Games

Indonesia Akhirnya Punya Sekolah Virtual, Pakai Game Tak Perlu Tatap Muka

Manfaatkan game Roblox, sekolah virtual ini mengajarkan pemrograman.

Agung Pratnyawan

KodingNext: The Game di platform Roblox. (KodingNext)
KodingNext: The Game di platform Roblox. (KodingNext)

Hitekno.com - Sekolah virtual tanpa perlu tatap muka banyak dilakukan ketika masa pandemi Covid-19 ini. Namun ada juga yang akhirnya menggelar kelas secara online sepenuhnya.

Pandemi Covid-19 membuat beberapa aktivitas berubah. Salah satunya adalah kegiatan belajar mengajar.

Jika sebelumnya, kegiatan ini dilakukan dengan metode tatap muka di sekolah, hampir tiga tahun ini pembelajaran dilakukan di rumah.

Guru dan siswa memanfaatkan ruang pertemuan online seperti Zoom atau Google meet untuk melakukan kegiatan belajar mengajar.

Namun tampaknya, ruang kelas online sudah terlalu kuno buat sekolah koding atau pemrograman di Indonesia bernama KodingNext.

Bagaimana tidak, sekolah koding tersebut membuat game virtual dengan nama KodingNext: The Game di platform Roblox.

Hanya dengan akun Roblox dan memasukkan link KodingNext: The Game yang diberikan sekolah, maka murid sudah bisa memasuki dunia virtual tersebut.

KodingNext: The Game di platform Roblox. (KodingNext)
KodingNext: The Game di platform Roblox. (KodingNext)

Yup, game yang satu ini didesain mirip dengan sekolah KodingNext yang ada di Kemayoran, Jakarta.

Murid dan guru bisa berinteraksi seperti layaknya sedang berada di sekolah. Bedanya, ini hanya di dunia game atau virtual.

Layout permainan yang dibangun Roblox juga mirip dengan gedung-gedung sekolah KodingNext.

Setiap murid bisa saling berkomunikasi dan pergi ke kantor-kantor pusat KondingNext secara virtual. Seperti game berbasis kerjasama, murid-murid juga bisa saling berkomunikasi via chat.

"Kami selalu berupaya untuk mengikuti dan beradaptasi dengan tren-tren terbaru di sektor pendidikan, pemrograman, gaming, bisnis, dan industri lain yang relevan, agar bisa terus mencetuskan ide-ide baru yang inovatif di pasar ini," kata Co-Founder KodingNext, Bartek Wasik.

Memang, ide yang diusung KodingNext layak disebut luar biasa. Sebab ketika banyak sekolah masih kesulitan mencari cara agar bisa melakukan kegiatan berlajar mengajar tatap muka, mereka bahkan sudah melalukannya.

Meski demikian, tatap muka yang dimaksud dilaksanakan secara virtual. Dan tentu saja, murid akan lebih antusias karena bersekolah rasanya mirip dengan bermain game.

Itulah sekolah virtual KodingNext: The Game di platform Roblox.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait