Games

Beragam Istilah dalam Mobile Legends, Wajib Hafal!

Pemain Mobile Legends harus tahu istilah-istilah ini.

Agung Pratnyawan

Hero Mobile Legends.(kolase HiTekno.com)
Hero Mobile Legends.(kolase HiTekno.com)

Hitekno.com - Inilah istilah dalam Mobile Legends yang harus kamu ketahui agar kamu tidak mengalami kesulitan ketika bermain bersama-sama. Siapa sih yang tidak tahu dengan game online Mobile Legends? Ya, kepopuleran game Mobile Legends memang sudah tidak perlu diragukan lagi.

Karena kepopulerannya itu membuat banyak gamers yang kemudian tertarik untuk menjadi player baru di game mobile ini.

Mobile Legends adalah sebuah permainan peranti bergerak berjenis MOBA yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Moonton, anak usaha dari ByteDance.

Game mobile ini bisa kamu mainkan di ponsel Android maupun IOS. Dalam game MOBA ini akan ada 10 pemain yang akan dibagi menjadi 2 tim.

Keseruan Mobile Legends tidak hanya karena menghibur dan mengusir stres tetapi juga mengasah keterampilan dan strategi bermain.

Hal menarik lainnya dari Mobile Legends adalah banyaknya hero dan skin yang bisa kamu pilih di setiap permainan.

Untuk kamu yang baru mencoba bermain game Mobile Legends ini, kamu perlu memahami istilah dalam Mobile Legends agar tidak bingung nantinya.

Hero Rafaela. (Mobile Legends)
Hero Rafaela. (Mobile Legends)

Berikut ini istilah dalam Mobile Legends yang harus kamu ketahui :

1. AFK

AFK adalah away from keyboard atau berada jauh dari platform kamu bermain yang artinya kamu masih berada dalam permainan tapi kamu tidak memainkannya.

2. Buff

Buff adalah suatu cara yang dilakukan untuk meningkatkan skill atau level hero yang dimainkan. Cara mendapatkan buff ini adalah dengan membunuh monster yang ada di hutan. Dengan itu kamu akan mendapatkan exp dan gold yang bisa kamu gunakan untuk membeli skill item yang disesuaikan dengan hero.

3. Carry

Carry merupakan cara atau posisi ketika satu atau dua hero mampu mengangkat performa seluruh tim. Dengan istilah yang sesuai artinya yaitu "menggendong" tim menuju titik kemenangan.

4. DPS (Damage Per Second)

Istilah di Mobile Legend yang satu ini tidak hanya populer di kalangan MOBA namun juga di kalangan para pecinta game online. DPS adalah Damage Per Second jadi kamu harus memperhatikan jumlah damage per detik yang dilayangkan oleh pemain ke musuh.

5. Early, Mid, Late Game

Menjelaskan fase atau waktu permainan yang harus diperhatikan saat bermain Mobile Legends. Karena permainan ini membutuhkan strategi, pengucapan tiap fase diperlukan untuk memberikan informasi kepada teman sesama tim pada saat membunuh lawan.

6. Feeder/Feed

Feeder istilah untuk anggota yang terlalu sering mati di game. Ini merugikan tim kamu karena tim lawan mendapat skor, exp, dan gold tiap anggota ada yang terbunuh. Dengan kata lain feeder artinya anggota tim yang memberi makan berupa gold pada lawan team akibat sering mati.

7. Gold Lane

Untuk mendapatkan hasil maksimal, pemain biasanya diarahkan untuk menuju ke gold lane, mid lane atau exp lane. Posisi Gold Lane berseberangan dengan Exp Lane yang terletak di atas atau di bawah dan lokasinya jauh dari turtle pertama kali akan muncul.

Hero yang digunakan pemain menempati lane ini akan cepat mendapatkan dan membeli item agar mempunyai damage yang tinggi ke lawan.

8. Harras (Harrasment)

Harras adalah mengganggu musuh saat landing untuk mendominasi jalur/mengurangi hp musuh. Selain itu untuk persiapan meng kill lawan ataupun mengurangi kesempatan lawan untuk farming.

9. Imba

Imba adalah singkatan dari Imbalance yang artinya ada ketidak seimbangan pada tim. Selain tidak seimbang dalam kekuatan, terkadang tidak seimbang dalam level, item dan jumlah gold yang tidak sepadan.

10. Jungler

Jungler merupakan suatu role yang mengontrol bagian hutan untuk mendapatkan sejumlah objektif seperti turtle atau lord yang sangat berguna selama permainan berlangsung. Saat push rank, sebuah tim wajib memiliki pemain yang berperan sebagai jungler.

11. KDA

KDA (kill, death, assist). Istilah ini merujuk pada nilai statistik permainan setiap pemain yang diambil dari jumlah membunuh (kill), assist, dan juga kematian (death). Sebenarnya, KDA ini juga tidak terlalu berpengaruh pada skor pemain setelah permainan selesai.

Namun, jika kamu penasaran dengan nilai KDA-nya, maka kamu bisa menghitung dengan cara menjumlah kill dan assist. Setelah mengetahui jumlahnya, barulah dibagi dengan death.

12. Legendary!

Melakukan Kill Streak sebanyak 8 kali.

13. Mabar

Mabar merupakan singkatan dari main bareng. Kalau dalam game MMORPG biasanya disebut Party.

14. Noob/Nob

Noob atau nob merupakan sebutan untuk pemain pemula ataupun pemain lama yang skill permainan dibawah rata-rata. Biasanya digunakan untuk mengejek.

15. Offlaner

Orang yang menjaga lane sendirian. Harus tahan sendirian di lane dan tugasnya cukup berat.

16. Poke

Poke atau poking adalah istilah yang digunakan dalam MOBA untuk menjelaskan sebuah skill atau serangan yang mempunyai jarak yang jauh dan aman dari serangan balik musuh.

17. Revamp

Kata yang berasal dari bahasa Inggris ini kurang lebihnya berarti mengubah. Apabila ada update season atau ada promosi hero atau skin, bisa jadi ada revamp yang disematkan Moonton ke hero tertentu.

18. Sprint

Menambah kecepatan pergerakan kamu 42%. Efek ini perlahan akan menghilang, Cooldown ability ini 100 detik.

19. Triple Kill!

Membunuh tiga hero sekaligus.

20. Unstoppable!

Melakukan Kill Streak sebanyak 5 kali.

21. Zoning

Skill ini memang mempunyai damage serta efek yang besar dan biasanya bertahan di satu area dalam waktu yang lama. Namun kompensasi dari semua efek tersebut adalah mudah untuk dihindari.

Itulah beberapa istilah dalam Mobile Legends yang harus kamu ketahui agar tidak bingung saat main bersama teman-teman kamu. Jangan sampai kelupaan ya!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait