Geek

Dragon Ball: Siapa Ibu Chi-Chi dan Mengapa Tidak Pernah Terlihat?

Siapa ibu Chi-Chi, seolah-olah disembunyikan keberadaannya.

Agung Pratnyawan

Dragon Ball - Chi-Chi. (HiTekno.com)
Dragon Ball - Chi-Chi. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Yuk kenalan dengan ibunya Chi-Chi, salah satu karakter menarik di anime Dragon Ball namun jarang sekali terlihat. Padahal, dia punya hubungan dekat dengan Goku. Siapa ibu Chi-Chi sebenarnya?

Penonton Dragon Ball mungkin sudah tahu silsilah Goku baik dari pihak ayahnya yakni Bardock atau dari pihak ibunya, Gine. Keduanya bahkan sudah jadi kanon dalam cerita ini.

Namun, tidak banyak yang tahu bagaimana silsilah istri Goku, Chi-Chi. Siapa ibunya kenapa jarang diungkap di manga dan anime Dragon Ball?

Orang tua Chi-Chi tidak cukup mapan seperti Goku. Ayahnya Chi-Chi, Ox-King, memiliki sejarah yang cukup panjang sebagai seseorang yang telah ada sejak awal Dragon Ball.

Sementara ibunya Chi-Chi, dia benar-benar diselimuti misteri. Ibunya Chi-Chi ini tidak pernah muncul secara fisik di serial ini dan dia hanya disebutkan secara singkat.

Tapi ada beberapa informasi yang telah Hitekno.com rangkum tentang ibunya Chi-Chi alias mertua perempuan Goku:

Dragon Ball - Chi-Chi dan ibunya. (fandom)
Dragon Ball - Chi-Chi dan ibunya. (fandom)

Ibunya Chi-Chi ini dikenal sebagai istri dari Ox-King. Namun teori ini juga belum jelas karena tidak bisa dibuktikan. Tidak ada yang tahu mereka menikah atau tidak.

Tidak ada yang tahu juga hubungan seperti apa yang dimiliki keduanya, apakah itu manis atau menyedihkan. Semua orang tahu, mereka hanya bersatu demi putri mereka.

Untungnya, ibunya Chi-Chi dan Ox-King tampaknya berhubungan baik. Ox-King pernah melihat kembali masa-masanya dengan mantan istrinya dengan penuh kasih, yang menunjukkan bahwa ada jauh lebih banyak waktu baik daripada buruk di antara mereka.

Ini lebih lanjut ditunjukkan oleh cara dia memberikan gaun pengantin lama istrinya kepada putrinya. Sementara sisi ibu dari cerita belum terungkap, kemungkinan perasaan itu saling menguntungkan.

Namun nasib ibunya Chi-Chi ini terbilang tragis.  Rupanya, dia meninggal karena sebab alami sekitar waktu yang sama dengan kelahiran putrinya. 

Dragon Ball - Chi-Chi dan ayahnya, Ox-king. (fandom)
Dragon Ball - Chi-Chi dan ayahnya, Ox-king. (fandom)

Ini berarti Chi-Chi tidak pernah mengenal wanita itu secara pribadi dan hanya tahu dari pemaparan ayah tentang ciri-ciri fisik dan karakter ibunya.

Satu-satunya visual ibu Chi-Chi yang ditampilkan adalah di Episode 149 dari Dragon Ball Asli "Dress in Flames."

Di sini, ada lukisan wanita yang menggendong bayi perempuannya sambil duduk di telapak tangan suaminya.

Ya, ibunya Chi-Chi duduk di tangan suaminya. Tubuhnya tidak kecil, tapi memang perawakan Ox-King saja yang terlalu besar bak raksasa.

Dragon Ball - Lukisan keluarga Chi-Chi. (fandom)
Dragon Ball - Lukisan keluarga Chi-Chi. (fandom)

Sayangnya, wajahnya dikaburkan dalam setiap bidikan lukisan itu. Ini mungkin ada hubungannya dengan episode yang dimaksud sebagai non-kanon untuk manga.

Sebab jika Akira Toriyama memutuskan untuk menulis tentang ibu Chi-Chi dan dia tidak terlihat seperti yang dibayangkan oleh Toei Animation, mereka akan berada dalam masalah.

Tapi kita semua bisa melihat wajah ibunya Chi-Chi dari sosok Chi-Chi sendiri.

Chi-Chi jelas tidak mewarisi penampilannya dari ayahnya, jadi kemungkinan besar dia mendapatkannya dari ibunya. 

Dragon Ball - Chi-Chi dan Goku. (fandom)
Dragon Ball - Chi-Chi dan Goku. (fandom)

Itulah beberapa informasi yang mungkin perlu kamu tahu soal ibunya Chi-Chi di anime Dragon Ball.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait