Games

Aktivitasnya Kece, Lebih Dekat dengan Komunitas Mobile Legends Yogyakarta

Komunitas Mobile Legends Yogyakarta a.k.a MLYK ini punya kegiatan yang menarik untuk diikuti.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

Komunitas MLYK saat bertemu dan mabar bareng. (HiTekno.com)
Komunitas MLYK saat bertemu dan mabar bareng. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Mobile Legends merupakan game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) yang sangat populer di Indonesia. Game tersebut mempunyai banyak komunitas di tiap provinsi, salah satunya adalah MLYK (Mobile Legends Yogyakarta).

Komunitas yang memiliki akun Instagram resmi dengan nama '@mobilelegendsyk' ini sudah mempunyai lebih dari 1.200 pengikut.

Bahkan ketika ada kompetisi, ratusan gamer yang tergabung di dalam akun Instagram tersebut selalu antusias dalam memeriahkannya.

Salah satu anggota senior komunitas MLYK dan telah cukup lama bergabung dengan komunitas ini adalah Ahmad Vathir Zaman, atau akrab disebut Vathir, Ia menjelaskan bahwa MLYK ini telah berdiri sejak awal tahun 2017.

Berawal dari kumpul-kumpul hampir setiap hari di kafe Legend Coffee, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, mereka akhirnya sepakat mendirikan komunitas MLYK.

Di online sendiri, para senior sekaligus gamer Mobile Legends justru bertemu pertama kali melalui aplikasi BeeTalk.

Dengan menggunakan prefrensi atau kesukaan game Mobile Legends, beberapa gamer sepakat untuk bertemu secara offline.

Dari cara itu, mereka akhirnya selalu mengadakan pertemuan di kafe Legend Coffee.

Komunitas Mobile Legends Yogyakarta ini juga telah melahirkan tim-tim kuat regional di kompetisi resmi MLBB Yogyakarta.

Bahkan beberapa orang juga telah memberanikan diri untuk membentuk Event Organizer (EO) gaming dengan memanfaatkan SDM dan juga peserta dari MLYK.

Salah satu EO jebolan MLYK adalah Esse Event Organizer yang didirikan oleh Frandy Faozan.

Frandy yang merangkap sebagai Humas dari MLYK juga sering mengajak gamer lain di luar komunitas untuk bergabung saat EO-nya sedang mengadakan kompetisi.

Alasan Memilih Mobile Legend Dibandingkan Game yang Lain

Pemberitahuan Mobile Legends. (Facebook/MobileLegendsGameIndonesia)
Pemberitahuan Mobile Legends. (Facebook/MobileLegendsGameIndonesia)


Salah satu hal menarik untuk diketahui adalah mengapa mereka memilih game Mobile Legends, sementara masih banyak game MOBA yang lain.

Vathir menceritakan kepada tim HiTekno bahwa saat itu, game yang paling booming dan gampang untuk dimainkan adalah Mobile Legends: Bang Bang.

''Dulu tuh yang booming emang pas Mobile Legends sih. AoV dulu belum ada, mungkin pas awal-awal AoV juga belum se-booming ini. Tapi kadang ada juga anak komunitas yang main game lain pas lagi kumpul,'' kata Vathir kepada tim HiTekno.

Hal senada juga diungkapkan salah satu anggota MLYK yang bernama Naga Sentosa.

Anak muda yang sedang menempuh kuliah semester 2 ini mengungkapkan awalnya ia hanya diajak temannya bermain MOBA Mobile Legends dan akhirnya tertarik mengikutinya.

Bahkan sekarang, ia merupakan tim inti dari NERF, skuat lokal Yogyakarta yang berhasil masuk 3 besar tim terbaik di kompetisi Mobile Legends yang digelar di Yogyakarta.

''Awalnya saya dulu main Dota 2 dulu mas, terus diajakin temen main Mobile Legends yang lebih simple. Habis itu keasyikan terus jadi gabung komunitas dan jadi salah satu anggota squad tim NERF,'' kata Naga kepada tim HiTekno.

Anggota yang Bergabung dan Keuntungan Gabung Komunitas MLYK

Kamu juga bisa dapet patner atau bahkan pacar di komunitas Mobile Legends Yogyakarta ini. (HiTekno/ Istimewa)
Kamu juga bisa dapet patner atau bahkan pacar di komunitas Mobile Legends Yogyakarta ini. (HiTekno/ Istimewa)

 

Komunitas game MLYK ini juga memanfaatkan sosial media dalam berinteraksi.

Di grup Line sendiri, anggota aktif yang terdaftar sudah ada 193 member. Sementara untuk Instagram, sudah lebih dari 1200 orang yang sudah bergabung.

Keuntungan yang bisa didapat oleh anggota komunitas juga sangat banyak.

Mereka bisa dapat banyak teman, info kompetisi bahkan ada juga yang bisa dapat pacar ketika mabar (bermain bersama saat online).

Tak hanya cowok, komunitas MLYK juga banyak gamer cewek. (HiTekno/ Istimewa)
Tak hanya cowok, komunitas MLYK juga banyak gamer cewek. (HiTekno/ Istimewa)

 

''Yang didapat sih banyak mas, tergantung tujuan buat gabung ke grup apa. Kalau misal buat cari temen main aja, ada. Kalau niatnya pengen belajar, kita juga banyak yang tier-nya Mhytic dan bisa ngajarin. Buat yang nyari temen bias bisa 'digendong' atau nyari joki juga bisa,'' kata Vathir dalam penjelasannya.

Naga Sentosa, salah satu member MLYK, bahkan kini malang melintang dengan tim NERF dan berhasil menjadi 3 besar di kompetisi MLBB Yogyakarta berkat komunitas ini.

''Aku gabungnya juga masih baru. Terus diajakin jadi player di Tim Nerf, ikut komunitas jadi kerasa asyik aja ketemu sama temen terus bisa main bareng,'' kata Naga kepada tim HiTekno.

Kegiatan Rutin yang Pernah Dilakukan

Komunitas MLYK saat bertemu dan mabar bareng. (HiTekno/ Istimewa)
Komunitas MLYK saat bertemu dan mabar bareng. (HiTekno/ Istimewa)

 

Untuk kegiatan rutin sendiri, MLYK selalu aktif setiap hari dalam kegiatan online seperti mabar (main bareng).

Ketika pertama kali berdiri, MLYK hampir setiap hari juga melakukan pertemuan offline.

Namun kini, berhubung sudah banyak kesibukan dari tiap anggota dan mereka kebanyakan memilih bertemu dan mabar online, frekuensi pertemuan offline berkurang jauh.

Untuk pertemuan offline sendiri, ada beberapa member yang punya inisiatif sendiri untuk berkumpul mabar offline.

Kalau khusus untuk komunitas, MLYK biasanya akan mengadakan pertemuan offline di tempat yang telah disepakati sebelumnya.

Frandy Faozan baju khusus komunitas MLYK Yogyakarta. (HiTekno/ Rezza Rachmanta)
Frandy Faozan baju khusus komunitas MLYK Yogyakarta. (HiTekno/ Rezza Rachmanta)

 

Mereka akan bertemu secara offline kira-kira 2 hingga 3 minggu sekali.

Beberapa tempat yang sering dipakai untuk melakukan pertemuan adalah Warunk Upnormal Gejayan, Legend Coffee Kotabaru dan Indomaret Point Seturan, Yogyakarta. 

Selain itu banyak anggota MLYK yang sering bertemu dan bahkan menjadi lawan bertanding di setiap kompetisi Mobile Legends yang diadakan di Yogyakarta.

''Kita biasanya juga ada pertemuan rutin, tapi sekarang sudah berkurang mas frekuensinya. Pas puasa biasanya kita ada buka puasa di salah satu member MLYK. Tahun baru kemarin kita juga kumpul bareng,'' kata Frandy Faozan kepada tim HiTekno.

Syarat Bergabung Jadi Member MLYK

Kamu harus asyik kalau mau gabung komunitas MLYK. (HiTekno/ Rezza Rachmanta)
Kamu harus asyik kalau mau gabung komunitas MLYK. (HiTekno/ Rezza Rachmanta)

 

Vathir menjelaskan bahwa cara bergabung untuk menjadi member MLYK cukup mudah. Anggota yang mau masuk harus punya komitmen menjaga kebersamaan, punya sikap asyik, dan memiliki sikap yang baik.

''Kalau syaratnya yang penting asyik aja sih mas. Good attitude jelas, masalah skill jago atau nggak sih gak penting. Untuk umur ga ada batasan mas. Tapi ya kalau bapak-bapak ikut gabung terus nimbrung ke pergaulan kita kan gak lucu mas haha,'' kata Vathir menjelaskan dengan nada-nada bercandanya.

Bagi yang ingin bergabung, kamu bisa menghubungi fanspage Instagram dengan nama ''mobilelegendsyk''.

Salah satu kompetisi Mobile Legends di Yogyakarta juga kebanyakan diikuti oleh anggota MLYK. (HiTekno/ Rezza Rachmanta)
Salah satu kompetisi Mobile Legends di Yogyakarta juga kebanyakan diikuti oleh anggota MLYK. (HiTekno/ Rezza Rachmanta)

 

Frandy menambahkan syarat khusus agar diterima menjadi member MLYK. Anggota tersebut sebaiknya tidak suka usil dan jadi ''kicker'' saat dimasukkan ke grup Line.

''Gampang aja sih mas, yang penting kalau nanti udah kita rasa cocok, member itu nggak rese karena akan kita masukan ke grup Line. Kan ada tuh orang yang masuk ke grup Line terus asal nge-kick anggota lainnya. Nah kita nggak mau tuh orang yang begituan,'' kata Frandy kepada tim HiTekno.

Setelah diterima oleh admin MLYK Yogyakarta, biasanya member akan disuruh mengisi data sederhana seperti nama dan asal wilayahnya.

Jadi cukup mudah bukan menjadi bagian dari komunitas Mobile Legends Yogyakarta atau MLYK? Bagi penggemar game Mobile Legends yang ada dI Yogyakarta tak ada salahnya belajar bersama di komunitas ini sekaligus mengasah kemampuan di kompetisinya. Tertarik bergabung?

Berita Terkait