Geek

Apa itu Tsundere? Berikut Ini Penjelasan Lengkap Ciri-Ciri dan Jenisnya

Kenali apa itu Tsundere, yang sering muncul di manga dan anime.

Agung Pratnyawan

Karakter Tsundere - Chitoge Kirisaki, Azusa Nakano, Erina Nakiri. (HiTekno.com)
Karakter Tsundere - Chitoge Kirisaki, Azusa Nakano, Erina Nakiri. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Jika kamu adalah salah satu penggemar anime Jepang, tentu kamu akan sering mendengar istilah Tsundere. Ketahui apa itu Tsundere yang sering muncul di anime dan manga.

Ya, Tsundere ini sering dikenal sebagai salah satu watak dalam karakter anime Jepang dengan ciri-ciri tertentu.

Tsundere merupakan gabungan dua suku kata dari bahasa Jepang yakni, Tsun dan Dere. Kata Tsun sendiri berarti berpaling ketika marah, sedangkan Dere bermakna sedang jatuh cinta.

Jika dirangkum dalam kalimat lengkap, Tsundere adalah karakteristik dari seseorang yang dingin dan terkesan keras, namun pada satu ketika ia bisa berubah menjadi seseorang yang penyayang dan mudah tersentuh perasaannya.

Biasanya, karakter-karakter ini mulanya digambarkan sebagai sosok yang keras dan acuh tak acuh.

Taiga Aisaka - Toradora!. (Fandom)
Taiga Aisaka - Toradora!. (Fandom)

Namun seiring perkembangan cerita, karakter tersebut berubah wataknya menjadi lemah lembut dan lebih penyayang.

Selain itu, kata ini juga dipakai untuk menggambarkan seseorang yang biasanya menunjukkan sikap dingin, tetapi di depan orang yang disukainya, sikap tersebut berubah menjadi penuh kasih sayang. 

Buat mereka yang belum mengenal watak Tsundere ini, akan dibuat bingung dengan arah watak karakter dalam sebuah film anime.

Sebab wataknya berubah-ubah sesuai dengan momen dan siapa dia berinteraksi dalam film tersebut.

Istilah Tsundere mulai dikenal setelah sering digunakan dalam permainan video bishoujo produksi Jepang. Namun saat ini, istilah tersebut mulai digunakan juga di anime, manga dan sebagainya.

Erina Nakiri - Shokugeki no Soma. (Fandom)
Erina Nakiri - Shokugeki no Soma. (Fandom)

7 Jenis watak Tsundere

Secara garis besar ada tujuh jenis watak Tsundere yang perlu kamu tahu:

  1. Tsundere natural (sifat bawaan): Sifat ini memang alami dari karakter yang bersangkutan.
  2. Tsundere narsisme: Karakter dengan sifat Tsundere narsisme biasanya mengubah mood karena ingin narsis di hadapan orang yang disuka.
  3. Tsundere ojou: Ini adalah sifat tsundere yang muncul sebagai akibat latar belakang kehidupan dari karakter yang menerapkan gaya hidup superior.
    Karakter seperti ini melibatkan sifat gengsi yang memicu perilaku Tsundere.
  4. Deviant tsundere: Jenis tsundere ini yang paling berbahaya dari semuanya. Sebab karakter dengan Deviant tsundere bisa mengancam jiwa karakter lain.
  5. Tsundere pragmatis: Karakter ini cenderung bersikap pragmatis, menanggapi segala sesuatu secara serius, terlalu berpaut pada peraturan, dan biasanya sebagai karakter tsukkomi yang memiliki selera humor yang rendah.
    Namun karena sikapnya yang selalu serius, pada suatu waktu ia nantinya berubah menjadi bersikap lembut, sama dengan aura moe tsundere lainnya, sehingga karakter ini secara resmi diklasifikasikan sebagai tsundere.
  6. Ekstrovert tsundere: Pada tipe tsundere ini, karakter yang bersangkutan akan melakukan hal apapun untuk dapat mendekati karakter lainnya, biasanya tingkah laku yang jahil atau mengganggu karakter lain, dan inilah fase tsun-tsun.
  7. Introvert tsundere: Kebalikan dari extrovert tsundere, dan hanya berlaku pada karakter yang pendiam.
    Kecenderungannya untuk menyembunyikan perasaan sesungguhnya muncul karena sifat introvertnya sendiri.
    Dalam kata lain, karakter ini pada dasarnya memang tertutup. Reaksi tsun-tsun kemungkinan besar hanya terjadi secara verbal; tipe ini untuk selanjutnya disebut "dandere".

Itulah beberapa informasi tentang istilah apa itu tsundere yang perlu kamu tahu.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait