Geek

7 Rekomendasi Anime Iyashikei, Tontonan Pengusir Stres

Anime Iyashikei adalah anime ringan namun bikin nagih untuk ditonton.

Agung Pratnyawan

Yuru Camp. (IMDB)
Yuru Camp. (IMDB)

Hitekno.com - Rekomendasi anime iyashikei menjadi salah satu genre yang cocok dinikmati di tengah penatnya aktivitas sehari-hari. Tim HiTekno.com telah merangkum rekomendasi anime iyashikei untuk kamu.

Iyashikei berasal dari bahasa Jepang yang artinya healing atau penyembuhan. Di dunia anime, iyashikei adalah sub dari genre slice of life yang memiliki unsur menenangkan hati.

Umumnya, anime iyashikei memiliki elemen berupa kisah keseharian tanpa konflik rumit, latar tempat indah, sampai musik pengiring yang halus. Alur anime jenis ini dibiarkan mengalir apa adanya sehingga penonton yang menyaksikannya merasa nyaman.

Berikut rekomendasi anime iyashikei yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Barakamon

Barakamon. (IMDB)
Barakamon. (IMDB)

Barakamon menceritakan kehidupan Handa Seishuu, seorang kaligrafer yang karena suatu hal, terlempar ke sebuah pulau terpencil. Pulau tersebut hanya punya satu telepon untuk satu desa sendirian.

Di pulau tersebut ia berusaha mengasah kembali kemampuan kaligrafinya ditemani dengan teman barunya. Salah satunya adalah Naru, anak kampung setempat.

2. Yuru Camp

Yuru Camp. (IMDB)
Yuru Camp. (IMDB)

Yuru Camp menghadirkan sensasi relaksasi selama menonton. Animenya sendiri mengangkat cerita Rin Shima, seorang gadis yang senang melakukan camping sendirian di berbagai tempat dengan pemandangan indah salah satunya di Gunung Fuji.

Suatu hari ia berjumpa Nadeshiko yang tidak bisa pulang karena ketinggalan bis terakhir. Rin pun mengajak Nadeshiko camping bersamanya dan setelah itu mereka pun mulai berteman.

3. Usagi Drop

Usagi Drop. (IMDB)
Usagi Drop. (IMDB)

Usagi Drop menceritakan tentang keseharian pria berumur 30 tahun yang bernama Daikichi merawat anak berumur 6 tahun (anak kakeknya). Anak perempuan itu bernama Kaga Rin.

Ketika ayahnya meninggal (kakeknya Daikichi), para keluarga terasa berat untuk merawat Rin. Beberapa peristiwa dalam prosesi pemakaman tersebut membuat Daikichi bersimpati pada Rin.

Dan ketika para keluarga akan memutuskan untuk memasukan Rin ke panti asuhan. Daikichi memutuskan untuk merawat Rin. Para keluarga terkejut dengan Daikichi. Walaupun dia telah hidup mandiri bukan berarti mudah dalam merawat seorang anak. Tapi Daikichi bersikeras dia yang akan merawat Rin.

4. Super Cub

Super Cub. (Muse Asia)
Super Cub. (Muse Asia)

Anime ini diadaptasi dari serial novel ringan Jepang ditulis Tone Koken dan diilustrasikan oleh Hiro. Super Cub bercerita tentang Koguma, seorang gadis yatim piatu, tidak mempunyai hobi serta teman.

Suatu hari, karena jarak rumah dan sekolahnya yang cukup jauh, Ia memutuskan untuk membeli Honda Super Cub. Tak disangka motor tersebut, membawa perubahan besar baginya.

Bukan hanya pergi ke sekolah dengan mudah, namun ia juga mendapat teman baru yang sama-sama mempunyai Super Cub. Sejak saat itulah Ia dan teman-temannya selalu bersama bahkan pergi jauh dengan motor mereka.

5. Tamako Market

Tamako Market. (IMDB)
Tamako Market. (IMDB)

Anime Tamako Market bercerita tentang kehidupan gadis muda yaitu Tamako Kitashirakawa. Tamako adalah anak tertua di suatu keluarga yang mempunyai toko mochi di Usagiyama Shopping District. Suatu hari, Tamako Kitashirakawa bertemu dengan burung yang aneh.

Burung itu bernama Dera Mochimazzi. Ia mengaku datang dari pulau yang sangat jauh untuk mencari pengantin wanita bagi tuannya. Dalam misinya untuk mencari pengantin, Dera tinggal di rumah Tamako.

6. School Babysitters

School Babysitters. (IMDB)
School Babysitters. (IMDB)

School Babysitters bercerita tentang Ryuuichi dan adiknya Kotarou yang harus kehilangan orang tua mereka karena kecelakaan pesawat. Mereka pun kemudian diadopsi oleh ketua yayasan yang tidak pernah mereka temui sebelumnya.

Anak dan menantu ketua yayasan itu sendiri juga merupakan korban dari pesawat yang ditumpangi oleh orang tua Ryuichi. Sehingga mereka sama-sama tidak mempunyai keluarga lagi. Sejak saat itulah, kehidupan baru Ryuichi dimulai.

7. My Roommate is a Cat

My Roommate is a Cat. (Muse Asia)
My Roommate is a Cat. (Muse Asia)

My Roommate is a Cat menceritakan tentang Subaru Mikazuki yang berusia 23 tahun seorang penulis novel misteri, dan memiliki sifat introvert, dan sangat pemalu.

Dia akan lebih memilih tinggal di rumah untuk membaca buku dibandingkan dengan harus berinteraksi dengan orang lain. Dia memiliki masa lalu yang cukup buruk dengan kedua orangtuanya meninggal akibat kecelakaan.

Suatu hari, ketika ia ingin berkunjung ke pemakaman orang tuanya, Subaru melihat seekor kucing bernama Haru, yang akhirnya dia coba untuk bawa pulang dikarenakan terlihat terlantar.

Haru sendiri sangat bersyukur sebagai kucing sudah dibawa pulang karena selama ini tidak pernah dipelihara oleh seorang manusia.

Itulah tujuh rekomendasi anime iyashikei yang dirangkum tim HiTekno.com. Anime yang cocok sebagai tontonan ringan pengusir stres.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait