Geek

Mengenal Apa Itu Anime Mecha yang Digemari Masyarakat Jepang Sejak 1963

Apa itu anime mecha dan perkembangannya.

Agung Pratnyawan

Mobile Suit Gundam 00. (IMDB)
Mobile Suit Gundam 00. (IMDB)

Hitekno.com - Anime Mecha masih menjadi salah satu genre anime paling diminati. Namun apakah kamu mengetahui apa itu anime mecha tersebut?

Secara tradisional, mecha digunakan untuk menggambarkan mekanis apa pun di Jepang, dari mobil, alat rumah tangga, gadget, bahkan robot. Istilah ini telah diadaptasi menjadi "robot anime" dan digunakan untuk menggambarkan serial anime dan manga yang berpusat di sekitar elemen robot.

Kata mecha sendiri berasal dari bahasa Jepang "meka," yang merupakan versi singkat dari kata bahasa Inggris "mekanik”, seperti HiTekno.com lansir dari Wikipedia.

Dalam anime mecha, robot biasanya adalah kendaraan atau "armor" tubuh lengkap yang digerakkan oleh manusia dan digunakan dalam pertempuran.

Anime mecha pertama dirilis pada tahun 1963 dengan nama Tetsujin 28-GO, dan seperti kebanyakan anime, anime ini didasarkan pada manga tahun 1956.

Anime Tetsujin 28-GO. (.ist)
Anime Tetsujin 28-GO. (.ist)

Manga lain yang memunculkan robot raksasa adalah Giant Robo. Mitsuteru Yokoyama adalah penulis keduanya anime mecha dan dikenal sebagai bapak genre.

Pada tahun 1972 Mazinger Z muncul, sebuah manga yang tampaknya pertama kali menampilkan kontrol robot di dalamnya. Mecha adalah kategori yang cukup luas dengan banyak subdivisi yang melibatkan robot kecil, besar, dan humanoid atau mirip hewan.

Gundam adalah seri tentang robot raksasa (mecha), salah satu seri terbesar dalam fiksi ilmiah Jepang. Gundam memiliki cerita yang cukup kompleks untuk digambarkan secara singkat. Gundam sebenarnya memiliki alam semesta sendiri dan beberapa cerita.

Hingga saat ini ada banyak anime mecha, oleh karena genre ini digemari. Genre ini bisa memiliki unsur komedi, petualangan, perang, dan fantasi.

Contoh anime mecha adalah "Mobile Suit Gundam", "Full Metal Panic!", "Evangelion", "Eureka Seven", Code Geass", "Guilty Crown", "Macross", "GoShogun", "RahXephon", "God Mazinger", "Magic Knight Rayearth", dan animasi Hollywood bekerja sama dengan studio Jepang adalah "Pacific Rim:The Black".

Itulah penjelasan singkat tentang apa itu anime mecha. Bagaimana tertarik untuk menontonnya?

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait