Games

Melanggar Kontrak App Store, Apple Tuntut Ganti Rugi ke Epic Games

Perilaku Epic mengancam keberadaan ekosistem iOS dan nilainya yang luar biasa bagi konsumen.

Dinar Surya Oktarini

Apple Store. (Pixabay/matcuz)
Apple Store. (Pixabay/matcuz)

Hitekno.com - Berita terkait perselisihan Apple dan Epic Games terus belanjut, kini Apple akan meminta ganti rugi terhadap Epic Games karena diduga melanggar kontraknya dengan iOS App Store.

Perselisihan tersebut kini berlanjut dan perusahaan dari pertarungan hukum kedua yang tengah berlangsung, yaitu Apple dengan pelanggannya.

Dalam pengajuan kerugian tersebut ''Pengabaian yang mencolok Epic atas komitmen kontraktualnya dan pelanggaran lainnya telah menyebabkan kerugian yang signifikan bagi Apple''.

Menurut Apple, jika terus diabaikan perilaku Epic mengancam keberadaan ekosistem iOS dan nilainya yang luar biasa bagi konsumen.

Gold Battle Pass Challenge Fortnite. (Epic Games)
Gold Battle Pass Challenge Fortnite. (Epic Games)

 

Dilansir dari The Verge, Epic Games menggugat Apple pada bulan Agustus setelah game hit perusahaan Fortnite dihapus dari iOS App Store karena penerapan sistem pembayaran yang tidak sah.

Keluhan tersebut diajukan pada 13 Agustus dan menuduh Apple melanggar undang-undang antitrust menggunakan kontrol totalnya atas iOS.

Pengajuan Apple datang sebagai tanggapan atas mosi lengkap sejak keputusan awal yang diajukan oleh Epic selama akhir pekan.

Dalam gugatan tersebut Apple menyatakan bahwa ada pembenaran bisnis yang sah untuk semua tindakan yang dilakukannya, yang melemahkan klaim antitrust yang lebih luas.

Keputusan baru-baru ini tentang perintah penahanan sementara membuat Fortnite tak mungkin kembali ke App Store iOS dalam waktu dekat.

Berita Terkait