Geek

Dragon Ball Super: Seberapa Kuat Jin Kura-Kura?

Meski sudah kakek-kakek, Jin Kura-Kura masih menyimpan kekuatan rahasia. Seberapa kuat guru Goku ini?

Agung Pratnyawan

Dragon Ball Super - Master Roshi atau Jin Kura-kura. (fandom)
Dragon Ball Super - Master Roshi atau Jin Kura-kura. (fandom)

Hitekno.com - Mentor Goku, Master Roshi (atau yang juga sering disebut sebagai Jin Kura-Kura), telah menerima peningkatan kekuatan yang signifikan untuk Turnamen Kekuatan Dragon Ball Super. Seberapa kuat Jin Kura-Kura sekarang?

Karakter Jin Kura-kura ini menjadi salah satu yang ikonik dari seri awal Dragon Ball, dan masih berlanjut di Dragon Ball Z. Bahkan di seri Dragon Ball Super, kakek tua ini terlihat lebih kuat lagi.

Akan tetapi, banyak yang belum tahu seberapa kuat peningkatan yang dia dapatkan dan bagaimana kekuatannya sekarang.

Ya, Jin Kura-Kura secara signifikan lebih kuat di Dragon Ball Super daripada yang diketahui oleh penggemar di Dragon Ball Z selama ini.

Sebab Dragon Ball Super telah memberikan kesempatan Jin Kura-Kura untuk menunjukkan kekuatannya yang sebenarnya dengan cara yang tidak pernah dilakukan Dragon Ball Z.

Dalam Golden Frieza Saga, Master Roshi adalah salah satu pahlawan yang mengikuti Gohan ke dalam pertempuran melawan Pasukan Frieza.

Roshi kembali dalam kapasitas yang lebih besar untuk Turnamen Kekuatan. Beruntung, pengalaman taktisnya membuatnya menjadi kandidat untuk tim Universe 7 Goku.

Dragon Ball Super - Master Roshi atau Jin Kura-kura. (fandom)
Dragon Ball Super - Master Roshi atau Jin Kura-kura. (fandom)

Dari sanalah diketahui Jin Kura-Kura ternyata menyembunyikan banyak kekuatan, terbukti menjadi aset Universe 7 di turnamen tersebut.

Setelah mengalahkan Krillin dan Tien, Jin Kura-Kura kemudian melakukan perlawanan yang cukup keras melawan petarung dari Universe 4.

Ia bahkan mencetak beberapa eliminasi, termasuk pemimpin tim mereka, Ganos yang sangat kuat.

Momen di Turnamen Kekuatan ini yang pada akhirnya berhasil menjelaskan seberapa kuat Jin Kura-Kura sebenarnya.

Terlebih ketika Jin Kura-Kura secara individu menantang Tien. Padahal saat itu, hampir semua peserta Turnamen Kekuatan merasa takut dengan Tien.

Goku sendiri sebenarnya mampu mengalahkan Tien tanpa menjadi Super Saiyan. Akan tetapi, dia harus mengeluarkan usaha yang ekstra keras.

Namun hal itu tidak terjadi pada Jin Kura-Kura ketika bertarung dengan Tien. 

Dragon Ball Super - Master Roshi atau Jin Kura-kura. (fandom)
Dragon Ball Super - Master Roshi atau Jin Kura-kura. (fandom)

Saking mudahnya melihat Jin Kura-Kura mengalahkan Tien, Goku sampai menduga bahwa Jin Kura-Kura telah berlatih secara rahasia.

Itu juga menjadi bukti jika Jin Kura-Kura jauh lebih kuat daripada siapa pun (terutama saat menggunakan bentuk Max Power-nya yang besar).

Di masa lalu, jelas bahwa Jin Kura-Kura telah dikalahkan oleh Krillin, Tien, Yamcha, dan bahkan Chiaotzu, tetapi ini mungkin tidak lagi valid.

Jika dia lebih kuat dari Tien, ada kemungkinan besar dia bisa mengalahkan Yamcha dan Krillin juga.

Akan tetapi dikatakan jika posisi Jin Kura-Kura belum lebih baik dari Frost jika dilihat dari kekuatan yang dimiliki.

Jadi, terlepas dari peningkatan kekuatan Jin Kura-Kura di Dragon Ball Super, dia masih tidak berada di liga Saiyans, Androids, atau Piccolo, tapi dia setidaknya kembali menjadi anggota Z-Warriors yang cakap.

Itulah penjelasan seberapa kuat Jin Kura-Kura alias Master Roshi dalam seri Dragon Ball Super dirangkum dari Screenrant.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait