Geek

Apa Itu Seinen? Berikut Ini adalah Rangkuman Informasinya

Kenali apa itu Seinen, genre yang sering salah dikira dengan Shonen.

Agung Pratnyawan

Prison School. (IMDB)
Prison School. (IMDB)

Hitekno.com - Berikut ini adalah informasi yang telah tim Hitekno.com rangkum tentang apa itu Seinen dalam anime dan manga. Udah pada tau belum?

Anime memang menjadi salah satu jenis tontonan yang punya cakupan sangat luas. Di sini, kamu bukan hanya akan menemukan genre dan tema.

Pengklasifikasian anime dan manga juga dapat dilakukan berdasarkan beberapa kriteria, salah satunya adalah kelompok usia yang dibidik.

Berdasarkan kriteria tersebut, anime dan manga dapat dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan usia dan jenis kelamin, tergantung pada topik, gaya, dan klasifikasi genre klasiknya. 

Salah satu genre yang yang cukup populer adalah Seinen. Secara garis besar, Seinen adalah anime yang ditujukan untuk pria yang lebih tua dari shounen, biasanya mereka yang berusia di atas delapan belas tahun. 

Karena penontonnya lebih dewasa, maka ide cerita pun dibuat lebih dewasa dan serius.

Definisi Seinen

Anime My Dress-Up Darling. (IMDB)
Anime My Dress-Up Darling. (IMDB)

Apa itu Seinen? Kata Seinen adalah istilah Jepang yang secara harfiah berarti "pemuda", tetapi juga digunakan untuk merujuk pada (sub) genre manga dan anime tertentu yang dipasarkan untuk pria dewasa muda, antara usia 18 dan 45 tahun.

Meskipun istilah ini berarti "pemuda ”, seinen sebenarnya ditujukan untuk kelompok usia pria yang lebih tua. Setara wanita dari seinen adalah josei.

Seinen "terletak" di antara genre shnen (yang dipasarkan untuk anak laki-laki) dan gekiga (yang dipasarkan untuk orang dewasa), sejauh menyangkut usia.

Seinen adalah salah satu genre animanga tertua di Jepang. Salah satu majalah manga paling awal yang diterbitkan di Jepang adalah  publikasi  seinen yakni Weekly Manga Times.

Perbedaan Seinen dan Shounen

Vinland Saga. (IMDB)
Vinland Saga. (IMDB)

Meskipun ada perbedaan, genre anime dan manga seinen sering tumpang tindih dengan tema manga shonen.

Itulah sebabnya terkadang sulit untuk membedakannya tanpa benar-benar membaca semuanya. Tapi, secara umum, ada trik yang bisa kamu gunakan untuk membedakan keduanya.

Ketika Anda membaca manga atau nonton anime, kamu akan melihat apakah furigana  (alat bantu membaca dalam bahasa Jepang adalah kanji .

Jika ada furigana  di semua kanji, judul umumnya ditujukan untuk penonton yang lebih muda. Jika tidak, berarti itu adalah Seinen

Judul manga tempat ia diterbitkan juga merupakan indikator yang sangat penting. Biasanya, majalah manga Jepang dengan kata “muda” pada judulnya adalah seinen. 

Itulah pengertian apa itu Seinen yang perlu kamu tahu dari anime juga manga.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait