Games

7 Game Resident Evil Paling Menakutkan, Seri Jadul hingga Terkini

Dari era klasik di PS 1, hingga ke seri terbaru game Resident Evil fist person.

Agung Pratnyawan

Resident Evil 7. (Capcom)
Resident Evil 7. (Capcom)

Hitekno.com - Cari tahu apa saja game Resident Evil paling menakutkan yang pernah dirilis? Ada beberapa seri game horor dari franchise ini yang siap membuat kamu ketakutan.

Game Resident Evil pertama dirilis pada tahun 1996, dan masih dianggap sebagai salah satu rilis paling berpengaruh dalam sejarah genre survival horror. Game Capcom menginspirasi banyak judul seperti Silent Hill, Parasite Eve, dan tentu saja, banyak game Resident Evil lainnya.

Tidak seperti banyak waralaba 90-an, seri Resident Evil mampu menemukan kembali dirinya pada tahun 2005 dengan Resident Evil 4. Seri ini menginspirasi banyak judul seperti Dead Space dan Alan Wake, dan masih banyak lagi.

Setelah Resident Evil 4, Capcom kembali memutuskan untuk mengganti formula gameplay mereka di Resident Evil 7: Biohazard.

Game Resident Evil dianggap sukses membuat adrenalin para pemain melonjak. Jumpscare yang diberikan pun juga tidak main-main. Bagi kamu yang menyukai game horor wajib coba beberapa seri paling menakutkan dari Resident Evil.

Berikut game Resident Evil paling menakutkan yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

7. Resident Evil: Revelations

Resident Evil Revelations. (Capcom)
Resident Evil Revelations. (Capcom)

Resident Evil: Revelations menawarkan pengalaman horor yang unik berkat kemampuan Nintendo 3Ds. Fungsionalitas 3D membuat momen paling menakutkan dalam game jauh lebih menegangkan dan membuat kengerian terasa lebih dekat dari sebelumnya.

Makhluk berpenampilan mengganggu dan manifestasi virus adalah hal yang lumrah di serial Resident Evil. Dari sekian banyak desain karakter, Scagdead bisa dibilang yang paling meresahkan, dan bos yang bertarung melawannya adalah bagian paling menakutkan dari Resident Evil: Revelations.

6. Resident Evil 4

Karakter di Resident Evil 4. (Capcom)
Karakter di Resident Evil 4. (Capcom)

Capcom membuat keputusan berani untuk menciptakan kembali franchise Resident Evil ikonik mereka dengan iterasi seri utama keenam. Game ini mengorbankan beberapa horor ikonik seri demi game yang lebih penuh aksi, meskipun masih ada beberapa momen menakutkan.

Momen tersebut termasuk pertarungan melawan Del Lago, pertemuan pertama dengan Regenerator, dan pertarungan melawan Verdugo.

5. Resident Evil (2002)

Resident Evil. (.ist)
Resident Evil. (.ist)

Plot kisah game ini menampilkan perjuangan anggota Bravo Team S.T.A.R.S Rebecca Chambers yang terdampar di sisi Arklay Mountain (beberapa meter dari Spencer Mansion yang merupakan lokasi RE 1).

Bersama seorang krimil, Billy Coen, keduanya pun berpetualang untuk memecahkan misteri wabah T-Virus beserta konspirasinya dengan perusahaan Umbrella Corporation.

4. Resident Evil 2 (2019)

Resident Evil 2 Remake. (IGN)
Resident Evil 2 Remake. (IGN)

Kisah Resident Evil 2 Remake tidak berubah banyak dari pendahulunya. Masih tentang Leon dan Claire yang harus melarikan diri dari serbuan zombie di Racoon City sambari menguak siapa yang memicu epidemi tersebut.

Leon dan Claire berhasil mengungkap bahwa gejala di Racoon City adalah ulah pengembang senjata biologis bernama Umbrella Corporation. Peneliti Umbrella, Dr. Birkin, melepas salah satu senjata biologis mereka, T-Virus, ke Racoon City yang membuat penduduk di sana perlahan menjadi zombie.

3. Resident Evil 3: Nemesis (1999)

Nemesis di Resident Evil 3. (Capcom)
Nemesis di Resident Evil 3. (Capcom)

Resident Evil 3: Nemesis yang dirilis pada tahun 1999 silam ini memang harus diakui membawa nuansa baru. Walaupun mengusung mekanik yang serupa, Resident Evil 3: Nemesis tetap membawa beberapa inovasi lain yang akhirnya menjadikan seri ini berbeda, setidaknya di sisi aksinya sendiri. Setelah lebih dari 10 tahun tidak pernah lagi melihat balutan baju biru untuk sosok Jill Valentine, kesempatan ini akhirnya kembali.

2. Resident Evil Village

Resident Evil Village.(Capcom)
Resident Evil Village.(Capcom)

Resident Evil Village memberikan pengalaman berbeda jika disandingkan dengan Resident Evil 1, Resident Evil 2, dan Resident Evil 3: Nemesis. Jelas bahwa Capcom akan kembali menggiring konsep permainan pada sistem yang ada pada Resident Evil 4.

Dalam seri terbarunya ini, Ethan Winters kembali menjadi protagonis utama. Dalam game kali ini, Ethan akan terlihat lebih tahan banting dibandingkan perannya pada game sebelumnya.

1. Resident Evil 7: Biohazard

Resident Evil 7. (Capcom).
Resident Evil 7. (Capcom).

Resident Evil 7: Biohazard adalah terobosan game RE yang mana di RE7, pemain menggunakan mode first person shooter. Sebelumnya mode ini hanya digunakan untuk game sampingan RE dan bukan yang utama. Kalau kamu mau lebih merasakan sensasi mengerikan lagi, gunakan VR.

Itulah tujuh Game Resident Evil paling menakutkan yang pernah rilis. Adakah game horor di atas yang pernah kamu mainkan?

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait