adalah Setsuna dapat beregenerasi, sedangkan Buggy memiliki kekebalan terhadap serangan tebasan.

3. Kedua Seri Memiliki Konsep Keadilan yang Kuat

My Hero Academia.(IMDB)
My Hero Academia.(IMDB)

Izuku Midoriya selalu merasa perlu menjaga orang. Lebih dikenal dengan nama pahlawan Deku, ia tidak pernah ragu untuk membantu orang-orang di sekitarnya.

Deku sering menempatkan dirinya dalam bahaya di My Hero Academia. Dia benar-benar ingin menjadi Simbol Perdamaian bagi Jepang, terlepas dari risikonya.

One Piece juga memiliki karakter utama dengan keyakinan moral mereka. Bagaimanapun, Luffy akan selalu melindungi teman-temannya.

Bajak laut itu bahkan tidak segan untuk meninju Bangsawan Dunia, atas kekuatan kasar dan praktik korupsi mereka. Luffy bahkan tidak peduli dengan konsekuensinya. Dia hanya melakukan apa yang dia rasa benar.

4. Karakter Terkuat Berfungsi Sebagai Mentor

One Piece - Shanks kehilangan lengannyan. (fandom)
One Piece - Shanks kehilangan lengannyan. (fandom)

Sejak kecil, Deku ingin menjadi seperti superhero favoritnya. All Might adalah Simbol Perdamaian untuk Jepang. Dengan menggunakan OFA Quirk-nya, dia menjadi karakter terkuat di serial ini. Sementara itu, Luffy ingin menjadi Raja Bajak Laut.

Shanks adalah salah satu bajak laut terkuat di dunia, tetapi kepercayaannya pada kebebasanlah yang menarik perhatian Luffy. Menariknya, kedua mentor ini mengorbankan kekuatan mereka hanya demi anak didiknya.

All Might memberi Deku kekuatannya, sementara Shanks kehilangan lengannya untuk melindungi Luffy.

5. Protagonis Utama dapat Membaca Pikiran Batin Orang

One Piece - Luffy.(Toei Animation)
One Piece - Luffy.(Toei Animation)

Luffy memiliki kemampuan khusus untuk mengetahui apa yang dipikirkan teman-temannya. Setiap kali mereka berada dalam situasi yang menyakitkan, Topi Jeraminya akan tahu persis bagaimana perasaan mereka yang sebenarnya.

Deku juga memiliki sifat yang sama dalam serialnya sendiri. Dia sangat pandai memahami masalah emosional. Misalnya, ketika dia pergi makan malam keluarga dengan Shoto Todoroki, Deku tahu bahwa dia ingin memaafkan ayahnya. Shoto hanya mencari waktu dan tempat yang tepat. 

Itulah beberapa kemiripan One Piece dan My Hero Academia yang harus kamu ketahu.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait