Geek

7 Genre Anime Populer yang Perlu Kamu Ketahui

Dari beberapa genre anime ini, mana yang kamu sukai?

Agung Pratnyawan

Spy X Family. (Netflix)
Spy X Family. (Netflix)

Hitekno.com - Anime memiliki banyak genre dan terus berkembang hingga kini. Dari sekian banyaknya, berikut ini ada beberapa genre anime populer yang harus kamu ketahui.

Anime merupakan animasi dari Jepang yang divisualisasikan melalui tangan ataupun teknologi komputer. Anime menjadi salah satu hiburan dengan peminat yang banyak dari seluruh dunia. Genre anime pun bermacam-macam dan tentunya selalu unik dan seru.

Jenis genre anime ini sebagian besar sama dengan jenis genre film, misal seperti romance, komedi, horror, action, dan lain sebagainya. Tidak hanya dari karakter maupun gambar para tokohnya anime juga banyak disukai berdasarkan dari genrenya.

Bagi kamu yang masih bingung atau mencari referensi genre anime, berikut genre anime populer yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

7. Horror

Mieruko-chan. (IMDB)
Mieruko-chan. (IMDB)

Anime horor dikenal karena memberikan mimpi buruk kepada penontonnya dengan menimbulkan ketakutan dan kecemasan. Dari jumpscares hingga kesunyian yang menakutkan, anime horor memiliki segalanya untuk membuat para penggemarnya sangat ketakutan.

Namun, genre ini tidak cocok untuk segala usia karena mengandung kebrutalan dan adegan yang tidak menyenangkan.

Seringkali genre Dark Fantasy disalah artikan sebagai Horror, padahal sebenarnya itu hanyalah salah satu sub kategorinya seperti Psychological Horror dan Supernatural horror.

Anime Dark Fantasy hanyalah perpaduan antara fantasi dengan unsur horor. Beberapa anime horor yang paling terkenal adalah Yamishibai: Japanese Ghost Stories, Mieruko-chan, Another, Gantz, Elfen Lied, Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba, dan The Junji Ito Collection.

6. Sci-Fi

Neon Genesis Evangelion. (IMDB)
Neon Genesis Evangelion. (IMDB)

Anime Sci-Fi disukai karena aspek pemikirannya. Ceritanya biasanya terjadi di dunia yang jauh lebih maju di mana dikelilingi oleh teknologi yang tidak realistis. Genre ini kebanyakan berfokus pada perjalanan waktu, karakter dengan kemampuan psikis, dan robot raksasa.

Hal yang banyak membuat orang menyukai genre ini adalah cara karakter ini mencoba untuk menghilangkan prasangka beberapa teori mereka yang saling bertentangan seperti paradoks kakek, paradoks Fermi, dan efek Kupu-kupu. Ada beberapa sub kategori Sci-Fi seperti Space Opera, Fiksi Dystopian, dan Steampunk.

Beberapa anime sci-fi paling terkenal sepanjang masa adalah Cowboy Bebop, franchise Mobile Suit Gundam, Neon Genesis Evangelion, Ghost in a Shell, dan Steins Gate.

5. Komedi

Cromartie High School. (Fandom)
Cromartie High School. (Fandom)

Hampir setiap orang membutuhkan tawa, anime komedi selalu memenuhi keinginan itu. Namun, beberapa anime sebagian besar terdiri dari kategori genre komedi dengan humor sebagai elemen utamanya. Dari ekspresi wajah lucu yang memanjang hingga alur cerita yang absurd dan jenaka.

Ada beberapa sub genre dalam komedi seperti Horror Comedy, Romantic Comedy, Satire, Slapstick, dan Parodi. Beberapa anime komedi yang paling terkenal sepanjang masa adalah Gintama, Haven't you heard? I’m Sakamoto, The Disastrous Life of Saiki K, Arakawa Under The Bridge, Great Teacher Onizuka, dan Cromartie High School.

4. Romance

Shigatsu wa Kimi no Uso - Your Lie in April. (IMDB)
Shigatsu wa Kimi no Uso - Your Lie in April. (IMDB)

Genre Romance dikatakan sebagai kategori yang paling menyentuh hati, karena benar-benar membenamkan penonton ke dalam dunia di mana mereka dapat merasakan apa pun yang dialami karakter tersebut. Genre Romance sebagian besar berfokus pada dua individu dan perjalanan romantis mereka bersama.

Tidak biasa bagi kedua karakter untuk mengungkapkan kasih sayang mereka satu sama lain di akhir cerita, karena sebagian besar waktu hanya satu orang yang membutuhkan waktu lama untuk menyatakan cinta mereka.

Sementara beberapa anime romance menghibur hati pemirsa, yang lain membuat mereka patah hati dan menangis.

Ada beberapa sub genre dibawah genre Romance seperti Romantic Comedy, Paranormal Romance, Historical Romance, dan Fantasy Romance.

Beberapa anime Romance yang paling terkenal sepanjang masa adalah 5 Centimeters per Second, Your Name, A Silent Voice, Into The Forest of Fireflies, Clannad, dan Your Lie in April.

3. Fantasy

Rising of the Shield Hero. (IMDB)
Rising of the Shield Hero. (IMDB)

Anime fantasi berlangsung di dunia yang luar biasa di mana sihir adalah elemen penting. Setiap anime fantasi termasuk dalam kategori Isekai, yang merupakan genre portal fantasi Jepang.

Genre Fantasi juga mengambil inspirasi dari mitologi dan cerita rakyat dan mengeluarkan beberapa binatang mitos paling kuat, karakter jahat, dan senjata legendaris.

Ceritanya sebagian besar berkisar pada karakter yang diangkut ke dunia imajiner di mana mereka akhirnya menjadi Yang Terpilih, yang ditugaskan dengan tanggung jawab untuk memulihkan dunia dengan menghilangkan semua kejahatan.

Ada beberapa subgenre di bawah Fantasy seperti Epic Fantasy, Portal Fantasy, Science Fantasy, Dark Fantasy, dan Sword and Sorcery.

Beberapa anime Fantasi yang paling terkenal adalah Rising of the Shield Hero, Re: ZERO - Starting Life in Another World, Inuyasha, That Time I Got Reincarnated as a Slime, dan The Devil is a Part-Timer.

2. Thriller

Anime Monster. (IMDB)
Anime Monster. (IMDB)

Anime thriller memiliki alur cerita yang ditulis dengan baik dan kompleks yang membuat penonton tetap utuh dengan plotnya. Anime thriller sering kali mengeksplorasi kedalaman psikologi manusia, itulah sebabnya kategori ini dikatakan lebih mengerikan daripada genre horor.

Demografi Seinen (dewasa muda) sebagian besar dikaitkan dengan kategori Thriller karena tidak direkomendasikan untuk penonton berusia di bawah 18 tahun.

Ada banyak sub kategori dalam genre thriller seperti Psychological thriller dan Action thriller. Film thriller kejahatan, film thriller Misteri, film thriller mata-mata, dan film thriller fiksi ilmiah.

Beberapa anime Thriller yang paling terkenal sepanjang masa adalah Death Note, Death Parade, Ergo Proxy, Monster, dan Psycho-Pass.

1. Action

One Piece - Buah Iblis. (HiTekno.com)
One Piece - Buah Iblis. (HiTekno.com)

Genre action adalah kategori paling populer di anime, yang dicintai karena alur ceritanya yang memikat dan urutan pertarungannya yang menyihir.

Dari kekuatan manusia super yang brutal hingga kekuatan supranatural yang menakutkan, kategori ini memiliki segalanya untuk ditawarkan kepada para penggemarnya.

Selanjutnya, tidak ada dalam anime aksi yang lebih mendebarkan daripada menyaksikan karakter untuk mengalahkan karakter yang paling mematikan.

Subkategori genre aksi termasuk Superhero, Seni Bela Diri, Aksi Sci-Fi, Aksi Horor, Perburuan Harta Karun, dan Petualangan Aksi Perang.

Beberapa anime paling terkenal yang masuk dalam kategori aksi adalah franchise Dragon Ball, Naruto, One Piece, Vinland Saga, Baki, dan One Punch Man.

Itulah tujuh genre anime populer beserta contoh dan penjelasannya. Dari genre anime di atas, mana yang jadi favoritmu?

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait